Logo Markshare Training

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam sebuah perusahaan agar berjalan dengan baik tentunya akan membutuhkan sumber daya manusia dalam jumlah yang disesuaikan ukuran perusahaannya, maka untuk bisa memaksimalkan aktivitas yang dilakukan dibutuhkan fungsi manajemen sumber daya manusia yang baik. Maka memahami apa saja fungsi manajemen SDM tersebut akan membantu anda untuk mempertimbangkan pentingnya manajemen ini untuk perkembangan perusahaan semaksimal mungkin sesuai tujuannya.

Penggantian dan Kepuasan

Salah satu fungsi manajemen sumber daya manusia ini berkaitan dengan penggantian kinerja dari sumber daya manusia yang ada serta kepuasan yang didapatkan perusahaan dari kinerja mereka. Tugas dari pihak manajemen dalam fungsi ini adalah untuk membuat perkembangan struktur gaji serta memberikan gaji pada karyawan sesuai kebijakan yang telah ditentukan. Tidak hanya gaji, tetapi harus dipastikan juga pemberian insentif, bonus, asuransi, jatah cuti hingga hak sumber daya manusia lainnya harus diberikan sebaik mungkin.

Mengembangkan Relasi

Membangun relasi serta melakukan negosiasi dengan perserikatan pekerja adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisasi adanya kemungkinan hal negatif yang dilakukan oleh pekerja misalnya saja demo hingga bentuk penyampaian keluhan lainnya yang akan merugikan perusahaan. Maka pihak manajemen sumber daya manusia akan menjadi jembatan perantara pihak perserikatan pekerja dengan pekerja itu sendiri.

fungsi manajemen sumber daya manusia

Mengatur Sumber Daya Manusia

Dalam hal ini, fungsi manajemen sumber daya manusia adalah untuk mengatur keanggotaan mulai dari perencanaan, penarikan hingga proses seleksi yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerja yang berkualitas sesuai kebutuhan. Pihak manajemen juga akan berfungsi untuk menentukan kualitas sumber daya manusia seperti apa yang akan dibutuhkan untuk beberapa posisi di perusahaan tersebut sehingga penyelesaian pekerjaan bisa jauh lebih cepat dan efektif tentunya. Perencanaan setiap proses yang dilakukan untuk mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang.

Fungsi Evaluasi

Setiap sektor dalam perusahaan harus diisi dengan baik oleh pekerja yang memenuhi kriteria perusahaan. Maka dalam hal ini setelah dilakukan perencanaan dan pertimbangan yang matang pihak manajemen tidak hanya berfungsi untuk melakukan pengaturan keanggotaan tetapi juga memberikan pelatihan. Adanya pelatihan yang diberikan tentu juga berdasarkan evaluasi terkait kinerja dari sumber daya manusia yang ada. Sehingga nantinya perkembangan keterampilan sumber daya tersebut akan jauh lebih optimal dan berdampak positif terhadap perusahaan dalam jangka panjang.

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan kerja yang aman dan sehat untuk setiap sumber daya manusia harus terjaga dengan baik. Jangan sampai ada resiko kecelakaan yang terjadi dalam lingkungan kerja anda. pihak manajemen juga perlu untuk mempertimbangkan pemberian pelatihan terkait keselamatan kerja untuk setiap karyawan sehingga dapat meminimalisir adanya kecelakaan kerja yang dapat terjadi nantinya.

Mendalami Masalah dan Mencari Solusinya

Setiap hal yang terkait dengan sumber daya manusia harus diperhatikan dengan baik oleh pihak manajemen. Sehingga ketika menemukan masalah harus segera dicarikan solusi terbaik dan paling tepat. Dengan begitu upaya untuk membangun kondisi kerja yang kondusif bisa terlaksana dengan baik serta lebih minim kendala di lapangan.

Setiap orang yang berada dalam manajemen sumber daya manusia memang harus yang sudah berpengalaman untuk melakukan berbagai tugas dan tanggung jawabnya. Mereka bertanggung jawab pula untuk semua sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut. Sehingga dalam menjalankan fungsi manajemen sumber daya manusia akan lebih optimal.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

WhatsApp Support Chat