Dalam menjalankan bisnis, negosiasi adalah sebuah hal yang sering dilakukan. Negosiasi bisnis merupakan salah satu cara yang penting untuk mengembangkan bisnis dan membangun partner kerja yang baik.
Sayangnya, tidak semua orang menguasai teknik negosiasi. Padahal, teknik ini sangat penting untuk menguntungkan bisnis Anda secara keseluruhan. Berikut beberapa tips jitu melakukan negosiasi untuk mencapai kesepakatan terbaik.

 

1. Jangan Lupa untuk 3S (Senyum, Salam, Sapa)
      Dalam negosiasi, ketiga hal ini menjadi jurus yang perlu dilakukan saat akan mengawali negosiasi bisnis. Berikan senyuman yang ramah dan ucapkan salam. Kemudian, lanjutkan dengan menyapa kabar. Setelah itu, perkenalkan diri Anda, jabatan, dan juga instansi yang Anda wakili.
2. Berikan Jawaban yang Detail dan Lengkap
      Pengetahuan mengenai sebuah produk atau jasa yang akan dinegosiasikan merupakan hal yang sangat penting. Maka dari itu, Anda perlu memberikan jawaban yang detail, lengkap, dan meyakinkan. Hal ini menjadi faktor utama supaya negosiasi berjalan lancar.
3. Pahami Karakter Setiap Klien
      Tentunya, setiap klien mempunyai beragam karakter. Apabila Anda sudah sering bertemu dengan berbagai klien yang berbeda dengan berbagai karakter pula, tentu Anda akan menjadi lebih mudah dalam melakukan proses negosiasi.
      Namun, jika Anda masih pemula dalam hal ini, Anda dapat mengawalinya dengan memahami latar belakang klien. Misalnya seperti daerah asal, latar belakang pendidikan, kolega, dan lain sebagainya.
4. Menjadi Pendengar yang Baik
      Saat melakukan proses negosiasi, Anda tidak hanya berbicara, tapi ada saatnya juga Anda harus mendengarkan. Meyakinkan klien tidak berarti Anda menjadi pembicara, apalagi menggurui.
      Nah, saat klien menjelaskan sesuatu atau bertanya, itulah di mana saat Anda harus menjadi pendengar yang baik. Dengan begitu, Anda bisa memahami betul apa poin dan maksud yang diutarakan oleh klien.
5.Sampaikan Keunggulan Produk
      Untuk meyakinkan klien, Anda perlu menyampaikan berbagai keunggulan produk yang Anda tawarkan dibandingkan dengan produk kompetitor. Agar lebih meyakinkan, sampaikan berbagai keunggulan produk dengan urut dan rinci.
6.Jadilah Penanya
      Dalam negosiasi, Anda tidak melulu menjadi orang yang menjelaskan. Tidak hanya menjadi pendengar yang baik, bersikap aktif dengan bertanya merupakan hal yang baik untuk dilakukan apabila ada hal-hal yang Anda belum paham.
      Negosiasi akan berjalan efisien dan lebih menarik dengan sifat pendengar dan penanya. Hal ini dikarenakan target pembicaraan dapat diukur dengan mudah.
7.Berikan Tawaran Berharga
      Di dalam proses negosiasi, tawar menawar menjadi sebuah hal yang wajar. Itu berarti jika klien sudah berminat dengan apa yang sudah Anda paparkan sebelumnya.
      Saat berdiskusi mengenai harga, lakukan penawaran yang berharga. Maksudnya, berikan harga yang tepat. Tidak terlalu murah atau terlalu mahal. Nah, di sinilah pentingnya memahami hal yang dinegosiasikan. Sehingga, harga yang nanti disetujui akan menguntungkan semua pihak.

Itu dia 7 tips jitu negosiasi bisnis yang perlu Anda pahami dan terapkan untuk mencapai kesepakatan dan keuntungan. Menguasai teknik negosiasi yang tepat sangat diperlukan untuk kemajuan bisnis Anda. Maka dari itu, pelatihan karyawan sangat penting untuk mengembangkan skill negosiasi.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan pelatihan terbaik untuk mengasah kemampuan negosiasi karyawan? Nah, Markshare bisa menjadi solusi paling tepat! Bersama Markshare, mengembangkan SDM perusahaan menjadi lebih mudah dengan berbagai kelas yang menarik.
Jadi, tunggu apalagi? Yuk, hubungi Markshare sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.


Artikel Lainnya

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat