5 Karakter Salesman yang Harus Dimiliki untuk

Meningkatkan Penjualan

 

Salesman, adalah seorang yang berdiri paling depan untuk menawarkan berbagai produk perusahaan kepada para pelanggan. Tantangan yang dihadapi oleh seorang salesman tentu sangat banyak, misal seperti berbagai pelanggan yang dihadapi memiliki sikap dan karakter berbeda-beda, penolakan saat menawarkan produk, dan kompetitor yang juga menawarkan produk sejenis.

Maka dari itu, seorang sales harus memiliki karakter yang kuat dan mampu bertahan dalam keadaan apapun, karena pada hakikatnya salesman harus mendapatkan hati pelanggan sehingga loyal untuk membeli produknya. Selain mengikuti training karyawan, seorang salesman wajib memiliki beberapa karakter dan tindakan saat menawarkan produknya, yaitu:

1. Menyebar koneksi dimana-mana
Sebagai seorang salesman, haruslah Anda membangun kehidupan sosial dengan banyak orang untuk memperluas daerah pemasaran produk. Menjadi seseorang yang mudah bergaul akan memudahkan Anda dalam memiliki jaringan sosial dimanapun dan kapanpun. Tentu saja, dengan banyaknya jaringan tersebut, Anda dapat mudahnya memasarkan dan menawarkan berbagai produk sesuai kebutuhan pelanggan.

2. Menyusun strategi penjualan yang strategis
Jika jaringan sosial sudah dibentuk, saatnya Anda menyusun strategi penjualan yang strategis. Bagaimana menjual produk yang dimiliki dengan rencana yang matang. Seperti misalnya mengidentifikasi pelanggan dan mengenal karakteristik setiap pelanggan yang akan ditawarkan. Sehingga Anda dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan, dan kapan Anda dapat bergerak untuk menawarkan produk tersebut.

3. Menciptakan keunikan
Salesman merupakan salah satu profesi yang diminati dan dilakukan oleh banyak orang. Banyak salesman yang menawarkan produk serupa di wilayah yang sama. Maka dari itu, temukan strategi yang unik agar pelanggan mudah mengingat Anda. Lakukan pendekatan berbeda dengan melakukan hal kecil namun menarik hati mereka. Cara-cara unik sebagai seorang sales dapat dipelajari melalui training karyawan khusus bagian salesman. Jangan pernah takut mencoba hal yang berbeda untuk prospek yang baik kedepannya.

4. Dilarang menolak pelanggan yang pernah menolak Anda
Menjaga hubungan baik dengan pelanggan tentu harus dilakukan. Namun berbeda jika ada juga pelanggan yang melakukan penolakan berkali-kali saat ditawarkan produk dan kembali kepada Anda karena membutuhkannya di waktu lain. Jika hal ini terjadi tentu seorang sales dilarang melakukan penolakan kepada pelanggan karena alasan pribadi. Kesempatan tidak datang dua kali, sehingga terimalah pelanggan tersebut sebagai bentuk profesionalitas kerja.

5. Mengelompokkan pelanggan
Pengelompokkan pelanggan juga dilakukan oleh seorang sales untuk mengetahui pelanggan mana yang memiliki prospek tinggi dan rendah. Pelanggan dengan prospek tinggi akan membantu Anda untuk menawarkan produk dengan penawaran yang spesial sehingga tingkat pembelian akan semakin tinggi.

Itulah kelima karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang sales. Yang terutama dan penting adalah menjadi diri sendiri dan percaya diri dalam menjalankan pekerjaanya. Dengan begitu salesman akan dengan mudah membangun jaringan dan mendapatkan pelanggan yang loyal. Sebagai seorang sales, Anda juga dapat mengikuti training karyawan yang diadakan oleh jasa pelatihan guna meningkatkan kinerja. Dalam program yang disediakan oleh jasa pelatihan, Anda dapat memilih training apa saja yang dibutuhkan oleh salesman dalam meningkatkan performa kerja. Markshare merupakan jasa pelatihan dan pengembangan karyawan yang juga menyediakan berbagai program termasuk untuk seorang sales. Anda dapat memilih program yang ingin diikuti atau hubungi Markshare untuk info lebih lanjut.

WhatsApp Support Chat