Leadership & Managerial Skills
- Date
9-10 September 2024
- Time
09:00-
15:00
- Location
Online via Zoom Meeting
Description
Jika membahas mengenai leadership dalam sebuah perusahaan, seorang leader tentu berperan penting dalam hal mewujudkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut, hal ini menjadi alasan mengapa training leadership sangat diperlukan. Pentingnya leadership perlu diketahui oleh para leader dimana pun berada. Terlebih lagi, adanya peran leader dikatakan menjadi sosok terpenting dalam menunjang kemajuan dalam Perusahaan. Training leadership akan selalu harus dilakukan oleh seorang leader, karena dengan informasi dan literasi tidak memunculkan bagaimana melakukan.
Kepemimpinan merupakan suatu kemampuan dalam diri seseorang yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengarahkan dorongan motivasi hingga mengawasi orang lain dalam menyelesaikan tugas yang telah direncanakan. Dengan adanya leadership, maka tujuan perusahaan dapat dicapai dengan mudah dan terstruktur. Selain itu, pentingnya leadership yang mengacu pada kemampuan seorang juga nantinya akan berpengaruh pada perkembangan organisasi yang dipimpinnya. Training leadership dirancang agar setelah mengikuti seorang pemmican mampu mengembangkan pemikirannya dan membuat suatu rancangan bagi kemajuan perusahaannya
Alasan pentingnya Kepemimpinan (Leadership) dalam perusahaan?
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, para leader memiliki peranan penting dalam tumbuh kembangnya perusahaan yang dipimpin. Apalagi dalam hal ini, keberadaan seorang leader memiliki alasan penting seperti berikut ini :Mampu membangun kerja sama antar tim
Hal utama yang menjadi alasan pentingnya leadership dalam sebuah perusahaan yakni lantaran seorang pemimpin mampu untuk membangun kerja sama antar tim. Kerja sama yang dibentuk nantinya akan solid dan mampu bekerja dengan baik dalam menghadapi masalah yang ada di perusahaan itu sendiri.
Berkembangnya rintangan yang dihadapi perusahaan
Seorang pemimpin juga harus berperan penting dalam membantu mengatasi permasalahan tersebut. Yakni dengan cara mencari solusi terbaik dengan menganalisa dan melakukan perhitungan yang tepat untuk mencari jalan keluar dari rintangan yang sedang dihadapi oleh perusahaan.
Mampu meningkatkan kualitas diri sendiri
Kepemimpinan yang baik bukan hanya menguntungkan bagi sebuah kelompok maupun perusahaan saja. Namun, juga memiliki manfaat penting bagi diri sendiri. Salah satunya yakni mampu meningkatkan kualitas pada diri seorang leader. Dengan kemampuan leadership yang baik, maka seorang leader akan memiliki sikap keuletan, kreativitas, kesabaran dan memiliki mawas diri yang baik dalam mengarahkan maupun memberikan keputusan terbaik pada tim.
Adanya sifat dan karakter yang berbeda pada setiap orang
Pentingnya leadership juga menjadi salah satu hal terpenting dalam menghadapi sifat dan karakter yang berbeda pada setiap orang yang bekerja di perusahaan yang dipimpin. Hal ini lantaran seorang leader mampu menjadi pelengkap dari setiap sifat dan karakter yang dimiliki oleh karyawan di perusahaan tersebut. Sehingga, sosok leader dikatakan sebagai penengah yang baik di antara perbedaan tersebut.
Tujuan
Topik
Day 1Tiga element penting dalam kepemimpinan. Leader versus Manager. Leadership style (Gaya kepemimpinan). Leadership type (tipe-tipe kepemimpinan). Leadership Communication. Tiga tahap komunikasi Hambatan dalam berkomunikasi. Six Thinking Hats – Personality Traits. Praktek dan Latihan gaya kepimpinan dan komunikasi. Leadership motivation. Motivasi by Abraham Maslow 10 cara membangun motivasi
Day 2 Review pelatihan hari ke-1 : Gaya dan type kepemimpinan, keahlian berkomunikasi dan motivasi. Menangani karyawan yang sulit (Handling difficult people) . Empat aspek menghadapi orang sulit. Set Priority : Eisenhower Matrix. Jack Welch and Difficult People Matrix. Praktek dan Latihan memotivasi karyawan yang sulit. Setting Individual Goal. Konsep SMART. Praktek dan Latihan membuat Individual Goal. Individual Performance Review. Do and Don’t dalam Individual Performance Review. Memberi dan menerima umpan balik. Iceberg Model – Give and Received Feedback. Konsep Johari Window. Do and Don’t dalam menerima dan memberikan umpan balik. Praktek dan Latihan menerima dan memberikan umpan balik.
Target Peserta
Staff, Supervisor dan Manager serta professional di Department lain yang ingin meningkatkan skill leadership untuk meningkatkan kualitas kerja dan Program Sumber Daya Manusia (SDM) Perusahaan.
Fasilitas dan Kelengkapan Training
1. E-Certificate 2.Softcopy Handout Materi