Logo Markshare Training

5 Tips untuk Tetap Produktif Saat WFH

5-tips-produktif-saat-wfh

Produktivitas kerja menjadi sesuatu yang terus ingin dipertahankan oleh seseorang atau bahkan perusahaan. Apalagi saat ini keadaan yang tidak menentu seperti adanya Covid-19 membuat beberapa perusahaan mengharuskan untuk WFH atau Work from Home. Pandemi tidak pernah diketahui kapan berakhirnya, namun mau tidak mau pekerjaan tetap harus berjalan karena bisnis yang sedang dikembangkan. Maka dari itu work from home (WFH) menjadi pilihan tepat dan juga menjadi tantangan tersendiri bagi karyawan dan perusahaan untuk tetap dapat berkoordinasi dari mana pun. Sebenarnya tidak ada yang berbeda jauh antara pekerjaan di kantor dan juga mengerjakan dari rumah, hanya saja tingkat kedisiplinan dan juga produktivitas harus tetap dijaga.

Ada beberapa tips untuk tetap produktif kerja saat melakukan work from home (WFH), diantaranya :

  1. Persiapkan diri untuk memulai work from home (WFH)
    • Bangun pagi, bersiap diri dan menggunakan pakaian terbaik untuk bekerja sangat disarankan untuk kamu yang bekerja hanya dari rumah saja. Mengapa? karena jika kita memulai hari dengan mindset bermalas-malasan maka kita akan malas juga untuk bekerja secara WFH. Memakai pakaian terbaik sama seperti saat pergi ke kantor akan menaikkan mood dan juga membuat kita semakin semangat melakukan pekerjaan kantor dari rumah.
  2. Buatlah to do list
    • Membuat to do list sebelum bekerja akan membantu Anda dalam bekerja secara efektif dan produktif. To do list sangat diperlukan ketika bekerja secara WFH, sehingga kita akan tahu kapan waktunya menyelesaikan pekerjaan dan kapan waktunya untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Tidak dipungkiri WFH akan sangat besar peluangnya untuk kita teralihkan fokusnya kepada pekerjaan rumah.
  3. Mempunyai ruang kerja sendiri
    • WFH pasti membutuhkan space untuk bekerja, entah di sudut kamar atau di ruangan tersendiri di rumah. Hal ini akan memudahkan untuk berkonsentrasi saat bekerja, dan juga tidak tergiur untuk bermalas-malasan di kamar pada saat jam kerja. Aturlah sudut ruangan untuk mendapatkan ruang kerja tersendiri agar semakin nyaman dalam bekerja. Apalagi jika sedang melakukan meeting, webinar atau online training karyawan, maka diperlukan ruangan yang tenang dan nyaman saat mengikutinya.
  4. Disiplin waktu kerja
    • Menetapkan waktu kerja seperti pada saat di kantor. Jika tidak begitu maka akan ada dua hal yang terjadi saat WFH, pertama adalah bekerja sampai lupa waktu atau sedikit bekerja dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Maka dari itu menentukan jam kerja saat di rumah juga menjadi salah satu tips agar tetap produktif.
  5. Tetap aktif mengembangkan diri dengan mengikuti acara yang diselenggarakan kantor secara online
    • Keikutsertaan dalam suatu acara kantor tentu akan menambah komunikasi antar karyawan dan divisi. Banyak perusahaan yang sudah melakukannya seperti game karyawan secara online, webinar, program pelatihan secara online dan sebagainya. Ikutilah acara tersebut agar produktivitas semakin terjaga saat WFH


Itulah 5 tips produktif kerja saat WFH yang dapat dilakukan. Sehingga saat melakukan WFH tentu tidak perlu khawatir jika pekerjaan tidak terselesaikan. Untuk tetap menjaga performa saat bekerja, ada baiknya untuk tetap aktif mengikuti berbagai pelatihan dan program untuk pengembangan karir. Anda dapat mengikuti berbagai program pelatihan seperti online training karyawan yang sudah disediakan oleh Markshare untuk kebutuhan Anda dan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp Support Chat