Pentingnya CRM Bagi  Perkembangan Bisnis Perusahaan

  

Apa itu CRM?

Hubungan pelanggan yang dilakukan secara konsisten akan menghasilkan dampak yang positif bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Perusahaan yang memproduksi berbagai produk tentu akan mengalami persaingan dengan perusahaan lain yang juga mempunyai produk yang sama. Maka dari itu, perusahaan harus memiliki strategi khusus dalam memenuhi kebutuhan konsumen dan menjalin hubungan yang baik dengan mereka. Apalagi konsumen saat ini akan melihat dari berbagai aspek untuk memenuhi kepuasan mereka seperti cara transaksi, ketersediaan barang, pelayanan saat membeli dan sebagainya. Oleh karena itu, CRM atau Customer Relationship Management diperlukan dalam sebuah perusahaan untuk meningkatkan dan mempertahankan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Dengan kata lain, CRM akan membantu perusahaan menjaga pelanggannya agar tidak berpindah ke perusahaan lain atau produk yang sejenis. CRM memiliki strategi untuk mengumpulkan database pelanggan melalui sistem yang tersedia.

Lalu, apa saja manfaat CRM bagi perusahaan sehingga menjadi bagian terpenting dalam mempertahankan bisnis?

  1. Meningkatkan keuntungan bagi perusahaan

Perusahaan akan merasakan dampak CRM yaitu saat terjadinya peningkatan efisiensi operasional. Kualitas pelayanan akan semakin meningkat dikarenakan CRM akan membantu perusahaan meminimalisir biaya yang dikeluarkan untuk pelayanan dan pemasaran produk. CRM merupakan system yang terintegrasi untuk membuat perusahaan mengenali pelanggan lebih detail dan mengarahkan perusahaan dalam menentukan strategi yang tepat dalam memberikan layanan.

  1. Pengembangan produk yang pesat

Menciptakan pelanggan yang loyal dan menambah pelanggan baru tentu akan membuat perusahaan untuk mengembangkan produk yang ada. Perusahaan akan selalu mencari tahu kebutuhan dan keinginan pelanggan yang kemudian diwujudkannya dalam produk yang disediakan. Hal ini akan membuat pelanggan semakin loyal dan tidak berpindah ke produk lain untuk memuaskan keinginan dan kebutuhannya.

  1. Mempertahankan pelanggan

Mempertahankan pelanggan untuk tidak berpindah ke perusahaan lain adalah tugas yang cukup sulit. Ini dikarenakan keinginan yang selalu berubah setiap waktu. Namun dengan adanya CRM, perusahaan akan mempunyai strategi dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dalam bertransaksi. CRM tidak hanya mempertahankan pelanggan tetapi juga mencari dan menambah pelanggan baru bagi perusahaan.

Dengan ketiga manfaat yang dihasilkan oleh CRM, perusahaan tentu juga tidak hanya mengandalkan CRM saja untuk mengembangkan bisnisnya, tetapi juga dengan strategi lain yang dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan. Lalu, bagaimana cara perusahaan mengenali CRM untuk dapat diterapkan dalam bisnisnya? Tentu saja saat ini CRM dapat dipelajari di lembaga pelatihan sumber daya manusia. Walaupun CRM bersifat penggabungan antara proses, manusia dan teknologi, tetapi karyawan dan perusahaan harus dapat mengenali dan menjalankannya. Oleh sebab itu lembaga pelatihan menjadi salah satu sarana bagi perusahaan mengenal CRM lebih lanjut. Markshare adalah lembaga pelatihan yang juga memberikan banyak program bagi perusahaan dan karyawan untuk mengembangkan diri dan juga bisnis. Sehingga Anda juga dapat dengan mudah menemukan pelatihan mengenai CRM dengan menghubungi kami dan melihat berbagai program yang ditawarkan. 

WhatsApp Support Chat