Salah satu tugas yang perlu dikuasai dan dilaksanakan oleh humas atau Public Relations (PR) adalah menulis. Sebagai pihak yang berhubungan dengan masyarakat, humas harus terampil dalam membuat tulisan yang berperan untuk meningkatkan popularitas dan citra baik perusahaan. Nah penulisan ini diketahui dengan istilah PR Writing atau penulisan humas.

Keterampilan menulis humas secara teknis dalam hal menulis pada dasarnya mirip dengan skill menulis yang dimiliki wartawan dalam hal jurnalistik. Terkait dengan fungsi humas, penulisan humas berkisar pada advertorial (berupa artikel, berita, dan artikel) dan atau naskah press release.

Selain itu, fungsi humas lain yang berhubungan dengan informasi, media promosi, dan komunikasi perusahaan, humas perlu menulis beberapa hal. Mulai dari feature, artikel, atau naskah berita untuk diumumkan di media internal perusahaan hingga profil perusahaan, newsletter, brosur, dan lain sebagainya.
Nah, di artikel kali ini, Markshare akan mengulas bagaimana penulisan khususnya pada advertorial. Markshare juga akan menyertakan contoh advertorial setelahnya. Yuk simak baik-baik ulasannya berikut ini.

Mengenai Penulisan Humas

Di era internet yang berkembang pesat, fungsi humas makin luas. Keterampilan menulis bagi humas akan membuat tugas pokok yang dikerjakan berjalan lebih lancar dan baik. Terutama, dalam menjaga relasi baik dengan publik internal ataupun publik eksternal.

Relasi tersebut tentu berjalan secara dinamis dan terus menerus. Maka, cara menjaga relasi tersebut tidak hanya dijaga dengan komunikasi lisan. Misalnya, di saat perusahaan menjadi sorotan media, humas tentu akan menjadi juru bicara atau pihak yang dicari oleh para wartawan.

Dalam kondisi semacam itu, mengandalkan komunikasi lisan saja tentu berisiko. Nah, memberi keterangan tertulis akan lebih aman dan lebih baik karena informasi yang perlu disampaikan tidak perlu diutarakan secara berulang-ulang. Dengan begitu, hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penyampaian informasi.

Pengertian Advertorial

Advertorial merupakan bentuk periklanan yang disuguhkan dengan gaya bahasa jurnalistik. Bentuk periklanan ini umumnya juga menjadi salah satu tugas yang dilaksanakan oleh humas. Advertorial sendiri bersumber dari dua kata di dalam bahasa Inggris, yakni advertising dan editorial. Advertising atau periklanan merupakan presentasi materi yang disajikan secara persuasif melalui media massa yang bertujuan untuk mengiklankan barang atau jasa. Sedangkan editorial merupakan pernyataan mengenai pendapat dari sikap resmi sebuah redaksi.

Tujuan Advertorial

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, advertorial salah salah satu jenis periklanan yang disajikan menggunakan gaya bahasa jurnalistik dan dipublikasikan di media massa. Misi utama dari advertorial adalah untuk mempromosikan dan memperkenalkan sebuah produk, kegiatan, atau jasa dari sebuah perusahaan ke publik. Selain itu, advertorial juga bertujuan untuk menampakkan citra baik perusahaan itu sendiri.

Contoh Advertorial

Berikut adalah contoh advertorial mengenai sebuah produk fiktif—produk berupa cokelat bubuk bermerek “Sweet Choco”.

Kiat Agar Tetap Bersemangat dan Sehat, Serta Memiliki Mood Baik di Musim Hujan
Musim hujan sudah bertandang. Hujan deras setiap hari membuat kita cenderung bermalas-malasan dan kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas. Lalu, bagaimana sih agar tetap memiliki mood yang bagus dan tetap produktif di musim hujan begini?

Nah, mengawali hari dengan secangkir cokelat panas bisa menjadi opsi untuk meningkatkan mood-mu. Tidak hanya membawa kehangatan, secangkir cokelat panas tanpa gula dapat membawa manfaat baik bagi kesehatan.

Sweet Choco merupakan cokelat bubuk yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi—termasuk zat besi dan serat yang ada pada bubuk cokelat alami. Dengan kandungan cokelat 85 persen dalam Sweet Choco, kamu bisa mendapatkan manfaat dari kandungan magnesium, kalium, kalsium, vitamin E, dan fosfor.

Berikut beberapa manfaat minum cokelat panas “Sweet Choco”.

  1. Meningkatkan Sistem Imun
    Sweet Choco mengandung antioksidan yang populer disebut flavonoid. Kandungan ini berkhasiat untuk meredakan peradangan dan meningkatkan sistem imun tubuh.
  2. Membuat Bahagia
    Minum cokelat panas juga dapat memberikan efek positif pada mood dan suasana hati. Menyeduh secangkir Sweet Choco akan membantumu melepaskan hormon yang membuat tubuh merasa bahagia dan nyaman. Selain itu, kandungan kafein pada Sweet Choco juga dapat menambah energi, dan memicu hormon serotonin yang dapat membuat suasana hati lebih baik.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung
    Dilansir dari Weather, meminum cokelat panas Sweet Choco juga dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Hal tersebut dikarenakan flavanol kakao dapat membantu memerangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.
    Sangat banyak kan manfaat dari Sweet Choco? Dengan secangkir cokelat panas dari Sweet Choco, hari-harimu di musim hujan tetap akan menyenangkan. Dengan suasana hati yang baik, tentu kamu bisa lebih produktif dan bersemangat dalam menjalani hari-hari. Ingin mencoba Sweet Choco dan merasakan manfaatnya? Kamu bisa mendapatkan Sweet Choco secara online di media sosial kami: Instagram @SweetChoco, twitter @Sweet_Choco, dan facebook The Sweet Choco.

Nah itu dia ulasan lengkap mengenai penulisan humas dan contoh advertorial yang patut Anda ketahui. Jika Anda ingin mendalami mengenai penulisan humas atau ilmu terkait bisnis, Anda bisa mengikuti berbagai kelas menarik dari Markshare. Dengan fasilitator yang kompeten di bidangnya dan materi-materi yang edukatif, Markshare dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan performa SDM. Markshare juga bisa diakses dan diikuti dari mana saja dengan online training-nya. Yuk daftar kelasnya sekarang juga!


Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat