Pada momen tertentu, Anda perlu membuat sebuah presentasi bisnis sebagai seorang pebisnis. Presentasi sangat penting baik untuk membagikan visi Anda pada karyawan, mencari investor, seminar, negosiasi dengan klien, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana sih merebut peluang bisnis melalui presentasi? Yuk simak tips presentasi bisnis yang efektif berikut ini.

Tips Presentasi Bisnis yang Tepat dan Efektif

Presentasi yang efektif dan menarik kuncinya terdapat pada persiapan yang memadai dan matang. Tidak hanya itu, hal itu juga bersandar pada teknik presentasi yang baik. Jika Anda ingin semakin handal dalam presentasi—terutama dalam ranah bisnis, berikut beberapa tips jitu yang dapat Anda ikuti.

  1. Menunjukkan Kredibilitas Anda
    Presentasi yang baik tentu harus dapat meraih kepercayaan dan perhatian audiens. Nah, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menunjukkan kredibilitas Anda sebagai presentator. Anda dapat menyampaikan cerita singkat mengenai latar belakang Anda yang memiliki kaitan dengan topik yang Anda bawakan. Dengan begitu, audiens akan percaya dengan apa yang Anda sampaikan pada presentasi tersebut.
  2. Mulai Bercerita
    Tips selanjutnya adalah mulai bercerita. Anda bisa menyampaikan pesan dan makna dengan cara yang lebih menarik dengan bercerita. Cerita yang menarik akan membuat audiens lebih antusias terhadap presentasi Anda dan menyukainya.
    Jika Anda bisa bercerita dengan menarik, maka audiens tidak akan merasa bosan atau mengantuk. Anda juga dapat membuat para audiens merasa terhubung dengan Anda melalui cerita tadi.
  3. Variasi Template Slide
    Cara membuat presentasi bisnis yang efektif lainnya adalah dengan menerapkan berbagai variasi template pada slide presentasi Anda. Apalagi, di internet sekarang banyak template presentasi yang bisa diunduh secara gratis.
    Jangan ragu untuk membuat tampilan slide menjadi lebih menarik dan unik dengan mengubah warna atau menambahkan ikon dan gambar. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk memerhatikan pemilihan font huruf yang Anda gunakan. Pastikan jika pemilihan jenis huruf tersebut dapat dibaca secara jelas oleh para penonton.
    Agar lebih menarik lagi, Anda juga dapat menambahkan media lain seperti foto, suara, dan bahkan video. Dengan begitu, presentasi Anda akan menjadi semakin menarik.
  4. Buatlah Materi yang Solid
    Pastikan bahwa materi yang akan Anda sampaikan relevan dan sesuai dengan keperluan audiens. Materi presentasi yang baik adalah materi yang memiliki isi yang bermutu, kredibel, dan memiliki struktur yang baik. Selain itu, sampaikan juga materi dengan batas waktu yang disediakan.
  5. Cukup Tiga Poin
    Apakah Anda merasa materi presentasi Anda bertele-tele? Jika begitu, Anda dapat memotong poin-poin yang sekiranya terlalu banyak menjadi tiga poin saja.
    Kebanyakan orang tidak akan mengingat sepuluh poin yang Anda paparkan. Mengingat manusia mempunyai attention span yang sangat rendah, maka pastikan Anda mempresentasikan hal-hal yang penting dan tidak bertele-tele. Pastikan presentasi bisnis Anda singkat dan padat. Namun, di sisi lain masih meninggalkan kesan yang baik dan mendalam pada audiens.
  6. Mencoba untuk Beretorika
    Salah satu cara membuat presentasi Anda menarik di mata audiens adalah dengan memberikan pertanyaan retoris. Dengan melontarkan pertanyaan jenis ini, Anda bisa membuat audiens turut terlibat dengan logika berpikir yang Anda gunakan di dalam materi presentasi. Tujuannya adalah membuat audiens menyetujui gagasan yang Anda sampaikan.
    Walau begitu, Anda perlu berhati-hati saat memilih retorika. Pastikan retorika tersebut sesuai dengan konteks yang Anda perlukan dalam presentasi bisnis tersebut. Pertimbangkan juga siapa yang menjadi audiens dan kira-kira bagaimana isi pikiran mereka. Jadi, Anda bisa lebih mudah membangun narasi yang sesuai.
  7. Menyiapkan Jawaban
    Menyiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mungkin terlontar dari audiens merupakan salah satu cara membuat presentasi bisnis yang efektif. Misalnya, Anda bisa menyiapkan daftar pertanyaan sendiri. Siapkan diri Anda juga untuk menghadapi pertanyaan yang sulit.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai tips membuat presentasi bisnis yang efektif dan dapat membantu Anda meraih peluang bisnis. Ingin mengetahui lebih banyak mengenai bisnis? Atau, Anda ingin mengadakan pengembangan karyawan perusahaan?

Nah, Markshare dapat menjadi jawaban terbaik! Dengan berbagai pengembangan SDM dan pelatihan karyawan, Markshare dapat membantu Anda memajukan perusahaan Anda. Apalagi, sekarang kelas-kelas Markshare makin mudah diikuti dengan adanya online training. Tertarik mencoba?



Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat