Saat di era normal baru, terdapat berbagai perubahan di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah mengenai bagaimana setiap perusahaan merekrut dan melakukan penyaringan terhadap calon karyawan baru.

Cara wawancara kerja banyak berubah, bahkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan juga berubah. Lebih tepatnya, terdapat beberapa pertanyaan baru yang sesuai dengan cara kerja baru yang diterapkan pada era normal baru.

Lantas, bagaimana sih cara menjawab interview kerja di masa new normal? Yuk simak tips lengkapnya berikut ini!

 

Tips Menghadapi Interview Kerja di Era New Normal

  1. Aplikasi Video Call dan Koneksi Internet Berjalan Baik
    Mengingat interview kerja di era normal baru dilakukan secara virtual, maka Anda harus memastikan jika aplikasi video call yang sudah ditentukan oleh perusahaan bisa digunakan dengan baik. Tidak hanya itu, pastikan juga koneksi internet Anda tidak mengalami gangguan agar nantinya tidak menghambat proses wawancara.
    Jika Anda menggunakan aplikasi Zoom, pilihlah latar belakang yang netral. Pastikan juga ruangan yang Anda gunakan cukup terang dan rapi. Jangan sampai orang yang akan mewawancarai Anda melihat kamar tidur yang berantakan atau jemuran. Dengan memperhatikan detail tersebut, Anda sudah memperlihatkan profesionalisme yang nantinya akan memberikan kesan baik pada pihak pewawancara.
  2. Mengingat dan Menyebutkan Nama Pewawancara
    Walaupun tampak sepele dan sederhana, tetapi hal ini patut dilakukan. Hal tersebut dikarenakan pewawancara cenderung akan lebih memperhatikan dan mengingat pelamar yang menyebutkan nama mereka. Selain itu, Anda bisa menunjukkan minat yang tulus pada apa saja yang dikatakan oleh pihak pewawancara. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan nilai pada percakapan yang terjalin dan membangun kepercayaan.
  3. Berpakaian Rapi
    Walaupun wawancara kerja dilaksanakan secara virtual, akan tetapi Anda tetap harus berpenampilan rapi. Perlu dicatat bahwa penampilan menjadi faktor yang penting dalam penilaian saat wawancara. Gunakan pakaian sesuai dress code yang telah ditentukan atau jika tidak ada dress code dari pihak perusahaan, usahakan tetap memakai pakaian yang rapi dan sopan.
  4. Mengucapkan Terima Kasih
    Wawancara virtual tetap saja menjadi momen yang berharga. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada pewawancara begitu sesi wawancara selesai atas waktu yang sudah mereka luangkan.

Cara Menjawab Interview Kerja

Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di saat wawancara virtual di era normal baru.

  1. “Bagaimana Anda menghadapi pandemi ini?”
    Pertanyaan ini mungkin saja menjadi pembuka wawancara selama pandemi. Lalu, bagaimana cara menjawabnya? Nah, Anda tidak perlu menjelaskannya secara gamblang dan detail. Walau begitu, tidak ada salahnya untuk menjelaskan mengenai perjuangan dan kesulitan yang Anda alami. Jelaskan juga bagaimana Anda beradaptasi serta apa saja yang sudah Anda lakukan dalam mengatasi masalah dan kesulitan tersebut.
  2. “Bagaimana pandemi ini berefek pada rencana karier Anda?”
    Pertanyaan ini diajukan untuk melihat apa yang Anda inginkan dari karier Anda selanjutnya. Tidak hanya itu, pertanyaan tersebut juga secara implisit diajukan untuk mengetahui apakah Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang dilamar.
    Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan penjelasan singkat dan lugas. Pertanyaan ini merupakan kesempatan yang baik untuk menjelaskan perjalanan karier Anda serta menunjukkan apa saja keahlian yang Anda miliki.
  3. “Apakah Anda Pernah WFH (Work from Home)? Apa saja hambatan dan tantangan yang ditemui dan bagaimana Anda beradaptasi?”
    Pertanyaan lain yang sering ditanyakan adalah mengenai pengalaman Anda bekerja dari rumah atau yang sering dikenal dengan WFH. Dari pertanyaan ini, pihak pewawancara ingin mengetahui apakah Anda merupakan orang yang mudah beradaptasi dan tetap dapat bekerja walaupun secara jarak jauh.
    Jawab sesuai dengan yang sudah Anda alami. Jika sebelumnya Anda belum pernah WFH, Anda bisa memaparkan langkah-langkah yang mungkin dapat ditempuh sehingga bekerja di rumah dapat berjalan secara lancar.
  4. “Apa skill atau keahlian baru yang Anda pelajari selama beberapa waktu belakangan?”
    Nah, cara menjawab interview kerja pada pertanyaan ini adalah dengan menceritakan mengenai webinar yang Anda hadiri, berbagai kelas yang Anda ikuti, atau bisa jadi kursus yang Anda lakukan untuk menambah keahlian.

Itu dia tips-tips menghadapi wawancara kerja beserta cara menjawab interview kerja di era new normal yang patut Anda ketahui. Nah, agar wawancara kerja nanti makin lancar dan optimal, menambah skill dan pengetahuan baru dapat menjadi pilihan yang tepat.

Jika Anda ingin mengembangkan diri demi karier yang lebih baik, Markshare adalah solusi terbaik untuk itu. Dengan berbagai program pelatihan seperti pelatihan karyawan dengan berbagai topik yang sangat menarik dan relevan, Markshare merupakan pilihan yang tepat untuk menambah skill. Yuk daftar kelasnya sekarang juga!


Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat