Logo Markshare Training

Customer Complaints Integrated Handling

Pengembangan SDM

18-19 Juni 2024

09:00-

15:00

Online via Zoom Meeting

Description

Setelah mencanangkan standard layanan, ketidaktepatan dalam produk akan ada saja terjadi dilapangan. Pelanggan akan mengalami ketidakpuasan dan berujung pada rasa tidak percaya. Sebelum hal itu terjadi maka perusahaan harus mampu membuat daftar kemungkinan kesalahan dan kegagalan dalam produk dan layanan. Program Customer Complaint handling ini dipersiapkan secara terintegrasi agar bila hal itu terjadi , maka perusahaan mampu membuat sistem yang terukur.
Customer Complaint Handling memampukan perusahaan membuat penanganan yang terstruktur dan sistemtatis. Customer Complaint Handling adalah harus dipersiapkan dengan proses penanganan yang sistemtis , terintegrasi , tepat dan cepat. Cepat menjadi kata kunci, karena waktu adalah parameter paling dapat dirasakan oleh pelanggan. Oleh karena itu sejumlah proses dan piranti proses yang tepat harus disiapkan agar penangan keluhan dapat mencapai kinerja terbaik
Tujuan
  • Memahami pentingnya penanganan keluhan pelanggan secara hati-hati dan proaktif untuk menjaga reputasi perusahaan yang positif
  • Mengenali beragam sumber keluhan pelanggan dan menerapkan strategi pencegahan yang tepat
  • Menguasai keterampilan dalam mengidentifikasi tipe-tipe pelanggan yang mengeluh dan menerapkan pendekatan komunikasi yang efektif
  • Mengembangkan kemampuan praktis dalam langkah-langkah penanganan keluhan pelanggan
  • Topik
    1. Pelayanan Prima dan Manajemen Keluhan
  • Konsep pelayanan prima sebagai fondasi utama dalam mengelola keluhan pelanggan.
  • Definisi dan prinsip-prinsip penting dalam manajemen keluhan.
    2. Analisis dan Prioritisasi Keluhan
  • Langkah-langkah dalam memprioritaskan keluhan berdasarkan tingkat frekuensi dan dampaknya terhadap pelanggan dan perusahaan.
  • Identifikasi penyebab umum keluhan pelanggan dan cara mereka mengkomunikasikan keluhan mereka.
    3. Penanganan dan Pemahaman Emosi Pelanggan
  • Tahapan emosi pelanggan saat menghadapi keluhan dan bagaimana memahaminya secara efektif.
  • Identifikasi jenis-jenis pelanggan yang sulit dan strategi penanganannya.
    4. Langkah-langkah Penanganan Keluhan
  • Penanganan keluhan, termasuk sambutan, fasilitasi, dan penyelesaian keluhan dengan cepat dan tepat.
  • Tahapan dalam menyusun laporan kronologis dari keluhan pelanggan.
    5. Peningkatan Pelayanan melalui Komplain Pelanggan
  • Strategi untuk menggunakan keluhan pelanggan sebagai peluang untuk pengembangan pelayanan dan motivasi kerja.
  • Mendisain kebijakan dan prosedur penanganan keluhan yang efektif untuk mendorong pelayanan yang lebih baik.
    6. Keterampilan Komunikasi dan Interpersonal dalam Penanganan Keluhan
  • Teknik komunikasi yang efektif dan keterampilan interpersonal yang dibutuhkan dalam menghadapi keluhan pelanggan.
  • Pengelolaan emosi, mendengarkan aktif, dan mengkomunikasikan solusi dengan jelas dan persuasif.
  • Simulasi situasi komplain.
    7. Evaluasi dan Pengukuran Kepuasan Pelanggan
  • Target Peserta
  • Para Manager layanan
  • Mengelola perusahaan
  • Fasilitas dan Kelengkapan Training
    1. E-Certificate
    2.Softcopy Handout Materi

    Cost

    Online

    Rp. 3.750.000/ Individu

    Rp. 3.500.000/ Individu (Min 3 Orang)

    Offline

    Rp. 5.500.000/ Individu

    Rp. 5.000.000/ Individu (Min 3 Orang)

    Status event

    Waiting

    WhatsApp Support Chat