Fungsi, Pengertian Kompetisi dan Contohnya

Pengertian kompetisi dan contohnya – Secara umum, definisi persaingan atau kompetisi adalah sebuah proses sosial, dimana ada dua atau lebih pihak yang saling berlomba lalu berbuat sesuatu demi mencapai kemenangan. Kompetisi terjadi jika ada beberapa ada beberapa pihak yang menginginkan sesuatu dengan jumlah terbatas. Contohnya, ratusan karyawan yang bersaing hanya untuk mendapatkan posisi tertentu di perusahaan. Kecil kemungkinan dalam persaingan memakai ancaman atau kekerasan. Sehingga bisa dikatakan jika kompetisi dilakukan secara sportif atau dengan persaingan sehat.

Jika kompetisi disertai oleh ancaman, kekerasan dan keinginan untuk menyakiti atau merugikan orang lain disebut sebagai persaingan yang tidak sehat. Tindakan tersebut tak lagi disebut sebagai persaingan, tetapi lebih kepada persengketaan atau permusuhan. Apapun hasil sebuah persaingan sebaiknya bisa diterima dengan lapang dada, tanpa ada rasa dendam. Sejak awal, setiap pihak yang bersaing harus menyadari tentang adanya kekalahan dan kemenangan.

 

Contoh Bentuk Persaingan

Untuk memahami pengertian kompetisi dan contohnya, ada beberapa jenis persaingan yang perlu kita ketahui diantaranya :

 

  1. Persaingan Dalam Bidang Ekonomi

Kompetisi ini terjadi karena adanya keterbatasan jumlah benda-benda yang berperan sebagai pemuas kebutuhan manusia seperti manusia dalam kehidupan masyarakat, sedangkan banyak orang yang membutuhkannya. Persaingan di dunia ekonomi yang terjadi pada umumnya seperti dalam hal perdagangan, seperti berebut jumlah pembeli/konsumen. Lalu persaingan di bidang produksi barang maupun jasa akan berfokus pada perebutan daerah penjualan dan sumber bahan baku.

 

  1. Persaingan Dalam Bidang Kebudayaan

Persaingan di bidang kebudayaan, saat ini tampak lebih mengarah pada penggunaan teknologi komunikasi untuk mendokumentasikan kebudayaan, seperti lewat pembuatan film maupun seni musik modern, hanya saja masih ada seni-seni tradisional lainnya. Di samping itu, kompetisi dalam bidang olahraga sebagai hasil kebudayaan pun sering dilakukan, ada lagi kompetisi dalam seni bela diri, seni musik dan tari antar daerah yang juga kerap dilakukan, sehingga bisa membuktikan mana yang menghasilkan masyarakat yang berkembang kebudayaannya dan paling stabil.

 

  1. Persaingan Untuk Mencapai Kekuasaan

Persaingan bentuk ini biasanya sering kita jumpai dalam instansi tertentu atau lembaga-lembaga maupun lingkungan badan tertentu yang berada di lingkup pemerintahan. Misalnya dengan diadakannya Pilpres ataupun PILKADA. Mereka akan melakukan persaingan, baik persaingan secara sehat maupun tidak sehat untuk meraih banyak suara dari masyarakat. Persaingan akibat bentuk ini paling sering dimanfaatkan sebagai jenis persaingan tidak sehat, dan tak jarang menimbulkan perpecahan.

 

  1. Persaingan Rasial

Persaingan ras atau rasial saat ini bisa dianggap sebagai perang dingin, meskipun terjadi secara tidak langsung namun tetap dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Biasanya persaingan ras tersebut muncul ketika kelompok tertentu atau seseorang yang lebih superior menganggap dan menyuarakan bahwa ras mereka adalah yang terbaik dibandingkan ras lainnya. Akhirnya timbullah persaingan, hingga perpecahan.

 

Lalu, Apa Fungsi Persaingan?

Persaingan bisa dikatakan berfungsi sebagai alat pengadaan seleksi sosial. Jika persaingan yang terjadi antar pihak dapat disadari dengan pemikiran-pemikiran sehat, persaingan yang terjadi akan berperan sebagai alat penyeleksi antara individu maupun kelompok yang mempunyai kualitas lebih baik. Hal ini dikarenakan dalam dunia marketing sendiri, yang mampu bertahan ialah produk-produk dengan kualitas terbaik dan harganya paling terjangkau. Ini bisa kita lihat berdasarkan kemenangan dari produk-produk impor yang berasal dari Korea dan China.

Itulah penjelasan mengenai pengertian kompetisi dan contohnya. Dalam dunia industri, kompetisi atau persaingan merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk menghadapi persaingan bisnis dan teknologi yang ada saat ini, Anda tentu harus membekali sumber daya manusia untuk menjadi individu atau tim yang berkualitas yang berdaya saing. Guna mencapai tujuan tersebut, kami jasa training/pelatihan perusahaan dan karyawan Markshare siap membantu perusahaan Anda untuk mengajak karyawan perusahaan Anda melakukan training atau pelatihan kerja untuk mendapatkan skill sekaligus mengupgrade kemampuan karyawan di perusahaan.

WhatsApp Support Chat