Apakah Anda berencana untuk bekerja sebagai karyawan kantoran? Kebanyakan dunia kerja di perkantoran mewajibkan karyawannya untuk selalu bekerja menggunakan komputer atau laptop. Maka dari itu, para karyawan tentu perlu menguasai berbagai software yang nantinya akan membantu performa mereka.

Sebetulnya, beberapa aplikasi ini sudah banyak digunakan sejak dari kuliah atau bahkan sekolah. Walau begitu, tidak semua orang benar-benar mahir dalam menggunakan perangkat lunak tersebut secara maksimal.
Nah, berikut ini adalah beberapa software yang perlu dikuasai oleh para karyawan kantoran.

Microsoft Office

Paling tidak, seorang pekerja kantoran perlu mengerti Microsoft Word untuk mengetik dan mengedit dokumen. Aplikasi ini merupakan salah satu produk Microsoft yang memudahkan kita untuk mengetik. Apalagi, dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pengaturan paragraf, spasi, berbagai pilihan jenis font, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, pekerja juga perlu memahami aplikasi Microsoft Excel. Hal tersebut bertujuan untuk berjaga-jaga jika diminta untuk mengolah data berupa angka. Software yang satu ini membantu Anda untuk melakukan perhitungan secara cepat, membuat tabel, dan lain sebagainya.

Produk dari Microsoft yang populer dan mungkin sangat familiar bagi Anda adalah Microsoft Power Point. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mempresentasikan ide di hadapan klien atau tim. Dengan desain dan font yang menarik, aplikasi ini dapat membantu Anda menyampaikan gagasan dengan menarik dan mudah.

Aplikasi PDF

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa menguasai aplikasi pengolah file PDF sangatlah penting. Anda perlu men-download dan menginstal software PDF reader seperti Foxit Reader atau Adobe Reader. Jangan lupa untuk mempelajari cara menggunakannya juga. Tidak hanya itu, Anda sebaiknya juga mengetahui bagaimana cara mengubah file biasa ke dalam format PDF dan sebaliknya.

Adobe Photoshop dan Aplikasi Pengolah Gambar Lainnya

Bekerja di kantor tidak hanya melibatkan data berupa angka atau tulisan saja. Tidak jarang Anda juga perlu menggunakan gambar dan desain. Aplikasi editing gambar sangatlah penting untuk dikuasai, terutama bagi karyawan yang bekerja sebagai seorang desainer grafis atau pemasar.

Untuk keperluan kantor, kadang karyawan diminta untuk mengedit gambar atau poster. Entah itu untuk acara kantor atau kebutuhan publikasi. Nah, untuk itulah Anda perlu memahami dan bisa menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Photoshop maupun Canva. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat menjadi pekerja kantor yang bisa diandalkan.

Cloud Storage

Sebagai karyawan kantoran, tentu Anda akan menghadapi banyak sekali data digital yang berkaitan dengan pekerjaan. Semua data tersebut tidak mungkin hanya disimpan di dalam laptop atau komputer sendiri. Untuk itulah Anda perlu mengerti cara memakai software cloud storage.

Tidak hanya praktis dan dapat menyimpan lebih banyak dokumen, Anda juga bisa berbagai file dengan karyawan lain atau atasan secara lebih mudah. Kuasai bagaimana cara menggunakan penyimpanan awan atau cloud storage seperti Google Drive secara optimal dan aman. Selain itu, pilah data yang Anda miliki, pisahkan antara mana yang perlu disimpan di hard disk internal dan data digital yang dapat disimpan di cloud.

Software untuk Manajemen Email

Urusan surat menyurat di dalam perkantoran, sebagian besar dilakukan melalui email. Dengan email, Anda dapat mengirim dokumen, mengirim undangan rapat, dan lain sebagainya. Jadi, tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapat banyak sekali email setiap hari.

Mengelola email tentu akan semakin sulit dan repot apabila Anda memiliki beberapa akun. Memang, Anda dapat menggunakan email melalui browser. Akan tetapi, akan menjadi lebih mudah jika Anda menggunakan software email seperti Spark. Aplikasi manajemen email tersebut dapat menunjang Anda dalam menggunakan email secara optimal.

Nah, dengan memahami dan menguasai berbagai software di atas, Anda bisa menjadi karyawan kantoran yang diandalkan. Jika Anda ingin menambah skill dan meningkatkan performa, Anda dapat mengikuti pelatihan karyawan yang menarik dari Markshare.

Markshare merupakan solusi terbaik bagi Anda yang sedang mencari pelatihan dan pengembangan SDM. Tentu dengan berbagai program menarik yang sangat edukatif. Tertarik mencoba? Hubungi Markshare sekarang juga!


Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat