Faktor Terpenting Dalam Rencana Kerja Perusahaan

Dalam contoh rencana kerja perusahaan, hal pertama yang harus kita pertimbangkan ialah dengan mengetahui tujuan dan bagaimana proses untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah dirancang. Sama seperti pengertian rencana kerja perusahaan, sebagai serangkaian proses dan tujuan yang dapat membantu seseorang dan atau tim untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Dengan menyusun rencana kerja perusahaan, Anda memahami skala proyek dengan baik. Saat diaplikasikan di dunia akademik atau dunia kerja, rencana kerja dapat membantu Anda untuk mengerjakan proyek secara teratur.

Dengan rencana kerja inilah, Anda dapat memecah proses yang akan dilakukan menjadi serangkaian tugas kecil dan ringan, sekaligus dapat mengetahui visi yang ingin dicapai. Anda harus mempelajari bagaimana cara membuat perencanaan kerja perusahaan agar lebih siap lagi ketika melakukan pengerjaan proyek yang berikutnya.

 

Faktor Terpenting Dalam Rencana Kerja Perusahaan

Dalam contoh rencana kerja perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut :

 

  1. Menentukan Tujuan Rencana Kerja Perusahaan

Ada berbagai macam alasan kenapa kita harus membuat rencana kerja. Anda harus menentukan tujuan perusahaan sejak awal supaya Anda dapat mempersiapkan proyek perusahaan dengan baik. Biasanya rencana kerja perusahaan berlaku dalam jangka waktu yang telah ditentukan, selama 6 bulan ataupun selama 1 tahun.

Untuk sebuah perusahaan, rencana kerja dapat membantu pimpinan atau atasan mengetahui apa saja proyek yang akan hingga beberapa bulan ke depan. Setiap atasan tentu memerlukan informasi tersebut sesuai dengan tinjauan kinerja setiap tahun atau saat tim menggarap proyek pekerjaan yang besar. Susunan rencana kerja perusahaan juga dapat berupa hasil yang didapat dari perencanaan strategis perusahaan di tahun fiskal baru atau di awal kalender.

  1. Tulis Pendahuluan dan Latar Belakang Perusahaan

Dalam contoh rencana kerja perusahaan profesional, tentu selalu ada pendahuluan yang dilengkapi dengan latar belakang. Manager atau atasan Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk mengetahui rencana kerja tersebut dan memahaminya. Sebaiknya pendahuluan dibuat singkat tapi menarik. Anda harus memberikan pemahaman kepada atasan kenapa harus menyusun rencana kerja tersebut. Lalu, perkenalkan proyek apa saja yang akan dikerjakan selama jangka waktu tertentu.

Sebaiknya latar belakang menyoroti alasan kenapa Anda menyusun rencana kerja tersebut. Anda dapat melakukannya, seperti dengan menyajikan statistik laporan terbaru secara detail, mengidentifikasikan permasalahan yang harus diatasi.

  1. Tentukan Target dan Tujuan

Target dan tujuan merupakan dua hal penting yang saling berkaitan. Dalam perencanaan kerja, kedua hal tersebut sama-sama langsung mengarah pada pencapaian hasil. Perbedaannya, target bersifat lebih spesifik sementara tujuan bersifat lebih umum. Target yang dibuat harus nyata dan spesifik, sedangkan tujuan merupakan gambaran dari keseluruhan proyek perusahaan Anda.

  1. Penyusunan Rencana Kerja Melalui Target-Target Berkonsep “SMART”

Smart di sini maksudnya ialah akronim yang umumnya diterapkan untuk mendapatkan hasil lebih nyata sekaligus dapat dikerjakan dalam susunan rencana kerja. Dalam kata “SMART” terdapat beberapa komponen, meliputi Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound.

Specific artinya terperinci, dalam hal ini uraikan populasi apa saja yang akan dilayani dan segala macam tindakan spesifik untuk membantu perusahaan.

Measurable artinya terukur, ketahui apakah target tersebut bisa diukur dan bersifat kuantitatif? Lalu bisakah Anda melakukan perhitungan hasilnya? Hal ini harus dipertimbangkan dengan baik.

Achievable artinya dapat dicapai. Dapatkan Anda menyelesaikannya sesuai waktu yang sudah ditetapkan menggunakan sumber daya yang ada? Mengingat semua keterbatasan, target yang dibuat harus realistis.

Relevant ialah terkait kepentingan. Apakah target yang dibuat berdampak terhadap strategi atau tujuan yang diinginkan? Selain itu, pastikan metode dan target kerja Anda mempunyai keterkaitan yang intuitif dan jelas.

Time Bound artinya terikat waktu. Anda harus memastikan, kapan target tersebut tercapai, lalu kapan Anda mengetahui bahwa Anda sudah menyelesaikannya? Tentukan pula waktu berakhirnya proyek.

Sebelum mengerjakan rencana kerja sesuai contoh rencana kerja perusahaan yang profesional, pastikan Anda memiliki sumber daya manusia yang memadai yang bisa membantu Anda menyelesaikan proyek-proyek dan target perusahaan yang akan dicapai. Dalam hal menghadapi persaingan bisnis dan perkembangan teknologi yang ada saat ini, Anda tentu harus membekali sumber daya manusia untuk menjadi individu atau tim yang berkualitas yang berdaya saing. Apalagi jika saat ini kebanyakan perusahaan melakukan WFH sehingga kualitas kinerja tetap harus dijaga dengan baik. Untuk menunjang SDM yang mumpuni dan memadai, Kami jasa training karyawan Markshare siap membantu perusahaan Anda untuk melakukan pelatihan perusahaan dan karyawan untuk mengupgrade perusahaan sekaligus karyawan perusahaan Anda. Kami selalu menjadi yang utama dalam memberikan training karyawan baik dalam seminar online maupun tatap muka. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai online training dan berbagai program yang kami sediakan.


Artikel Lainnya

Bagaimana Cara Menguasai Keterampilan Technical Writing: Panduan untuk Pemula

Tertarik dengan profesi Technical Writer? Atau Anda memang sedang menjalani profesi ini? Pekerjaan ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan mengingat pekerjaan ini bermanfaat untuk membuat berbagai konten yang dapat menarik perhatian konsumen hingga menulis presentasi...

Mengenal Profesi Industrial Relation: Pengertian Hingga Tanggung Jawabnya

Pernah mendengar profesi industrial relation (IR)? Pekerjaan yang satu ini memiliki peran yang penting di dalam perusahaan atau industri. Industrial relation mencakup hubungan antar karyawan dan manajemen. Lalu, apa sebetulnya itu industrial relation? Berikut...

Ingin Melihat Potensi Calon Karyawan? Behavioral Event Interview Jawabannya!

Mengenal BEI, teknik terbaik interview untuk menggali potensi kandidat Apakah itu Behavioral Event Interview? Behavioral Event Interview (BEI) adalah salah satu metode yang sering digunakan sebagai prediktor dalam menilai kompetensi seseorang dalam kandidat...

Wajib Tahu! Inilah Skill Penting yang Harus Dimiliki Supervisor

Saat memasuki dunia kerja, Anda tidak hanya perlu memahami tugas dari posisi yang Anda jalani saja. Namun, Anda juga perlu mengetahui berbagai posisi yang terdapat di tingkatan manajemen. Salah satu posisi yang mungkin sering Anda dengar adalah supervisor. Apa itu...

Bagaimana Menerapkan HR Agile untuk Mendorong Produktivitas Perusahaan

Pernah mendengar istilah Agile HR? Konsep Agile pada HR sangat penting untuk perusahaan. Seperti yang kita tahu, HR mempunyai peran yang penting untuk perusahaan. HR memiliki tugas untuk melakukan modernisasi, digitalisasi, dan memberikan nilai pada perusahaan dan...

Ingin Memenangkan Persaingan Bisnis? Berikut Cara Mengembangkan Produk Baru yang Tepat

Salah satu cara memenangkan persaingan bisnis yang ketat adalah dengan mengembangan produk baru yang dapat menarik hati konsumen. Perlu adanya pengembangan produk baru agar keberlangsungan bisnis tetap berlangsung. Lalu, bagaimana cara pengembangan produk baru? Apa...

Bagaimana Cara Mengelola Manajemen Pergudangan? Ini Jawabannya!

Mengelola gudang dengan baik tentu sangat diperlukan mengingat hal ini sangat mempengaruhi proses produksi. Perlu adanya sistem manajemen gudang yang teratur agar perusahaan tidak mendapatkan kerugian. Lantas, bagaimana cara mengelola manajemen gudang yang baik dan...

Mengapa Manajemen SDM Penting Untuk Kemajuan Perusahaan?

Mengapa manajemen SDM penting untuk perkembangan dan kemajuan perusahaan? Temukan jawabannya di artikel ini!  Manajemen SDM memiliki peran penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Pada dasarnya, tujuan manajemen SDM adalah untuk memaksimalkan produktivitas...

8 Tips Memaksimalkan Strategi Penjualan pada Bisnis yang Anda Miliki

Strategi penjualan merupakan bagian yang paling penting untuk mendapatkan pelanggan potensial, membuat dan melakukan closing penjualan, serta mendatangkan pendapatan. Strategi penjualan yang sukses adalah kunci bagi perusahaan-perusahaan dan dapat menjadi pembeda...

Bagaimana Agar Penyampaian Materi Online Learning Lebih Menarik?

Online learning merupakan salah satu metode yang banyak dipakai saat pandemi berlangsung. Tidak hanya sekolah atau universitas yang melangsungkan belajar jarak jauh, tetapi kantor-kantor atau berbagai perusahaan juga menggunakan online learning untuk pelatihan dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat

Berlaku sampai batas waktu:

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)