Logo Markshare Training

3 Cara Membangun Budaya Organisasi yang Sehat di Perusahaan

budaya-organisasi-perusahaan

Membangun budaya organisasi bukanlah sesuatu yang mudah, namun ini adalah penentu faktor untuk perusahaan dapat bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Setiap perusahaan yang sudah mendunia memiliki budaya organisasi yang baik untuk diterapkan kepada karyawan saat bekerja. Budaya organisasi memiliki kaitannya dengan pembentukan SDM di perusahaan tersebut. Tentu saja ini merupakan proses jangka panjang, dimana harus mendapatkan dukungan dan persetujuan dari setiap manajemen dan karyawan di dalam perusahaan.

Maka dari itu, untuk dapat membangun dan menerapkan budaya organisasi dalam perusahaan, agar mendapat komitmen dari setiap karyawan, perhatikan cara-cara berikut ini :

 

1. Bentuklah dan komunikasikan visi dan misi perusahaan
      Setiap perusahaan harus memiliki visi dan misi untuk menjadi pondasi utama mencapai tujuan bersama. Visi dan misi dibuat tidak hanya dalam hitungan hari, namun perlu adanya konsultasi dengan pihak terkait yang juga ikut serta membangun perusahaan. Setelah itu jangan lupa untuk mengkomunikasikan kepada segenap karyawan agar dapat berjalan beriringan dengan tujuan yang diinginkan perusahaan.
2. Tentukan standar sikap yang harus dilakukan
      Setelah mengetahui visi dan misi perusahaan, mulailah dengan membuat dan mengembangkan standar sikap untuk mewujudkan visi dan misi tersebut. Apapun jabatan di perusahaan, semua harus melakukan sikap yang mencerminkan citra perusahaan. Misalnya adalah sebuah perusahaan yang mempunyai bisnis hotel, dimana semua karyawan dan manajemen mempunyai caranya sendiri untuk memperlakukan tamunya saat datang untuk memperlihatkan jika hotel yang mereka tempati adalah bintang 5. Standar yang diciptakan dapat dibuat secara tertulis dan dapat diukur.
3. Implementasikan pelatihan
      Standar tertulis sudah diterapkan, selanjutnya adalah memandu karyawan untuk dapat mengimplementasikannya dengan mengadakan pelatihan dan pengembangan SDM. Training karyawan ini dapat dilakukan secara offline ataupun pelatihan online untuk masa pandemi atau WFH saat ini. Training karyawan akan membantu untuk mengembangkan skill atau kemampuan dalam bekerja dan tentu saja hal ini akan mempermudah perusahaan untuk menerapkan budaya organisasi yang baik. Tidak hanya membuat budaya organisasi yang baik, tetapi juga memberikan fasilitas penunjang untuk setiap karyawan dapat menerapkannya dengan sehat.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp Support Chat