Pentingnya Peran HRD dalam Pengembangan

 

Karyawan di Perusahaan

 

Tentu setiap orang sudah tidak asing dengan jabatan HRD di setiap perusahaan.  HRD atau divisi sumber daya manusia ini menjadi sebuah pekerjaan yang terpenting untuk menjaga keutuhan karyawan dan juga keefektifan kerja dalam perusahaan. HRD atau Human Resource Department mempunyai fungsi untuk mengatur dan melakukan pengembangan karyawan di perusahaan, menjaga hubungan setiap karyawan dengan perusahaan dan memastikan hak setiap karyawan dapat dimiliki sebagaimana mestinya. Dalam perkembangannya, divisi HRD mempunyai latar belakang yang cukup luas. Tidak hanya lagi berasal dari jurusan psikologi namun profesi ini dapat dari berbagai macam disiplin ilmu. Oleh karena itu perlu diketahui tanggung jawab dari HRD dalam mengatur sumber daya manusia di dalam perusahaan.

 

  1. Menyusun perencanaan seputar SDM

HRD memiliki tugas merencanakan perencanaan terkait pengembangan karyawan yang diantaranya HR planning, rekrutmen karyawan, manajemen performa, pelatihan dan pengembangan SDM, kompensasi dan bonus, hubungan industri dan administrasi dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut tentu memerlukan perencanaan yang harus disiapkan secara rinci dan teratur. Selain itu, kegiatan training SDM juga diperlukan bagi HRD untuk setiap karyawan di perusahaan. Kegiatan ini juga termasuk ke dalam perencanaan seputar SDM yang dikerjakan oleh HRD.

  1. Melakukan rekrutmen karyawan baru

Salah satu yang menjadi tanggung jawab HRD adalah melakukan rekrutmen karyawan baru. Dalam tugas ini HR harus menemukan sumber daya manusia berkualitas, dengan talenta terbaik untuk perusahaannya. Pencarian karyawan baru tidaklah mudah karena harus dengan serangkaian tes dan melihat dengan jeli setiap pelamar yang datang apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Mengelola sumber daya manusia

Pengelolaan sumber daya manusia juga menjadi perhatian khusus bagi HRD. Menjaga karyawan untuk dapat bekerja di perusahaan bukan hal yang mudah, perlu adanya inovasi baru bagi karyawan seperti aktivitas kantor, fasilitas dan layanan karyawan dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, HRD juga harus mampu menemukan potensi baru dari setiap diri karyawan dalam perusahaan.

  

Dari ketiga tanggung jawab tersebut membuktikan bahwa HRD mempunyai peran yang penting bagi perusahaan. Karyawan yang menjadi bagian terpenting dari perusahaan menjadi tanggung jawab bagi HRD untuk dikelolanya. Tentu saja, untuk memajukan kinerja perusahaan perlu adanya pengembangan karyawan dengan melakukan training karyawan. Training karyawan yang dilakukan baik untuk HRD maupun karyawan lain dapat membantu perusahaan untuk menciptakan pekerjaan yang lebih produktif. Salah satu jasa training karyawan yang lengkap dengan berbagai program yang dibutuhkan yaitu Markshare. Markshare menyediakan berbagai layanan pelatihan dan pengembangan karyawan, baik yang dapat diikuti secara umum maupun khusus bagi perusahaan Anda.

 

WhatsApp Support Chat