Metode pelatihan dan pengembangan – Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat ini, perusahaan dituntut agar lebih kompetitif. Kompetisi yang terjadi antar perusahaan kian menantang dan meningkat. Karena itulah penting sekali untuk mengoptimalkan kinerja sebuah perusahaan dengan menyeluruh. Hal terpenting bagi sebuah perusahaan dalam menentukan kualitasnya ialah dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

 

Tenaga kerja, dalam hal ini SDM di sebuah perusahaan dituntut agar lebih profesional. Para karyawan selayaknya sudah dibekali wawasan dan pengetahuan yang luas, dengan demikian memiliki kemampuan handal untuk memprediksi tindakan apa yang mesti didahulukan sekaligus memprediksi tindakan mana yang bisa ditunda terlebih dulu dalam pekerjaan, karenanya bisa membuahkan hasil kerja yang lebih maksimal.

 

Metode Pelatihan dan Pengembangan SDM

 

Untuk meningkatkan kinerja SDM dalam sebuah perusahaan, dibutuhkan pelatihan dan pendidikan. Pelatihan dan pendidikan SDM untuk para karyawan yang dimaksudkan adalah aktivitas meningkatkan dan memelihara kemampuan karyawan untuk bekerja. Metode pelatihan dan pengembangan tenaga kerja juga berguna untuk meningkatkan tanggung jawab dan kedisiplinan masing-masing tenaga kerja. Pelatihan dan pendidikan ini merupakan sebuah upaya untuk memaksimalkan kemampuan, sikap, pengetahuan, keahlian, dan perilaku spesifik terkait pekerjaan, sehingga tenaga kerja bisa lebih siap menghadapi persaingan bebas.

 

Beberapa program pelatihan dan pengembangan tenaga kerja bisa dipilih oleh perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawannya. Metode pelatihan dan pengembangan tenaga kerja ini, masing-masing mempunyai efektivitas dan kekhususan tersendiri untuk mencapai sasaran. Adapun metode-metode pengembangan SDM tersebut, meliputi :

 

  1. Magang

 

Magang merupakan bentuk dari metode pengembangan dan pelatihan SDM yang memungkinkan para pesertanya mengikuti serangkaian aktivitas yang dijalankan oleh karyawan dalam posisi tertentu. Dengan aktivitas tersebut, peserta training/magang harus mempelajari bagaimana cara untuk melakukan kegiatan tersebut.

 

  1. On The Job Training

 

Program On The Job Training merupakan salah satu metode pelatihan dan pengembangan SDM, dengan tujuan untuk memberikan motivasi lebih tinggi lagi bagi para peserta training untuk belajar dan berlatih. Dalam metode tersebut, para peserta akan diposisikan pada situasi dan tempat kerja yang sesungguhnya. Jadi, bila seorang peserta training melakukan kesalahan, hal tersebut tentu berpengaruh pada kinerja perusahaan tersebut.

 

  1. Simulasi

 

Simulasi merupakan bentuk metode pengembangan SDM dengan memanfaatkan mesin-mesin atau peralatan pada kondisi lingkungan tertentu yang dibuat sama atau sesuai situasi kerja yang sebenarnya. Mesin, kondisi lingkungan dan alat yang dibuat adalah tiruan dari keadaan yang sebenarnya. Ini artinya, seperti pelatihan yang diberikan pada calon penerbang, lalu dibuatkan simulasi memakai simulator kokpit pesawat.

 

Adapun tujuan simulasi itu sendiri ialah agar peserta training lebih menguasai dan lebih akrab betul tentang kondisi kerja yang sebenarnya. Metode simulator tersebut biasanya digunakan dalam bentuk pelatihan tenaga kerja yang membutuhkan keahlian penggunaan mesin atau alat tertentu secara khusus.

 

  1. Job Rotation

 

Dalam program job rotation ini, para peserta pengembangan dan pelatihan SDM ini nantinya dimutasikan secara berkala ke unit kerja atau jabatan lainnya. Sehingga, peserta pelatihan dapat memperoleh pengetahuan dan kemampuan secara menyeluruh tentang sebuah perusahaan.

 

Pentingnya metode pelatihan dan pengembangan SDM yang baik akan berpengaruh besar bagi kinerja perusahaan itu sendiri. Jika mereka memiliki SDM yang berkualitas, tentu bisa memajukan perusahaan. Karena itulah, kami jasa training Markshare menawarkan training atau pelatihan untuk karyawan-karyawan di perusahaan Anda sesuai metode yang Anda inginkan. Dengan mengikuti program pelatihan yang kami sediakan, Anda akan mendapatkan SDM terbaik dan mampu menguasai bidang pekerjaannya!

 

WhatsApp Support Chat