5 Langkah Menyusun Program Kerja untuk Kemajuan Bisnis

Perusahaan

Program kerja merupakan agenda kegiatan yang berisi rencana kerja perusahaan yang disusun untuk jangka waktu tertentu. Tentu saja program kerja yang dibuat oleh perusahaan telah disepakati oleh berbagai pihak yang bersangkutan. Program kerja dibuat dengan detail dan jelas agar dapat mencapai tujuan bisnis perusahaan. Tanpa adanya program kerja, kegiatan bisnis tidak akan berjalan lancar karena tidak ada panduan yang mendetail. Selain itu dengan adanya program kerja, karyawan juga akan terbantu untuk mengerjakan setiap pekerjaan secara jelas. Program kerja perusahaan juga menjadi salah satu cara untuk pengembangan karyawan dengan berbagai kegiatan kerja yang sudah direncanakan. Skill dan kemampuan karyawan akan dibutuhkan sekali dalam menjalankan program kerja yang telah dibuat. Penyusunan program kerja di sebuah perusahaan, memiliki beberapa poin yang harus ada, diantaranya:

  1. Menetapkan tujuan yang jelas
    Penyusunan program kerja diawali dengan mengetahui tujuan utama dalam menjalankan bisnisnya. Mengetahui tujuan mengapa bisnis ini dijalankan adalah kunci utama untuk melangkah ke step selanjutnya. Banyak perusahaan yang berhasil dalam menjalankan bisnisnya, namun tidak sedikit pula yang gagal karena dirasa tidak jelas saat menjalankannya. Maka dari itu tetapkan tujuan bisnis sebelum menjalankannya.
  2. Menetapkan tenggang waktu
    Deadline sangat diperlukan untuk mendisiplinkan program kerja yang sedang berjalan. Program kerja dengan segala langkahnya akan semakin terbantu jika disertai deadline karena dengan begitu tujuan bisnis perusahaan akan semakin cepat tercapai dan juga berjalan terarah.
  3. Menuliskan rencana tindakan untuk mencapai tujuan bisnis
    List tindakan apa saja yang akan dilakukan untuk menjalankan program kerja tersebut. Tulislah secara detail disertai dengan tantangan atau rintangan yang akan dihadapi. Selain itu bersiaplah dengan strategi untuk menghadapi tantangan tersebut. Dengan begitu, setiap individu yang bekerja di dalamnya akan merasa termotivasi dengan setiap rencana detail untuk mencapai tujuan bisnis. Perusahaan juga dapat menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi perusahaan dengan jelas.
  4. Melakukan pengorganisasian atau pembagian kerja
    Langkah selanjutnya berkaitan dengan pengembangan karyawan dalam meningkatkan kemampuan atau skill dalam bekerja. Pengorganisasian atau pembagian kerja dilakukan agar tujuan bisnis dapat tercapai dengan cepat dan sesuai target kerja yang diinginkan. Perusahaan dapat memilih individu yang berkompeten di bidangnya untuk dapat bekerja sama dalam melaksanakan program kerja.
  5. Menyiapkan evaluasi terhadap setiap perencanaan
    Setelah melakukan 4 langkah di atas, perusahaan dapat melakukan evaluasi yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap pasca pelaksanaan. Selain itu perusahaan dapat menggunakan alat ukur hasil kerja seperti kesesuaian dengan perencanaan yang dibuat, efektivitas pelaksanaan program kerja, partisipasi dalam menjalankan program kerja, dan hasil atau manfaat yang didapatkan dari program kerja.

Program kerja adalah hal yang penting dilakukan oleh setiap perusahaan agar mengetahui kondisi bisnis yang sedang dijalankan. Lalu, perusahaan dapat membuat strategi khusus untuk mengembangkan bisnis sesuai tujuan yang diinginkan. Selain itu dalam pembuatan program kerja, perusahaan dapat memberikan pelatihan kepada SDM yaitu pengembangan karyawan dalam meningkatkan kemampuannya atau skillnya untuk bekerja. Tentu hal ini akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Perusahaan dapat menggunakan lembaga training SDM yaitu Markshare Training yang menyediakan program baik secara in house, public class dan outbond dengan mentor profesional dibidangnya.

 

WhatsApp Support Chat