7 Strategi Pengembangan SDM yang Harus Dilakukan Perusahaan

 

Perusahaan memiliki banyak karyawan atau sumber daya manusia yang bekerja dengan keterampilan kerja dan loyalitas yang cukup diperhitungkan. Hal tersebut akan berpengaruh dengan hasil kerja dan juga tujuan akhir bisnis dalam perusahaan. Pengembangan SDM perlu dilakukan dengan strategi yang dapat dipelajari oleh perusahaan. Strategi pengembangan SDM ini bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mewujudkan SDM yang sesuai, yaitu:

  1. Pelatihan
    Karyawan akan mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan diri dalam hal keterampilan, sikap dan pengetahuan. Pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk menggali potensi karyawan yang tentunya akan berhubungan dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Pelatihan ini juga akan membuat perusahaan memiliki SDM yang berkualitas dan produktif.
  2. Pendidikan
    Pengembangan SDM yang dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kepada setiap karyawan. Pendidikan dapat meningkatkan kemampuan kerja yang sesuai dengan karir mereka. Pengembangan secara formal ini akan lebih mengajarkan tentang langkah dan cara untuk mengatasi permasalahan dalam bekerja.
  3. Pembinaan
    Strategi pengembangan SDM selanjutnya adalah pembinaan, yaitu mengatur dan membina karyawan melalui berbagai program seperti manpower planning, job analytic, job classification dan sebagainya. Pembinaan akan menghasilkan individu yang berkualitas dan organisasi perusahaan.
  4. Recruitment
    Selanjutnya, recruitment menjadi salah satu pengembangan SDM yang dimana perusahaan memperoleh SDM dengan klasifikasi yang dibutuhkan. Dalam recruitment berbagai aspek dilihat oleh perusahaan seperti skill yang mereka miliki, budaya kerja yang cocok dengan perusahaan saat itu, dan sebagainya. 
  5. Perubahan Sistem
    Setiap perusahaan mempunyai sistem atau prosedur yang digunakan untuk kegiatan operasional. Maka dari itu perubahan sistem dalam perusahaan dilakukan seiring berjalannya sistem tersebut ketika ada ancaman atau peluang yang datang. Karyawan akan belajar untuk terus menyesuaikan dirinya dengan perubahan sistem yang ada. 
  6. Kesempatan
    Perusahaan harus memiliki ruang bagi karyawannya untuk mempunyai kesempatan dalam menyalurkan ide dan gagasan dalam bekerja. Kesempatan dalam menyuarakan ide akan membuat karyawan merasa dihargai dan berpengaruh pada perkembangan bisnis perusahaan. 
  7. Penghargaan
    Penghargaan terhadap karyawan menjadi poin ketujuh strategi pengembangan SDM  untuk terus dapat menghargai mereka karena pekerjaan yang sudah dilakukan dengan baik. Dengan adanya penghargaan tersebut, karyawan akan merasa termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik dan berdampak bagi perusahaan.

Perusahaan dapat berkembang sesuai dengan tujuan yang diinginkan tentu tidak terlepas dari peran karyawan yang memiliki kualitas baik. Pengembangan SDM menjadi salah satu cara untuk karyawan dapat terus meningkatkan performa kerjanya dalam bekerja ataupun berorganisasi. Oleh karena itu 7 strategi pengembangan SDM ini, salah satunya dapat dilakukan oleh perusahaan dengan bantuan dari jasa pelatihan SDM atau karyawan. Jasa pelatihan SDM atau karyawan dapat memberikan berbagai program dan indikator penilaian yang sesuai. Anda dapat menghubungi Markshare Training, sebagai perusahaan jasa yang mempunyai program pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan Anda.

WhatsApp Support Chat