5 Cara yang Tepat untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Produktivitas kerja sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan dikarenakan akan menunjang bisnis yang sedang dikerjakan. Karyawan akan produktif ketika apa yang dikerjakan jelas dan didukung oleh perusahaannya. Namun bila karyawan tidak produktif, maka akan berpengaruh dengan profit yang didapat perusahaan dan tentunya alur kerja akan terganggu. Tapi tidak heran juga, jika kita menemukan perusahaan yang mengalami penurunan produktivitas karyawan. Maka, perlu sekali untuk menjaga produktivitas dan menciptakannya di lingkungan kerja. Ada 5 cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas karyawan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Adakan pelatihan dan pengembangan SDM
Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan hal pertama yang sebenarnya menunjang produktivitas karyawan. Walaupun ada harga yang harus dibayar, namun semuanya sebanding dengan pengembangan karyawan dan pelatihan yang diberikan oleh lembaga training. Dalam pelatihan dan pengembangan SDM, karyawan akan diajak untuk melatih diri
dengan praktek kerja langsung untuk bekal saat di lapangan. Namun diperlukan pilihan dan modul yang tepat saat memilih program pengembangan karyawan dan pelatihan yang benar-benar meningkatkan produktivitas.

2. Sesuaikan kemampuan karyawan dengan pekerjaan yang didapatkan
Selain melakukan pengembangan karyawan, perusahaan dapat mengetahui kemampuan apa yang dimiliki masing-masing karyawan. Karyawan yang ditempatkan di pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya akan lebih produktif saat mengerjakannya, dan sebaliknya. Perusahaan perlu memperhatikan tugas yang diberikan kepada karyawan, apakah yang bersangkutan memang cocok dengan pekerjaan akan dikerjakannya. Maka dari itu perlu bagi perusahaan sebelum menerima karyawan baru, melakukan tes kemampuan pada setiap calon karyawan. Dengan begitu mereka akan mengetahui potensinya dan mengasahnya selama bekerja.

3. Lengkapi dengan fasilitas bekerja
Ketiga, perusahaan harus memperlengkapi karyawan dengan fasilitas yang disediakan di tempat kerja. Hal ini akan memotivasi karyawan untuk dapat bekerja lebih produktif dan maksimal di kantor. Fasilitas yang dapat diberikan misalnya seperti koneksi wifi yang lancar, sistem yang memadai untuk menghubungkan pekerjaan, dan sebagainya.

4. Berikan apresiasi
Memberikan apresiasi kepada karyawan dalam bekerja juga dapat meningkatkan produktivitas mereka. Menghargai pencapaian yang sudah dilakukan dan memotivasinya untuk karyawan dapat memberikan hasil yang lebih lagi di kemudian hari. Perusahaan dapat memberikan bonus berupa kenaikan gaji, kupon gratis, hari libur tambahan, dan sebagainya.

5. Lakukan evaluasi kerja
Setelah semuanya dilakukan, hal terakhir untuk mengetahui seberapa produktif karyawan dalam perusahaan adalah melakukan evaluasi kerja. Evaluasi akan membantu karyawan untuk mengetahui pencapaian yang sudah dilakukan dan yang harus ditingkatkan. Sehingga, dengan begitu karyawan akan semakin giat lagi dalam bekerja.

Itulah 5 cara yang tepat untuk meningkatkan produktivitas karyawan yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Tentu saja tidak mudah menciptakan budaya kerja dan lingkungan kerja yang cocok bagi setiap karyawan. Namun ini semua dapat terbantu jika perusahaan juga bekerjasama dengan lembaga pelatihan dan pengembangan SDM untuk melakukan pengembangan karyawan dan beberapa pelatihan dasar dalam bekerja. Salah satu lembaga yang dapat membantu Anda yaitu Markshare, yang merupakan lembaga dengan berbagai program yang cocok bagi karyawan Anda. Konsultasikan apa yang Anda butuhkan bersama Markshare.

WhatsApp Support Chat