Pengelolaan keuangan merupakan hal yang sangat penting di dalam manajemen perusahaan. Kegiatan ini mencakup banyak hal dan sangat krusial untuk keberlangsungan suatu bisnis. Mari ketahui lebih banyak mengenai pengelolaan keuangan perusahaan melalui penjelasan di bawah ini. Simak baik-baik ya.

 

Definisi Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Pengelolaan keuangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebuah perusahaan di dalam membuat rancangan kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian dana dan aset, serta penyimpanannya. Karena hal ini sangat penting, maka perencanaan pun juga harus dilakukan dengan teliti.
Sebagai proses manajemen perusahaan, pengelolaan ini dimulai dari perolehan dana sampai bagaimana dana tersebut digunakan untuk kemajuan perusahaan. Kegiatan ini juga mencakup pendanaan ekuitas, pembayaran utang perusahaan, dan pengelolaan piutang perusahaan. Maka dari itu, mengelola keuangan perusahaan harus dilaksanakan dengan baik.

 

Tujuan dan Manfaat Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Setiap perusahaan yang memiliki keinginan untuk berkembang dan maju harus mengelola keuangan dengan tepat. Lantas, apa saja tujuan pengelolaan keuangan?

  1. Menjaga cash flow untuk mengendalikan belanja perusahaan.
  2. Mengurangi bujet yang tidak prioritas, sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan sebuah perusahaan.
  3. Menyeimbangkan struktur modal antara anggaran dengan dana yang terpinjam.
  4. Dalam kurun waktu yang panjang, mengelola keuangan dengan tepat bisa meningkatkan profit perusahaan.
  5. Membuat anggaran perusahaan semakin efisien.
  6. Dengan perencanaan yang tepat, biaya modal bisa dikurangi.
  7. Mengelola keuangan secara tepat juga bisa dapat memaksimalkan modal perusahaan. Hal tersebut dapat meningkatkan kepercayaan investor sehingga mereka berkenan meningkatkan investasinya.
  8. Dengan manajemen keuangan yang tepat, risiko kerja bisa dikurangi.

Dengan berbagai tujuan di atas, dapat kita simpulkan betapa pentingnya mengelola keuangan perusahaan. Pengelolaan keuangan mempunyai manfaat atau fungsi yang jelas. Berikut beberapa fungsi mengelola keuangan:

1. Fungsi Planning
      Sebuah perencanaan keuangan di sebuah perusahaan yang meliputi perhitungan rugi laba, manajemen uang kas, dan juga perencanaan cash flow.
2. Fungsi Budgeting
      Kegiatan ini merupakan penentuan anggaran dalam pengadaan jasa atau barang. Bujet ditekan seminimal mungkin untuk profit yang lebih besar.
3. Fungsi Controlling
      Sistem keuangan bisa berjalan dengan baik jika kita fokus pada evaluasi dan pengawasan terhadap kondisi keuangan.
4. Fungsi Auditing
      Pemeriksaan keuangan berdasarkan prinsip akuntansi berfungsi untuk menghindari adanya potensi penyelewengan dana.
5. Fungsi Reporting
      Kegiatan pelaporan kinerja keuangan perlu dilakukan secara terbuka. Hal tersebut dikarenakan laporan ini memiliki informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan.

Cara Mengelola Keuangan Usaha dengan Efektif

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengelola keuangan perusahaan secara efektif dan tepat.

1. Menentukan Persentase dalam Mengelola Keuangan
      Hal pertama yang dapat dilakukan dalam mengelola keuangan perusahaan adalah menentukan persentase uang yang akan dialokasikan untuk biaya operasional bisnis. Dengan menentukan hal ini, mengelola keuangan menjadi lebih mudah karena porsi persentase untuk alokasi pendanaan sudah jelas di awal.
2. Melakukan Negosiasi Sebelum Melakukan Kontrak
      Saat Anda melakukan pembelian dari sebuah vendor atau saat akan menandatangani kontrak dengan supplier, Anda bisa mencoba melakukan negosiasi untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik. Selain itu, jangan lupa untuk melihat syarat pembelian seperti masa tenggang dan denda ketika membuat keputusan. Dengan melakukan negosiasi, bisa jadi Anda akan bisa mendapatkan penawaran yang terbaik. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat keuangan bisnis.
3. Melakukan Putaran pada Kas
      Jangan hanya berfokus kepada keuntungan saja. Mengelola keuangan usaha juga mencakup bagaimana Anda melakukan pengelolaan persediaan, utang, dan piutang. Perhatikan juga bagaimana pengelolaan arus kas bisnis Anda.
4. Melakukan Pembayaran Tagihan Tepat Waktu
      Membayar tagihan secara tepat waktu sangat penting untuk dilakukan. Bila perlu, gunakan pengingat bulanan untuk menghindari keterlambatan pembayaran biaya. Dengan begitu, keuangan usaha dapat terjaga dengan baik.
5. Mengurangi Risiko Utang
      Walau mengembangkan bisnis dengan berutang memang wajar, namun sebisa mungkin Anda perlu mengurangi risiko utang dalam menjalankan usaha. Tetap berhati-hati dengan utang perusahaan untuk menjaga stabilitas keuangan.
6. Merencanakan Pengembangan Bisnis
      Sah-sah saja menikmati keuntungan dari bisnis Anda, akan tetapi menyisihkan sebagian keuntungan perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis. Hal ini bisa menjadi bentuk investasi yang bagus untuk perusahaan.
7. Membuat Pembukuan Keuangan
      Pembukuan keuangan sangat penting untuk mengontrol semua transaksi keuangan pada usaha Anda. Tidak hanya itu, hal ini dapat membuat evaluasi perkembangan bisnis menjadi lebih mudah.

Itu dia ulasan lengkap mengenai pengelolaan keuangan perusahaan yang perlu Anda pahami. Mengelola keuangan sangat penting untuk kemajuan perusahaan. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan dan pengembangan SDM khususnya di aspek keuangan.
Untungnya, sekarang mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan SDM khususnya dalam mengelola keuangan perusahaan makin mudah dengan adanya Markshare. Terdapat berbagai kelas yang edukatif dan menarik untuk mengembangkan SDM perusahaan. Yuk, hubungi Markshare sekarang juga dan jangan sampai kehabisan kelasnya!


Artikel Lainnya

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat