Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata sekretaris? Berbicara mengenai sekretaris, tentu banyak orang akan berpikir mengenai seorang wanita yang cantik dan berpenampilan rapi. Juga, seseorang yang selalu berada di kantor dengan beberapa dokumen untuk membantu pemimpin perusahaan.
Anggapan mengenai sekretaris yang seperti itu memang benar adanya. Sebab, sekretaris memang orang yang membantu pekerjaan seorang bos atau pemimpin. Tidak hanya itu, sekretaris juga memiliki peran yang signifikan dalam membantu kegiatan manajerial perusahaan seperti dalam hal yang berkaitan dengan tata kelola perusahaan.

Apakah Anda tertarik menjadi seorang sekretaris? Sebelumnya Anda perlu memahami terlebih dahulu apa saja peranan penting yang diemban oleh seorang sekretaris. Nah, dalam artikel kali ini, Markshare akan mengupas lebih dalam mengenai peran penting sekretaris yang profesional. Simak baik-baik ya.

 

Definisi Sekretaris

Sebelum membahas apa saja peranan sekretaris, mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari sekretaris itu sendiri. Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, umumnya terdapat sekretaris yang membantu pimpinannya.

Sekretaris memiliki arti rahasia atau seseorang yang memegang rahasia. Secara umum, sekretaris memiliki arti yang sama dengan penulis atau notulen. Walau begitu, pengertian penulis di sini tidak sama dengan penulis novel atau cerita pendek. Melainkan, definisi penulis di sini adalah seseorang yang berkaitan dengan kegiatan catat-mencatat atau tulis-menulis dari suatu kegiatan perusahaan atau perkantoran.

 

Peran dan Tugas Sekretaris

Sekretaris mempunyai peran membantu memudahkan tata kelola dalam kegiatan manajerial perusahaan. Dia juga bisa membantu pimpinan untuk menentukan berhasil atau tidaknya tujuan sebuah perusahaan.
Pentingnya peran seorang sekretaris ini juga bergantung dengan jabatan sekretaris pada masing-masing perusahaan. Secara umum, peranan sekretaris adalah sebagai berikut.

 

1. Peran Sekretaris Terhadap Pimpinan
      Terdapat beberapa peran dan tanggung jawab sekretaris terhadap atasan atau pimpinan perusahaan. Pertama, sekretaris berperan sebagai perantara komunikasi dan pembinaan hubungan yang baik. Khususnya bagi orang yang ingin melakukan komunikasi dengan atasan.
      Kedua, sekretaris berperan sebagai sumber informasi yang diperlukan atasan dalam memenuhi tugas, fungsi, dan tanggung jawab. Ketiga, sekretaris berperan sebagai orang yang melanjutkan instruksi seorang atasan terhadap bawahan yang dituju untuk melaksanakan sebuah tugas.
      Keempat, sekretaris berperan sebagai alternatif pemikiran dari pimpinan. Terutama, dalam hal ide atau gagasan. Kelima, sekretaris juga memiliki peran sebagai faktor penunjang berhasilnya tugas, fungsi, dan tujuan pekerjaan. Dia juga menjadi cerminan atasan dan bawahan.
2. Peran Sekretaris Terhadap Bawahan Pimpinan
      Sekretaris juga berperan sangat penting terhadap bawahan pimpinan. Pertama, sekretaris berperan untuk menentukan kebijakan bagi karyawan bawahan. Kebijakan tersebut tentu harus dilaksanakan secara adil.
      Kedua, sekretaris berfungsi untuk memberikan motivasi kerja kepada karyawan bawahan. Dengan begitu, pekerjaan bisa berjalan sesuai rencana untuk mencapai tujuan perusahaan.
      Yang ketiga, sekretaris juga berperan untuk mendengarkan usulan dan pendapat bawahan dalam berbagai masalah. Untuk selanjutnya disampaikan kepada atasan.
      Keempat, sekretaris juga berperan dalam memberikan apresiasi kepada karyawan bawahan. Misalnya seperti rasa puas dan bangga terhadap pekerjaan yang sudah selesai sesuai instruksi atau rencana.
      Selain itu, sekretaris berfungsi untuk melakukan pendekatan pada karyawan bawahan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, dan juga kehendak karyawan bawahan. Sekretaris tentu bisa bersikap komunikatif dan ramah. Dengan begitu, dia dapat memberikan suasana dan hubungan yang baik bagi karyawan bawahan. Sehingga, saat terjadi permasalahan, dapat diadakan diskusi bersama untuk menemukan solusi.

Itu dia berbagai peran penting yang dilakukan oleh seorang sekretaris yang profesional di perusahaan, terutama dalam membantu mempermudah tata kelola perusahaan. Ingin menggeluti profesi sekretaris tetapi masih belum punya skill yang mumpuni? Atau, Anda ingin meningkatkan skill SDM perusahan Anda? Tenang, tidak usah khawatir. Markshare hadir untuk Anda dengan berbagai kelas menarik yang dijamin efektif untuk meningkatkan pengembangan performa dan skill SDM.

Workshop-workshop yang edukatif dari Markshare bisa diikuti secara online. Jadi, Anda bisa mengikutinya di manapun Anda berada. Yuk, hubungi Markshare sekarang juga. Jangan sampai kehabisan slot kelasnya!

 


Artikel Lainnya

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat