Setiap perusahaan tentu mempunyai tujuan utama. Baik dari segi profit maupun pengembangan SDM. Oleh karena itu, perusahaan memerlukan sebuah manajemen kinerja dan manajemen SDM untuk meninjau perkembangan perusahaan: apakah sudah sesuai dengan target?

Selain itu, seberapa penting manajemen kinerja bagi perusahaan? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Pentingnya Manajemen Kinerja dan Manajemen SDM

  1. Sarana Mencapai Langkah Strategis
    Manajemen kinerja berfungsi sebagai salah satu sarana untuk menggapai target atau tujuan yang sudah dibuat. Dengan adanya manajemen tersebut, pencapaian dan pelaksanaan target dapat dilaksanakan secara maksimal. Dengan manajemen perusahaan ini, kita bisa meninjau berbagai aspek seperti performa karyawan. Dari sinilah nantinya bisa dilakukan evaluasi baik dari karyawan maupun pimpinan berdasarkan hasil umpan balik yang dilaksanakan.
  2. Tujuan Administratif
    Alasan lain mengapa manajemen kinerja penting adalah karena untuk kepentingan administratif. Dapat dibilang, hal-hal terkait administratif bukanlah sesuatu yang mudah dikarenakan melibatkan banyak aspek yang saling terkait di perusahaan.
  3. Mengelola SDM
    Manajemen kinerja dan SDM merupakan salah satu strategi dalam mengelola sumber daya manusia. Hal tersebut tentu dilakukan untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan atau organisasi. Tanpa adanya kemampuan manajemen SDM yang memadai, maka kesuksesan bisnis akan lebih susah untuk dicapai.
  4. Mengembangkan Perusahaan
    Selain itu, manajemen kinerja juga berfungsi sebagai sarana dalam menaikkan kapasitas karyawan. Khususnya, untuk karyawan yang mempunyai prestasi dan potensi di bidang yang sedang dijalani.
    Bentuk konkretnya misal dengan dilaksanakannya pelatihan untuk pegawai yang mempunyai performa kurang baik. Nah, dengan adanya manajemen perusahaan ini dapat menjadi salah satu indikator pengukuran pelaksanaan performa atau kinerja.
  5. Memperbaiki Sistem Kerja
    Walau sebuah perusahaan mungkin terlihat megah dan hebat di luar, akan tetapi belum tentu memiliki manajemen kerja yang baik dan solid. Maka dari itu, manajemen kerja perusahaan dibangun. Dengan adanya manajemen tersebut, akan selalu ada perbaikan, peningkatan, dan penyempurnaan sistem yang akan membawa efek positif pada perusahaan dan karyawan.

Manfaat Manajemen Kinerja

Setelah mengetahui pentingnya manajemen kinerja dan SDM, mari kita lihat apa saja manfaatnya berikut ini.

  1. Manfaat bagi Pimpinan Perusahaan
    Mempunyai rencana yang matang merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pimpinan perusahaan. Di sisi lain, pengukuran sebuah rencana dan strategi memerlukan sebuah manajemen kerja yang sudah disusun dengan baik.
    Dengan manajemen kerja, maka pimpinan perusahaan dapat meninjau klasifikasi kinerja individu maupun tim. Manajemen perusahaan ini juga dapat dijadikan sebagai indikator saat akan memberikan penghargaan non-finansial kepada karyawan yang meraih prestasi.
    Dengan begitu, tujuan dan rencana perusahaan dapat terlaksana dengan baik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan manajemen kinerja ini dalam proses rekrutmen untuk menjaring karyawan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.
  2. Manfaat bagi Perusahaan
    Manajemen kerja juga bermanfaat untuk kemajuan perusahaan. Berfungsi sebagai indikator kinerja, manajemen ini merupakan salah satu upaya perbaikan dan peningkatan secara berkesinambungan. Hal tersebut juga bermanfaat sebagai basis perencanaan karir bagi seorang pekerja.
  3. Manfaat bagi Pegawai
    Tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan dan pimpinan, sebetulnya manajemen kinerja dan SDM juga mempunyai manfaat penting bagi karyawan. Dengan beberapa kriteria yang terdapat pada manajemen kerja, maka dapat membuat karyawan menjadi lebih fokus. Tidak hanya itu, manajemen kerja juga membantu meningkatkan kemampuan maupun kinerja karyawan.

Setidaknya, itulah urgensi dan manfaat manajemen kinerja dan manajemen SDM untuk meraih target dan tujuan perusahaan. Dapat kita simpulkan bahwa manajemen tersebut tidak hanya berdampak dari segi finansial, tapi juga dari segi SDM.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan performa dan kemampuan karyawan? Nah, untungnya kita bisa mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM dari Markshare Training. Dengan berbagai kelas yang edukatif dan sangat menarik, Anda bisa mendapatkan pelatihan terbaik. Yuk daftar kelasnya sekarang juga!



Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat