Logo Markshare Training

Pelatihan Online Membosankan? Coba Cara Ini, Efektif untuk Karyawan!

bosan-pelatihan-online

Mendengar kata pelatihan, rasanya seperti membosankan apalagi di masa pandemi ini semua serba online. Work from home membuat beberapa perusahaan merencanakan program pelatihan karyawan atau pelatihan online. Tentu saja hal ini merupakan tugas dari setiap perusahaan untuk membaca apa yang dibutuhkan oleh setiap karyawan bahkan perusahaannya untuk dapat mencapai tujuan bisnisnya. Berbagai training online dapat dilakukan seperti pada bidang public speaking, finance, management dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara untuk membuat karyawan selalu tertarik dengan setiap pelatihan yang diselenggarakan? Ini dia beberapa tips yang dapat dilakukan saat menyelenggarakan pelatihan online, yaitu :

 

1. Durasi training online yang efektif
      Perhatikan durasi training online yang efektif bagi karyawan. Penyampaian materi dapat dilakukan maksimal selama 5 jam dan dapat juga dibagi menjadi beberapa hari. Hal ini agar meminimalisir ketika peserta sudah mulai tidak fokus dengan materi yang disampaikan. Materi dapat disampaikan secara runtut dan detail namun tidak bertele-tele.
2. Pembagian kelompok saat training online
      Sebelum melakukan training online khususnya untuk karyawan, dapat dilakukan pembagian kelompok untuk dapat melihat juga penilaian kerjasama. Pembagian kelompok ini akan membuat materi semakin efektif untuk diterima, karena kelompok akan berpikir bersama dalam mempelajarinya.
3. Pre test post test
      Tidak hanya menyelenggarakan pelatihan semata, tetapi seperti yang sudah dilakukan oleh Markshare, suatu lembaga pelatihan bagi karyawan, dimana Markshare memperhatikan penilaian sebelum dan sesudah training pada setiap individu. Hal ini dilakukan agar dapat menilai apakah pelatihan berjalan dengan baik dan tersampaikan dengan jelas kepada peserta.
4. Games ditengah pelatihan online
      Selanjutnya, adalah acara yang akan membuat peserta merenggangkan otot dan membuat senang di tengah pelatihan yaitu games. Tentu saja ketika diberikan materi yang cukup berat, perlu adanya games untuk mencairkan suasana dari setiap peserta. Dan cara ini sudah dipastikan tidak membuat peserta bosan saat menjalani training online, khususnya bersama Markshare.
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp Support Chat