Logo Markshare Training

3 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Toxic Productivity

3-tips-terhindar-toxic-productivity

Apakah produktif lambat laun akan membahayakan kesehatan kita? Jawabannya adalah jika melakukan sesuatu yang berlebihan maka dampaknya tentu akan tidak baik. Sama halnya dengan produktivitas, ketika kita melakukan hal yang produktif terlalu berlebih maka akan menimbulkan gangguan kesehatan pada mental dan juga fisik kita. WFH akhir-akhir ini, menuntut seseorang untuk bekerja dari rumah dan tidak heran sebagian beranggapan jika produktif atau melakukan banyak hal adalah indikator keberhasilan dalam berkarir. Padahal ada yang sering kita sebut dengan toxic productivity, yaitu produktivitas yang tidak baik, seperti kecenderungan workaholism atau kecanduan kerja. Ketika seseorang mengalaminya, ia akan membiarkan dirinya kelelahan tanpa kenal istirahat dalam bekerja.

Dalam hal ini, perusahaan juga harus memperhatikan bagaimana karyawan atau SDM nya mengelola dirinya dalam bekerja. Kompetisi dalam perusahaan pun terkadang menjadi alasan bagi karyawan untuk bekerja tak kenal lelah agar mencapai tujuan yang diinginkan. Maka dari itu, terdapat 3 hal yang harus diperhatikan agar tidak terjerat dalam toxic productivity, diantaranya

        1. Ingatlah untuk istirahat
          • Istirahat adalah hal yang harus dimiliki semua orang. Tidak hanya bekerja, tetapi seseorang juga harus punya waktu kapan ia tidak melakukan apa-apa, atau bahkan tidur. Buatlah peraturan dalam bekerja, misal selama 1 hari hanya bekerja selama 8-9 jam, sisanya dapat melakukan hal yang membuat pikiran dan badan lebih rilex. Dapat juga melakukan disela waktu bekerja, misal menyelipkan waktu untuk beristirahat dan merenggangkan badan selama 10 menit ketika bekerja. Cara ini tentu dapat dilakukan saat WFH, dan tidak ada salahnya untuk merebahkan diri sejenak untuk membuat otot tubuh tidak tegang.
        2. Buat target yang realistis
          • Mempunyai tujuan tidaklah salah, namun harus dibuat secara realistis dengan rencana yang matang. Rencana yang sudah dibuat usahakan bersifat fleksibel, karena terkadang ada kegiatan diluar agenda yang datang dan mengharuskan Anda merubah rencana yang sudah dibuat. Produktivitas bukanlah kompetisi.
        3. Ikuti kegiatan produktif yang bermanfaat dan menghasilkan
          • Produktif dapat sekali dilakukan dengan cara yang sehat, yaitu dengan mengikuti kegiatan program pelatihan karyawan, workshop, training online yang tentunya dapat menambah skill dan kinerja dalam perusahaan. Mengikuti kegiatan training online ketika WFH Juga merupakan produktivitas yang mempunyai manfaat lebih. Untuk mencari tahu program pelatihan apa yang cocok bagi Anda, silakan kunjungi Markshare yang merupakan institusi pelatihan dan konsultan untuk pengembangan SDM dalam perusahaan.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp Support Chat