Pengertian Kinerja Menurut para Ahli

Table of Contents

Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas tentu tidak hanya soal kemampuannya, tetapi sikap dan performa kerja juga penting, anda bisa mulai dengan mengetahui pengertian kinerja menurut para ahli. Dengan begitu anda bisa melihat dan menilai bagaimana kinerja yang dilakukan oleh masing-masing sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Performa dari karyawan tentu harus menjadi perhatian setiap waktunya agar segera dicarikan solusi ketika ada kendala.

 

Pengertian Kinerja

 

Kinerja atau performa ini adalah bagaimana kualitas kerja yang dilakukan oleh seorang karyawan selama menyelesaikan pekerjaan atau tanggung jawabnya. Tentunya performa ini bisa dinilai dan diperhatikan untuk melihat bagaimana nantinya mereka bisa berkembang serta bertahan dengan adanya berbagai macam tuntutan pekerjaan dari pihak perusahaan.

Berikut beberapa pengertian kinerja menurut para ahli yang perlu anda ketahui yaitu :

  • Mangkuprawira dan Hubeis : Kinerja karyawan adalah hasil dari proses pekerjaan tertentu pada waktu dan tempat karyawan itu sendiri melakukan pekerjaannya
  • Anwar Prabu Mangkunegara : Hasil kerja yang dilihat dari kuantitas serta kualitasnya dalam menyelesaikan tanggung jawab sesuai pekerjaan masing-masing yang diberikan
  • Stolovitch dan Keeps : bagian hasil yang telah dicapai dan merujuk pada tindakan pencapaian dari pelaksanaan pekerjaan tertentu yang sudah menjadi tanggung jawab karyawan
  • Griffin : kumpulan dari semua pekerjaan yang dibebankan pada seorang pekerja
  • Hersey dan Blanchard : kinerja adalah fungsi dari motivasi dan kemampuan. Untuk bisa menyelesaikan suatu tugas maka karyawan harus memiliki kemampuan atau keterampilan tertentu sesuai yang dibutuhkan, namun kemampuan tersebut tidak akan efektif jika tidak memahami tugas yang diberikan dengan baik serta bagaimana cara untuk menyelesaikannya
  • Schermerhorn, Hunt dan Osborn : kinerja merupakan kualitas dan kuantitas terkait pencapaian penyelesaian tugas, tidak hanya yang dilakukan individu tetapi juga kelompok

 

Manfaat Melakukan Penilaian Kinerja

 

Bagi pihak perusahaan, dalam hal ini adalah manajemen sumber daya manusia tentunya akan melakukan penilaian kinerja untuk para karyawan dalam kurun waktu tertentu. Melakukan penilaian kinerja ini tentunya memiliki banyak manfaat yang menguntungkan untuk pihak perusahaan antara lain:

  • Membantu untuk melihat kecenderungan kinerja karyawan sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan perbaikan manajemen sumber daya manusia selanjutnya
  • Memahami secara lebih optimal mengenai karyawan termasuk mungkin kecemasan, rasa takut, harapan hingga aspirasi karyawan. Sehingga nantinya informasi tersebut bisa dijadikan pertimbangan dalam membuat kebijakan yang juga menguntungkan untuk para karyawan
  • Media yang membantu untuk mengurangi adanya kesenjangan antara individu, kelompok dan manajemen sumber daya manusia
  • Membantu meningkatkan hubungan antara karyawan dengan manajer, tentunya dengan begitu akan meningkatkan kenyamanan dalam lingkungan kerja yang ada
  • Dapat melakukan identifikasi secara lebih dalam jika memang diperlukan adanya rotasi atau perubahan posisi pada karyawan sesuai penilaian yang didapatkan
  • Menjadi kesempatan untuk pihak manajemen menyampaikan pada karyawan sebenarnya apa yang menjadi harapan perusahaan terkait hasil kinerja dan perkembangan pekerjaan mereka

Penilaian yang perlu dilakukan tidak hanya untuk performa atau kinerja semata tetapi bagaimana sikap yang ditunjukkan oleh masing-masing karyawan tentunya juga penting untuk diperhatikan dengan baik. Akan percuma jika memiliki kinerja yang baik dan optimal namun ternyata sikapnya kurang baik, tentunya akan sangat mempengaruhi hubungan kerja antar masing-masing karyawan dalam kelompok. Maka dalam pengertian kinerja menurut para ahli yang telah dipahami anda bisa mengembangkan poin penilaian yang dilakukan.

Name
Comment
WhatsApp Support Chat