Advance Secretary Development Program

- Date
01-02 Oktober 2025
- Time
09:00-
16:00
- Location
Hotel Jakarta
Description
Secretary memegang peranan penting dalam mempermudah kegiatan manajerial perusahaan, apapun bidang usaha perusahaan tersebut. Secretary Program training ini mengelola kemampuan seorang sekretaris dari waktu ke waktu yang dituntut untuk semakin handal, baik dalam memahami diri sendiri, maupun orang lain terutama dalam menangani berbagai pekerjaan kantor setiap harinya.
Workshop secretary program ini memberikan program pemantapan secara profesional. Secretary program ini juga dirancang khusus bagi berbagai industrial barang dan jasa.
Tujuan
Peserta akan mampu mengenali dirinya sendiri dan orang lain.
Peserta memahami pekerjaan teknis maupun pekerjaan yang bersifat relation
Peserta Mampu mengelola semua pekeraaj dengan efektif
Memahami lebih detail tatacara dan protokoler
Mampu membuar encana pengembangan diri sebagai secretaris profesional
Topik
Program Pelatihan Sekretaris Profesional
1. Pengembangan Diri & Keahlian
- Pilihan jenjang karir bagi sekretaris profesional.
- Kompetensi, keahlian, dan pengetahuan sekretaris profesional.
- Peran seorang sekretaris dalam suatu perusahaan.
- Konsep service excellent dengan model CARRE in 3C’s.
2. Teknik Komunikasi dan Negosiasi Efektif
- Memahami perilaku atasan, rekan kerja, dan pihak eksternal.
- Berkomunikasi yang efektif dengan atasan, rekan kerja, dan pihak eksternal.
- Membangun hubungan kerja dengan atasan dan organisasi perusahaan secara keseluruhan.
- Menghadapi keluhan atasan dan rekan kerja.
- Menyelesaikan keluhan atasan dan rekan kerja secara efisien.
3. Mengelola Hubungan dengan Direksi, Managerial, dan Pihak Eksternal
- Berkomunikasi secara efektif dengan mempergunakan teknik: tiru, samakan, pimpin.
- Kiat disenangi lawan bicara hanya dengan 5 menit pertama.
- Mempelajari 5 bahasa tubuh utama.
- Menyampaikan maksud dan tujuan dengan efektif.
4. Latihan, Keahlian Komunikasi ala NLP
- Cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan telepon.
- Cara bertelepon yang efektif baik telepon masuk dan telepon keluar.
- Membuat script menggunakan telepon secara efektif dan lebih profesional.
- Mempelajari karakteristik suara dari setiap orang.
5. Manajemen Event Korporat
- Desain dan bentuk-bentuk tata ruang untuk meeting, annual plan, RUPS, sosialisasi kegiatan perusahaan dan training.
- Peranan seorang sekretaris menjadi MC dalam event perusahaan.
6. Manajemen Ruang Kerja Dengan Prinsip Lean Office
- Konsep 5 S dan penerapannya di tempat kerja.
- Pilar Utama Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), dan Shitsuke (Rawat).
- Pilar Utama Seiketsu (Rajin) dan integrasi kelima pilar.
- Studi kasus.
7. Pengelolaan Dokumen & Filing Berdasarkan Sistem ALFRED
- Membuat rekap file dari berbagai dokumen.
- Klasifikasi file, penilaian file, dan membuat tabel ALFRED.
- Membedakan arsip dinamis dan arsip statis.
- Membuat jadwal retensi dari file.
- Ketrampilan lainnya dalam mengelola file.
- Pilihan jenjang karir bagi sekretaris profesional.
- Kompetensi, keahlian, dan pengetahuan sekretaris profesional.
- Peran seorang sekretaris dalam suatu perusahaan.
- Konsep service excellent dengan model CARRE in 3C’s.
- Memahami perilaku atasan, rekan kerja, dan pihak eksternal.
- Berkomunikasi yang efektif dengan atasan, rekan kerja, dan pihak eksternal.
- Membangun hubungan kerja dengan atasan dan organisasi perusahaan secara keseluruhan.
- Menghadapi keluhan atasan dan rekan kerja.
- Menyelesaikan keluhan atasan dan rekan kerja secara efisien.
- Berkomunikasi secara efektif dengan mempergunakan teknik: tiru, samakan, pimpin.
- Kiat disenangi lawan bicara hanya dengan 5 menit pertama.
- Mempelajari 5 bahasa tubuh utama.
- Menyampaikan maksud dan tujuan dengan efektif.
- Cara berkomunikasi yang baik dengan menggunakan telepon.
- Cara bertelepon yang efektif baik telepon masuk dan telepon keluar.
- Membuat script menggunakan telepon secara efektif dan lebih profesional.
- Mempelajari karakteristik suara dari setiap orang.
- Desain dan bentuk-bentuk tata ruang untuk meeting, annual plan, RUPS, sosialisasi kegiatan perusahaan dan training.
- Peranan seorang sekretaris menjadi MC dalam event perusahaan.
- Konsep 5 S dan penerapannya di tempat kerja.
- Pilar Utama Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), dan Shitsuke (Rawat).
- Pilar Utama Seiketsu (Rajin) dan integrasi kelima pilar.
- Studi kasus.
- Membuat rekap file dari berbagai dokumen.
- Klasifikasi file, penilaian file, dan membuat tabel ALFRED.
- Membedakan arsip dinamis dan arsip statis.
- Membuat jadwal retensi dari file.
- Ketrampilan lainnya dalam mengelola file.
- Sekretaris (Sekretaris Direktur Utama, Sekretaris Direktur, Sekretaris Eksekutif, Sekretaris Manajer)
- Bagian kesekretariatan, Personal Assistant, Office Manager, Staff Administrasi
- Mereka yang tertarik dengan bidang kesekretarisan
Program Pelatihan Sekretaris Profesional
1. Pengembangan Diri & Keahlian
2. Teknik Komunikasi dan Negosiasi Efektif
3. Mengelola Hubungan dengan Direksi, Managerial, dan Pihak Eksternal
4. Latihan, Keahlian Komunikasi ala NLP
5. Manajemen Event Korporat
6. Manajemen Ruang Kerja Dengan Prinsip Lean Office
7. Pengelolaan Dokumen & Filing Berdasarkan Sistem ALFRED
Target Peserta
Fasilitas dan Kelengkapan Training
1. E-Certificate 2.Softcopy Handout Materi