Logo Markshare Training

Training Sertifikasi HRD Terbaik: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Kompetensi SDM Anda

campaign-creators-gMsnXqILjp4-unsplash
Beranda » Blog » Training Sertifikasi HRD Terbaik: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Kompetensi SDM Anda

Table of Contents

Rekomendasi Training Sertifikasi HRD : Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Kompetensi SDM

Sobat Markshare, Pernahkah Anda merasa kewalahan dengan dinamika dunia HRD yang terus berubah? Atau mungkin Anda merasa jalan menuju kesuksesan karier di bidang ini terasa berliku dan penuh rintangan? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian!

Di era digital yang serba cepat ini, para profesional HRD dituntut untuk tidak hanya piawai dalam administrasi kepegawaian, tetapi juga menjadi ahli strategi dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia. Inilah saatnya untuk mengubah tantangan menjadi peluang emas melalui training sertifikasi HRD.

Sertifikasi HRD bukan sekadar pengakuan formal, melainkan sebuah perjalanan transformasi yang akan membekali Anda dengan pengetahuan terkini, keterampilan yang relevan, dan jaringan profesional yang luas. Bayangkan diri Anda sebagai seorang ahli HRD yang disegani, mampu menghadapi segala tantangan dengan percaya diri, dan membuka pintu menuju peluang karier yang tak terbatas.

Artikel ini akan menjadi panduan lengkap Anda dalam menjelajahi dunia training sertifikasi HRD. Kami akan mengupas tuntas manfaat sertifikasi, memberikan rekomendasi training terbaik, serta membekali Anda dengan tips sukses menghadapi ujian sertifikasi. Mari bersama-sama kita raih puncak kesuksesan di bidang HRD!

Memahami Pentingnya Sertifikasi HRD

Dalam lanskap bisnis yang kompetitif, peran Human Resources Development (HRD) telah berevolusi menjadi lebih strategis. Profesional HRD dituntut untuk tidak hanya mengelola administrasi kepegawaian, tetapi juga berperan sebagai mitra strategis bagi perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusia yang menjadi aset paling berharga.

Sertifikasi HRD hadir sebagai bukti kompetensi dan profesionalisme yang diakui secara luas. Ini bukan hanya sekadar selembar kertas, melainkan investasi berharga untuk meningkatkan kredibilitas, daya saing, dan peluang karier Anda. Dengan sertifikasi, Anda membuktikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan kompleks dalam pengelolaan SDM.

Manfaat Mengikuti Training Sertifikasi HRD

1.Peningkatan Kompetensi: Training sertifikasi HRD akan membekali Anda dengan pengetahuan terbaru dan praktik terbaik dalam berbagai bidang HRD, seperti rekrutmen, pelatihan, pengembangan karier, manajemen kinerja, kompensasi dan benefit, serta hubungan industrial.
2.Pengakuan Profesional: Sertifikasi HRD yang diakui secara internasional akan meningkatkan kredibilitas dan reputasi Anda sebagai seorang profesional HRD yang kompeten.
3.Peluang Karier yang Lebih Luas: Sertifikasi HRD membuka pintu bagi peluang karier yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri. Perusahaan cenderung memprioritaskan kandidat yang memiliki sertifikasi HRD.
4.Jaringan Profesional yang Luas: Training sertifikasi HRD memberikan kesempatan untuk membangun jaringan profesional dengan sesama peserta dan praktisi HRD lainnya. Jaringan ini dapat menjadi sumber informasi, dukungan, dan peluang kolaborasi di masa depan.
5.Peningkatan Gaji dan Benefit: Profesional HRD yang memiliki sertifikasi cenderung mendapatkan gaji dan benefit yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak memiliki sertifikasi.

Memilih Training Sertifikasi HRD Terbaik

Dengan begitu banyaknya penyedia training sertifikasi HRD yang tersedia, memilih yang terbaik bisa menjadi tugas yang membingungkan. Namun, jangan khawatir! Berikut adalah beberapa faktor kunci yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih training sertifikasi HRD yang tepat:

Reputasi Penyedia: Pastikan penyedia training memiliki reputasi yang baik dan diakui di industri HRD. Anda dapat mencari informasi tentang pengalaman peserta sebelumnya, akreditasi, dan penghargaan yang telah diraih oleh penyedia training tersebut.
Kurikulum yang Komprehensif: Periksa apakah kurikulum training mencakup semua aspek penting dalam HRD, sesuai dengan bidang spesialisasi yang Anda minati. Kurikulum yang komprehensif akan memastikan Anda mendapatkan pengetahuan yang menyeluruh dan mendalam.
Metode Pembelajaran yang Efektif: Pilih training yang menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan efektif, seperti studi kasus, simulasi, diskusi kelompok, dan tugas-tugas praktis. Metode pembelajaran yang bervariasi akan membantu Anda memahami materi dengan lebih baik dan meningkatkan keterampilan praktis Anda.
Instruktur yang Berpengalaman: Pastikan instruktur training memiliki pengalaman praktis yang relevan dan pengetahuan mendalam di bidang HRD. Instruktur yang berpengalaman akan dapat memberikan wawasan berharga dan membimbing Anda dalam proses pembelajaran.
Biaya dan Jadwal: Pertimbangkan biaya training dan jadwal yang sesuai dengan anggaran dan ketersediaan waktu Anda. Bandingkan biaya dan jadwal dari beberapa penyedia training untuk mendapatkan pilihan terbaik.
Dukungan Pasca Training: Tanyakan tentang dukungan pasca training yang disediakan oleh penyedia, seperti akses ke materi pembelajaran online, forum diskusi, atau sesi konsultasi dengan instruktur. Dukungan pasca training akan membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian sertifikasi dan menerapkan pengetahuan yang telah Anda peroleh di tempat kerja.

Rekomendasi Training Sertifikasi HRD Terbaik

Untuk membantu Anda dalam memilih, berikut adalah beberapa rekomendasi training sertifikasi HRD terbaik yang diakui secara internasional:

Certified Professional in Human Resources (PHRi) dan SPHRi: Sertifikasi global yang ditawarkan oleh HR Certification Institute (HRCI), diakui secara luas di seluruh dunia. PHRi cocok untuk profesional HRD pemula, sedangkan SPHRi ditujukan untuk profesional HRD senior yang ingin meningkatkan karir mereka ke jenjang yang lebih tinggi.
SHRM Certified Professional (SHRM-CP) dan SHRM Senior Certified Professional (SHRM-SCP): Sertifikasi yang berfokus pada kompetensi strategis HRD, ditawarkan oleh Society for Human Resource Management (SHRM). SHRM-CP cocok untuk profesional HRD pemula, sedangkan SHRM-SCP ditujukan untuk profesional HRD senior yang ingin mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan pengambilan keputusan strategis.
Certified Human Resources Leader (CHRL): Sertifikasi yang berfokus pada kepemimpinan HRD, ditawarkan oleh Human Resources Professionals Association (HRPA) di Kanada. CHRL sangat cocok bagi Anda yang bercita-cita menjadi pemimpin HRD yang efektif dan inspiratif.
Associate Professional in Human Resources International (aPHRi): Sertifikasi internasional yang dirancang untuk profesional HRD pemula, ditawarkan oleh HRCI. aPHRi adalah langkah awal yang baik untuk memulai perjalanan sertifikasi Anda di bidang HRD.

Selain itu, ada juga beberapa penyedia training sertifikasi HRD terkemuka di Indonesia, seperti:

Markshare Training: Menawarkan program Certified Human Resources Professional (CHRP) yang komprehensif dan diakui secara nasional dengan pengalaman belasan tahun sejak 2010.
Gadjian Academy: Startup platform HR yang Bekerja sama dengan praktisi HRD untuk menawarkan program Certified Human Capital Practitioner (CHCP).
Kazian School of Management: Menyediakan berbagai program training sertifikasi HRD, termasuk Certified Human Resources Management Professional (CHRMP) yang diakui secara global.

Persiapan Menghadapi Ujian Sertifikasi HRD

Setelah Anda memilih training sertifikasi HRD yang tepat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri menghadapi ujian sertifikasi. Ujian sertifikasi HRD biasanya meliputi tes tertulis yang menguji pengetahuan Anda tentang berbagai aspek HRD, seperti rekrutmen, pelatihan, pengembangan karier, manajemen kinerja, kompensasi dan benefit, serta hubungan industrial.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian sertifikasi HRD:

Pelajari Materi dengan Seksama: Gunakan buku teks, materi training, dan sumber belajar lainnya untuk mempelajari materi ujian dengan seksama. Buat catatan ringkas, diagram, atau mind map untuk membantu Anda mengingat informasi penting.
Latihan Soal: Kerjakan latihan soal sebanyak mungkin untuk menguji pemahaman Anda dan membiasakan diri dengan format ujian. Latihan soal juga akan membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.
Ikuti Uji Coba: Jika penyedia training menawarkan uji coba, manfaatkan kesempatan ini untuk mengukur kesiapan Anda dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Uji coba juga akan membantu Anda mengurangi kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda.
Kelola Waktu dengan Efektif: Pada saat ujian, kelola waktu Anda dengan efektif agar dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik. Jangan terlalu lama terpaku pada satu pertanyaan yang sulit. Jika Anda merasa buntu, lanjutkan ke pertanyaan berikutnya dan kembali lagi nanti jika masih ada waktu.
Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik: Pastikan Anda dalam kondisi sehat dan bugar pada saat ujian agar dapat berkonsentrasi dengan baik. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan berolahraga secara teratur akan membantu Anda menjaga stamina dan fokus.
Berdoa dan Bersikap Positif: Jangan lupa untuk berdoa dan menjaga sikap positif. Percayalah pada diri sendiri dan kemampuan Anda.

Kesimpulan

Sobat Markshare, Training sertifikasi HRD adalah investasi berharga untuk masa depan karier Anda. Dengan mengikuti training sertifikasi HRD, Anda akan mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengakuan profesional yang dibutuhkan untuk sukses di bidang HRD.

Jangan ragu untuk mengambil langkah pertama menuju kesuksesan karier Anda. Pilih training sertifikasi HRD yang tepat, persiapkan diri dengan matang, dan raih sertifikasi yang akan membuka pintu bagi peluang karier yang tak terbatas.

Ingin Konsultasi Lebih Dalam atau Mengikuti Pelatihan Sertifikasi HRD?

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang sertifikasi HRD atau ingin mengikuti pelatihan sertifikasi HRD bersama Markshare Training, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan dengan senang hati membantu Anda mencapai tujuan karier Anda di bidang HRD.

Markshare Training adalah penyedia pelatihan sertifikasi HRD terkemuka di Indonesia. Kami menawarkan berbagai program pelatihan sertifikasi HRD yang komprehensif dan berkualitas, dibimbing oleh instruktur berpengalaman dan praktisi HRD terkemuka.

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan memulai perjalanan Anda menuju sertifikasi HRD!

Referensi :

HR Certification Institute (HRCI): https://www.hrci.org/
Society for Human Resource Management (SHRM): https://www.shrm.org/
Human Resources Professionals Association (HRPA): https://www.hrpa.ca/
Name
Comment
WhatsApp Support Chat