Digitalisasi telah terjadi, era 4.0 telah dimulai dan terus berlanjut, perlahan tapi pasti kita menjadi bagian dari era ini. Semua aspek kehidupan memasuki era digital. Masa pandemi covid 19 memicu perubahan ini lebih cepat terjadi. Penggunaan teknologi menjadi masa yang siapa pun tidak bisa dihindari. Jika kita tidak mau berubah maka kita harus siap untuk tertinggal dan ditinggalkan. Salah satu aktifitas yang secepat kilat berubah dari bentuk lama menjadi harus menggunakan teknologi adalah aktifitas pembelajaran.

Pembelajaran bisa didapat dari kegiatan belajar mengajar, pembelajaran dari suatu kejadian yang berujung pada sikap dan perilaku. Sikap dan prilaku adalah ujung dari menifestasi pemikiran. Era digital yang sangat bertumpu pada teknologi menjadi era yang ditakuti oleh kaum yang mengklaim tidak perlu mengikuti era ini. Padahal digital menjadi bagian dari semua kegiatan sosial maupun bisnis dalam sehari-hari aktifitas manusia. Cara berpikir pun seharusnya berubah, bergeser bahwa segala sesuatu harus dimudahkan dengan teknologi, instan, cepat dan diikuti proses tambahan jika diperlukan. Jika tidak maka proses tambahan telah ditinggalkan saat ini. Kepercayaan menjadi keharusan, walaupun sisi ini mempunyai resiko juga. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak menggunakan teknologi, kemudahan dalam menggunakan membuat kita mau tidak mau menggeser semua perilaku dan sikap kita.

Dari sisi belajar menngajar secara langsung, sekolah, kampus, pertemuan bisnis dan berbagai kegiatan pembelajaran yang bersifat mentransfer ilmu ataupun keterampilan saat ini sangat tidak mungkin dilakukan dengan cara tatap muka langsung. Terutama untuk sekolah, tidak mungkin dihentikan, karena waktu tidak mungkin berhenti dan setiap pelajar harus menuntaskan pelajaran dalam tiap tahapnya. Oleh karena itu pembelajaran secara daring (online) telah dimulai semenjak masa pandemi ini dimulai hingga saat ini. Setiap pihak yang terlibat dengan proses pembelajaran daring mengelola dan mengembangkan cara pembelajaran daring yang makin efektif bagi para pesertanya. Untuk suatu forum besar yang sifatnya memberikan informasi kita sebut juga dengan seminar. Saat ini masa yang seminar online bahkan antar negara pun, mau tidak telah dilakukan. Apakah pandemi ini memicu? Benar sekali, salah faktor pendorong yang mempercepat era digital ini digunakan seluruh lapisan masyarakat adalah karena pandemi ini. Kontak langsung yang membuat transmisi virus ini sangat cepat menjalar di seluruh dunia, membuat manusia akhirnya menggunakan teknologi. Dari kondisi ini akhirnya cara pikir yang penuh proses terpotong secara otomatis dan menjadikan manusia mempunyai cara pandang digital lebih cepat.

Bagaimanakah dengan pelatihan? Pelatihan yang dari kata dasar latih, dan dipraktekan (dilakukan) maka menjadi suatu konsep latihan. Latihan yang akan dibahas khususnya adalah bagi para pekerja. Pelatihan di sini artinya pemberdaayaan dari cara menerapkan baik itu suatu ilmu pengetahuan, keterampilan maupun yang mendukung perilaku dari seseorang. Dengan kondisi yang tidak memungkinkan untuk tatap muka, maka pelatihan pun harus daring. Pelatihan online atau disebut training online pun telah dirancang dan diaplikasikan bagi para pekerja dan semua pihak yang berkepentingan memajukan industri dan bisnisnya.
Training online menjadi hal yang harus dilakukan di era pandemi ini sekaligus menjawab bahwa mau tidak mau kita harus menggunakan teknologi dalam tiap aspek hidup kita. Tiap proses pengembangan keterampilan , ilmu dan perilaku harus dilakukan tiap orang di organisasi. Karir seseorang ditentukan oleh pengembangan diri orang tersebut dan salah satu cara yang efektif untuk menambah ketrampilan dan ilmu adalah dengan training, saat ini yang bisa dilakukan adalah training online.

Training online jika dijelaskan lagi maka memerlukan rancangan yang cukup jelas dalam tiap pembelajarannya, hal ini disebut dengan learning design online. Dalam kelas tatap muka saja harus dibuat rancangan penyampaian program, apalagi training online. Bagi para pegawai dalam perusahaan informasi juga disampaikan secara online, sehingga pelatihan pegawai secara online diselenggarakan. Harus dipersiapkan dengan jelas apa saja aktifitas pembelajaran yang dilakukan. Hal ini tentu saja agar mencapai tujuan dari training online tersebut.

Oleh karena itu selain kegiatan belajar mengajar yang menjadi dasar perkembangan hidup manusia, aktifitas sosial lain pun akan berubah menjadi online yang berarti kita tidak harus menyetujui segala sesuatu dengan bertemu secara langsung. Namun dengan teknologi maka kita dapat melakukan segala aktivitas itu. Hampir semua aspek saat ini, menggunakan teknologi, untuk jasa home service, belanja mulai barang kebutuhan dasar hingga mewah, belajar mengajar, bekerja dengan berbagai jenis pekerjaan, pertemuan resmi bahkan sampai ujian, sidang formal yang mempunyai kekuatan hukum pun telah bergeser. Memang apa yang mau tidak mau, misalnya sakit yang memang pertolongan pertama tidak dapat menolong ya harus ke rumah sakit juga untuk sektor hukum pelanggaran, maka proses masih harus melibatkan temu muka. Namun sebagian besar aktifitas online tersebut, memicu kita untuk setuju dan menggunakan proses yg lebih praktis tadi. Berbagai keuntungan diperoleh dari cara online ini . Pemikiran digital telah ada di masyarakat kita, seberapa besar? mengikuti seberapa lama kita mau tidak mau menggunakan perilaku digital, jika masih terus menerus mindset digital otomatis makin berkembang dalam hidup manusia.



Artikel Lainnya

5 Keuntungan CRM bagi Perusahaan

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan dan pelanggan potensial. Tujuan dari CRM adalah untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan menggunakannya dengan cukup...

Manajemen Proyek Tangkas

Agile Project Management   Manajemen Proyek Tangkas atau Agile Project Management adalah metode manajemen proyek yang menggunakan teknik pengembangan yang singkat yang disebut scrum yang fokus pada peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan suatu produk atau...

Kompetensi dan Konsistensi

“Orang pintar kalah dengan orang beruntung  namun orang beruntung kalah dengan orang konsisten.” Pernyataan ini kita amini , karena bukti nyata tentang konsistensi dan kompetensi. Kompetensi terbentuk dari prilaku yang dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan....

Langkah-langkah Proses Mengurus SNI

Diasuh Oleh: Sutomo Asngadi, S.S., M.M.(Consultant/Executive Trainer Strategic Supply Chain, Logistics, Export Import dan Procurement Management) Beberapa waktu kita pernah mendengar membaca dan melihat berita tentang produk yang tidak ber SNI seperti berikut ini....

Typology Strategi Supply Chain Lean-Agile-Leave

By: SUTOMO ASNGADI S.S., M.M Dalam manajemen rantai pasokan ada beberapa pertanyaan mendasar yang sering kita jumpai: Barang apa yang akan kita buat dan kita kirim? Bahan dan suku cadang apa yang harus diperoleh untuk membuat produk? Berapa banyak, dan kapan? Apa dan...

Tips agar Menjadi Kreatif dan Inovatif untuk Melatih dan Mengembangkan SDM

Kreatif adalah suatu proses penemuan ide baru dari pengembangan ide lama yang disesuaikan dengan tujuan dan keadaan. Temuan baru yang menghasilkan suatu karya yang berguna kita sebut inovasi. Semua kegiatan baik dalam kegiatan sosial sehari-hari maupun yang bersifat...

Digital Mindset

Digitalisasi telah terjadi, era 4.0 telah dimulai dan terus berlanjut, perlahan tapi pasti kita menjadi bagian dari era ini. Semua aspek kehidupan memasuki era digital. Masa pandemi covid 19 memicu perubahan ini lebih cepat terjadi. Penggunaan teknologi menjadi masa...

5 Kompetensi Penting Bagi Karir Anda ( Kompetensi 4.0)

Berbicara tentang karir, masih banyak yang beranggapan bahwa karir adalah jenjang dalam pekerjaan. Jika sesorang telah bekerja pada perusahaan kebanyakan akan memastikan dirinya akan mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan perusahaan itu. Hal ini adalah...

Pengendalian Operasional Treasury Perbankan

Treasury dalam arti kata bahasa adalah perbendaharaan, yaitu aktifitas yang menghasilkan pengelolaan sejumlah dana. Arti yang lain treasury juga adalah salah satu aktivitas finansial di perusahaan, perbankan dan non perbankan, yang berkaitan dengan 3 (tiga) aktivitas...

3 Langkah Membangun Reputasi yang Handal dalam Public Relation

Hubungan masyarakat atau ilmu public relation adalah tentang reputasi. Reputasi sebenarnya terbangun dengan sendirinya, yaitu peraturan yang kita tetapkan sendiri untuk menghadapi pihak lain dan semua sudut pandang pihak lain kepada kita. Hal ini tentu saja berlaku...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat