Pengertian Pelatihan dan Pengembangan Serta Tujuannya

Pengertian pelatihan dan pengembangan – Pengembangan dan pelatihan sering kita dengar di dunia kerja di industri/perusahaan, lembaga, instansi, atau organisasi. Hal tersebut bisa diasumsikan jika pengembangan dan pelatihan penting sekali bagi sumber daya manusia selaku tenaga kerja agar lebih menguasai bidang pekerjaannya lebih baik. Sama halnya dengan instansi pendidikan misalnya, pengembangan dan pelatihan sering dilakukan dalam hal upaya meningkatkan kemampuan dan kinerja tenaga kerja dalam hal ini pendidikan.

Definisi Pelatihan dan Pengembangan

Pengertian pelatihan dan pengembangan sendiri merupakan gabungan dari pelatihan dan pengembangan. Pengertian pelatihan ialah proses yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan secara teknis, maupun untuk meningkatkan kinerja karyawan. Sedangkan pengembangan ialah proses yang dirancang demi meningkatkan kemampuan secara konseptual, memperluas human relation, dan kemampuan dalam hal pengambilan keputusan.

Pelatihan juga bisa dikatakan sebagai proses pendidikan dalam jangka pendek menggunakan prosedur yang sudah terorganisir dan sistematis, sehingga karyawan mempelajari keterampilan dan pengetahuan teknis dengan tujuan tertentu. Sementara, pengembangan adalah proses pendidikan dalam jangka panjang dengan menggunakan prosedur yang terorganisir dan sistematis, sehingga karyawan atau tenaga kerja dapat mempelajari pengetahuan teoritis dan konseptual untuk tujuan secara umum.

Definisi Pelatihan dan Pengembangan Menurut Para Ahli

Pengertian pelatihan dan pengembangan menurut Hani Handoko adalah berbeda. Training atau pelatihan ditujukan untuk meningkatkan penguasaan berbagai teknik dan keterampilan pelaksanaan kerja secara rutin dan terinci. Dapat dikatakan, pelatihan mempersiapkan para karyawan dalam melakukan berbagai pekerjaan saat ini. Sementara pengembangan memiliki ruang lingkup yang lebih luas untuk upaya meningkatkan dan memperbaiki kemampuan, pengetahuan sifat, sikap, dan kepribadian.

Pengertian pelatihan dan pengembangan menurut Mariot Tua Efendi H adalah sebagai sebuah upaya yang terencana dalam sebuah perusahaan atau organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan tenaga kerja. Mariot Tua pun menambahkan bahwa pelatihan dan pengembangan adalah 2 konsep yang serupa, yakni untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan. Namun dilihat berdasarkan tujuannya, biasanya kedua konsep ini bisa dibedakan.

Untuk pelatihan sendiri, biasanya lebih menekankan peningkatan kemampuan dalam melakukan pekerjaan secara spesifik saat ini, sedangkan pengembangan sendiri lebih ditekankan untuk peningkatan pengetahuan dalam melakukan pekerjaan di masa mendatang.

Apa Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja?

Tujuan dilakukan pengembangan dan pelatihan tenaga kerja yaitu untuk meningkatkan, mengembangkan, dan membekali kompetensi kerja untuk meningkatkan kesejahteraan, produktivitas, dan kemampuan. Adapun tujuannya, ialah sebagai berikut :

  1. Tujuan Pelatihan Tenaga Kerja
  • Menekan waktu belajar individu baru agar lebih kompeten dalam bidang pekerjaan.
  • Membantu memecahkan masalah operasional.
  • Melalui pelatihan, trainer atau pelatih dapat memastikan bahwa tiap orang bisa secara efektif memanfaatkan teknologi-teknologi terkini.
  • Dapat memutakhirkan kemampuan individu seiring dengan perkembangan teknologi.
  1. Tujuan Pengembangan Tenaga Kerja
  • Meningkatkan kualitas tenaga kerja
  • Meningkatkan produktivitas tenaga kerja
  • Meningkat semangat dalam bekerja
  • Meningkatkan ketepatan untuk perencanaan SDM
  • Menjaga keselamatan kerja
  • Menahan dan menarik SDM yang baik.
  • Menunjang personal growth.

Jenis-Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM

Jenis-jenis pelatihan dan pengembangan SDM, diantaranya ialah pelatihan dan pengembangan keahlian, pelatihan dan pengembangan ulang, pelatihan dan pengembangan tim, pelatihan dan pengembangan lintas fungsional, serta pelatihan dan pengembangan kreatifitas.

Sesuai pengertian pelatihan dan pengembangan SDM beserta fungsinya di atas, untuk menunjang program pelatihan SDM, perusahaan Anda bisa bergabung bersama jasa training Markshare untuk mendapatkan SDM terbaik, memiliki attitude, berkualitas, dan berdaya saing tinggi!

WhatsApp Support Chat