Logo Markshare Training

Mengenal Profesi Industrial Relation: Pengertian Hingga Tanggung Jawabnya

https://marksharetraining.co.id/

Pernah mendengar profesi industrial relation (IR)? Pekerjaan yang satu ini memiliki peran yang penting di dalam perusahaan atau industri. Industrial relation mencakup hubungan antar karyawan dan manajemen. Lalu, apa sebetulnya itu industrial relation? Berikut penjelasan lengkapnya dari Markshare. Simak baik-baik ya.

 

Definisi Industrial Relation

Seseorang yang menangani industrial relation mempunyai peranan yang sangat penting di dalam perusahaan. Secara struktural, posisi ini berada di dalam bagian HRD. Industrial relation berperan dalam mengelola relasi antar karyawan, karyawan dengan serikat pekerja, atau karyawan dengan pihak manajerial. Seorang industrial relation tidak hanya berfokus pada pengelolaan hubungan personal, tetapi juga mengenai bagaimana mencari solusi terhadap sebuah masalah. Misalnya, persetujuan, negosiasi, konflik, dan semua hal yang berhubungan dengan undang-undang dan peraturan.

 

Tanggung Jawab dan Peran Penting Industrial Relation

Berikut beberapa tanggung jawab dan peran penting seorang industrial relation:

  1. Menciptakan Iklim Nyaman di Perusahaan
    Mengingat industrial relation bertugas terkait relasi karyawan, manajerial, dan pihak luar, maka seorang IR diharapkan bisa menjembatani kepentingan pihak manajemen dengan karyawan, atau karyawan dengan sesama karyawan. Seorang IR harus memiliki semacam SOP yang mengatur saat sebuah masalah atau konflik terjadi. Dengan begitu, seorang IR tidak berat sebelah dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Sehingga, tercipta suasana dan iklim yang nyaman.
  2. Mendorong Terciptanya “Demokrasi”
    Tidak hanya berkaitan dengan penyelesaian konflik, seorang industrial relation juga diharapkan bisa menggali potensi setiap karyawan. Dengan begitu, hal ini selaras dengan nilai dan tujuan perusahaan.
    IR juga bertugas untuk menciptakan “demokrasi” di perusahaan. Sehingga, karyawan dengan senang hati mencapai progres demi kemajuan perusahaan.
  3. Mengatur Kedisiplinan
    Tanggung jawab industrial relation juga mencakup dalam menegakkan kedisiplinan. IR harus bertindak tegas dalam menegakkan kedisiplinan, sehingga peraturan perusahaan bisa diterapkan dengan baik. IR juga dituntut untuk bertindak secara adil terhadap pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh karyawan. Pengaturan kedisiplinan ini perlu dilakukan supaya perusahaan tetap berjalan sesuai dengan nilai yang ditetapkan.
  4. Melindungi Karyawan
    Konflik merupakan sebuah hal yang tidak terhindarkan di perusahaan mana pun. Saat konflik terjadi, industrial relation memiliki peran sebagai pelindung karyawan jika hak-haknya ‘dilemahkan’.
    IR juga berjuang hingga karyawan tersebut untuk memperoleh hak yang semestinya. Misalnya, hak mendapatkan kesempatan yang sama, hak untuk tidak dilecehkan, hak untuk dihormati, dan lain sebagainya.
  5. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan
    Tanggung jawab lain dari industrial relation adalah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Mengingat dia berperan juga untuk menciptakan iklim kerja yang nyaman dan kondusif, sehingga bisa lebih produktif.

Itu dia penjelasan mengenai industrial relation yang perlu Anda tahu. Ingin tahu lebih banyak mengenai industrial relation atau tentang ilmu lain mengenai bisnis? Yuk ikut pelatihan online di Marskhare. Dengan fasilitator yang kompeten di bidangnya, Markshare dapat membantu Anda dalam kemajuan perusahaan/organisasi dan pengembangan SDM.

Daftar kelasnya sekarang juga!

 

Referensi:
https://id.linkedin.com/pulse/pentingnya-seorang-industrial-relation-sarel-sentra-inspira
https://myrobin.id/untuk-pekerja/mengenal-apa-itu-industrial-relation

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp Support Chat