Logo Markshare Training

Urutan Jabatan Dalam Perusahaan

struktur bagan jabatan

Urutan Jabatan Yang Biasanya Umum Ada Di Dalam Perusahaan

Urutan jabatan dalam perusahaan penting untuk dimiliki dalam sebuah kegiatan operasional perusahaan karena agar roda bisnis bisa berjalan dengan lancar, efektif, dan efisien, maka setiap SDM yang ada di dalam organisasi perusahaan bekerja menurut posisi dan jabatannya masing-masing. Setiap perusahaan bisa jadi memiliki struktur jabatan yang berbeda, namun dalam perusahaan umum biasanya perusahaan tersebut memiliki dewan direksi yang kemudian di bawahnya ada direktur utama, direktur keuangan, direktur personalia, dan direktur. Kemudian di bawah direktur ada posisi manajer-manajer yang masing-masing manajer bertanggung jawab atas divisi atau departemen-departemen yang ada di dalam perusahaan tersebut. Lebih lanjutnya berikut adalah urutan jabatan yang umum ada di dalam perusahaan.

Direksi

Umumnya dewan direksi terdiri dari 1 orang direktur utama, 3 orang wakil direktur, dan 6 orang direktur. Tugas utamanya adalah untuk sebagai pimpinan umum dalam perusahaan dan menentukan arah serta visi misi perusahaan. Dewan direksi juga memiliki wewenang dan kendali secara penuh serta memiliki tanggung jawab secara menyeluruh terhadap pengembangan perusahaan. Direksi biasanya mengadakan rapat secara formal atau rapat rutin yang sudah ditentukan serta rapat informal untuk membahas mengenai isu-isu yang harus segera dibahas dan tidak bisa menunggu waktu rapat rutin selanjutnya.

Direktur Utama

Urutan jabatan dalam perusahaan tertinggi yang bisa diduki oleh perorangan adalah direktur utama. Tugasnya antara lain adalah melakukan koordinasi dalam segala bentuk kegiatan di bidang administrasi keuangan, kepegawaian, dan kesekretariatan. Dirut juga memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta kekayaan perusahaan. Dirut juga menjadi pelaksana dari tugas yang diberikan oleh Dewan Direksi sehingga segala macam kebijakan dan keputusan yang dilakukan tanggung jawabnya adalah kepada direksi serta berbagai macam tugas normatif maupun teknis lainnya.

Direktur

Direktur sebagai pimpinan dari perusahaan membawahi manajer-manajer yang memimpin divisi operasional di perusahaan. Ia adalah orang yang menentukan prosedur kerja dan juga misi dan tugas untuk manajer sesuai dengan divisi yang dipimpinnya. Direktur juga melakukan pengawasan, mengontrol, dan juga melakukan koordinasi  kegiatan dari manajer secara berkala. Penyusunan program kerja perusahaan jangka pendek juga merupakan tanggung jawab dari direktur, plus mengadakan pengangkatan tenaga kerja, pemberhentian ataupun pemindahan, beserta mengatur gaji karyawannya.

Direktur keuangan dan direktur personalia

Sesuai dengan namanya, direktur keuangan adalah pimpinan yang bertanggung jawab terhadap finansial perusahaan sedangkan direktur personalia adalah pimpinan yang memegang kendali atas sumber daya manusia perusahaan. Direktur keuangan adalah orang yang berhak untuk meminta pertanggung jawaban keuangan dari masing-masing struktur perusahaan di bawahnya, serta mengatur prosedur operasional agar tidak terjadi kebocoran keuangan yang bisa merugikan perusahaan.

Manajer

Manajer memiliki hubungan langsung terhadap tenaga kerja dan sumber daya manusia yang memiliki fungsi teknis operasional di dalam sebuah perusahaan. Bisa dibilang manajer memiliki fungsi sebagai pemimpin dari SDM yang ada di perusahaan dan menghubungkan SDM dengan pimpinan struktur jabatan di atas. Tugas umum manajer sebagai urutan jabatan dalam perusahaan yang berada di tengah antara lain adalah memberikan pengarahan dan bertindak sebagai supervisor, melakukan seleksi, pengembangan SDM, dan juga pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM. Manajer juga membuat sistem komunikasi termasuk memberikan penilaian serta reward kepada SDM. Dalam perusahaan biasanya ada manajer umum ada juga manajer yang memiliki fungsi lebih spesifik misalnya manajer personalia, manajer pemasaran, manajer pabrik, dan juga admin  gudang.

Membangun sebuah bisnis tentu dilengkapi dengan berbagai persiapan tidak hanya dari segi infrastruktur tetapi juga kesiapan membangun team untuk bekerja. Salah satu caranya adalah dengan membekali sumber daya manusia untuk menjadi individu atau tim yang berkualitas yang berdaya saing, apalagi jika saat ini kebanyakan perusahaan melakukan WFH sehingga kualitas kinerja tetap harus dijaga dengan baik. Berbagai pelatihan dan pengembangan SDM perlu dilakukan guna menemukan skill kerja dari setiap karyawan. Markshare selalu menjadi yang utama dalam memberikan training karyawan baik dalam seminar online maupun tatap muka. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai online training dan berbagai program yang kami sediakan.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

WhatsApp Support Chat