Mengapa Perusahaan Harus Melalukan Perencanaan SDM? 5

Alasan Ini Jawabannya!

Membentuk manajemen SDM yang baik dalam perusahaan dapat dilakukan dengan perencanaan SDM atau Manpower Planning yang meliputi segala aspek detail dan teknis seputar karyawan. Perusahaan perlu mengetahui jumlah karyawan yang bekerja, karakteristik setiap kebutuhan karyawan yang berbeda-beda, perencanaan tugas yang akan dikerjakan oleh karyawan dan sebagainya. Hal tersebut perlu diperhatikan guna mencapai tujuan bisnis perusahaan. Selain itu, terdapat juga 5 alasan penting mengapa perusahaan perlu mempunyai perencanaan SDM yang tepat dan baik, diantaranya:

  1. Mendapatkan SDM yang berkompeten Sebuah perusahaan dengan karyawan yang mempunyai kualitas baik akan sempurna untuk mencapai tujuan bisnis. Perencanaan SDM yang tepat akan menghasilkan karyawan yang sesuai dan kompeten di bidangnya masing-masing. Karyawan yang ditempatkan secara tepat akan lebih optimal dan cepat dalam mengerjakan pekerjaan. Dalam hal ini perusahaan juga perlu mempertahankan dan semakin meningkatkan karyawan dengan prestasi terbaik.

  2. Lebih efektif dan efisien dalam bekerja Perusahaan dengan karyawan yang cukup banyak akan mempunyai masa dimana lingkungan kantor dan pekerjaan sudah tidak lagi efisien dan efektif. Maka dari itu perencanaan SDM diperlukan untuk melakukan pengaturan dan penempatan ulang. Perusahaan akan melakukan penempatan jabatan dan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan setiap SDM. Sehingga dengan penempatan ulang, setiap karyawan yang memang berkompeten di bidangnya akan semakin produktif dan menciptakan lingkungan pekerjaan yang efisien dan efektif. Selain itu perusahaan juga dapat melakukan training SDM setelah melakukan perombakan karyawan agar setiap skill yang dimiliki dapat ditingkatkan untuk pekerjaan atau penempatan yang baru.

  3. Hemat biaya Perencanaan SDM memang sangat diperlukan perusahaan jika dalam hal ini, perusahaan membutuhkan tenaga kerja baru. Tidak selamanya penambahan karyawan perlu dilakukan jika divisi HR mampu melakukan perombakan SDM dengan melakukan promosi, pemindahan jabatan, mempensiunkan atau bahkan memberhentikan karyawan. Hal ini dilakukan untuk menempatkan karyawan di posisi atau jabatan yang tepat sehingga tidak diperlukan penambahan karyawan. Secara tidak langsung ini akan menghemat biaya penambahan SDM baru dalam perusahaan. Namun tidak terkecuali jika memang perusahaan membutuhkan banyak karyawan baru karena membuka cabang baru atau lini bisnis yang baru.

  4. Hubungan kerja yang semakin harmonis Lingkungan kerja yang nyaman diciptakan oleh SDM yang juga memiliki hubungan harmonis antar divisi di dalam perusahaan. Jika setiap jabatan diisi dengan karyawan yang berkompeten di bidangnya maka akan tercipta keharmonisan dalam bekerja sama untuk mewujudkan tujuan bisnis perusahaan. Maka dari itu perencanaan SDM sangat diperlukan untuk dapat memilih karyawan mana yang berkompeten dan cocok di setiap jabatannya.

  5. Membangun komunikasi dua arah Perencanaan SDM membantu kedua pihak yaitu perusahaan dan karyawan dalam menjalankan tujuan bisnis. Perusahaan akan memiliki tindakan responsif terhadap setiap perubahan atau perkembangan bisnis yang terjadi dan karyawan akan semakin aktif dalam menyampaikan informasi atau pendapatnya yang membangun bisnis perusahaan.

Perencanaan SDM dengan berbagai manfaat yang didapatkan perusahaan akan semakin optimal jika didukung dengan adanya training SDM yang juga membantu mengoptimalkan kemampuan karyawan. Tentu saja training SDM tidak hanya mengenai kemampuan dalam bekerja tetapi juga perkembangan pribadi setiap individunya. Perusahaan dapat menggunakan jasa Markshare Training untuk mendapatkan berbagai informasi dan juga pelatihan mengenai pengembangan dan perencanaan SDM dengan berbagai program yang dimilikinya. Markshare Training merupakan lembaga pelatihan dan juga konsultan yang bergerak dalam pengembangan SDM dengan didukung oleh tim dan fasilitator yang profesional di bidangnya. Sehingga perusahaan dapat terbantu untuk menciptakan perencanaan SDM yang optimal dan sesuai kebutuhan bisnis.

WhatsApp Support Chat