Pandemi Covid-19 mengubah tatanan dunia, terutama mengenai bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain, melakukan aktivitas sehari-hari, dan bagaimana kita bekerja. Di era new normal, masyarakat dituntut untuk tetap beraktivitas dengan mengikuti aturan protokol kesehatan yang disesuaikan.

Situasi normal baru tidak menyurutkan perusahaan dalam mengoperasikan bisnisnya. Justru, beberapa perusahaan semakin tertantang untuk terus produktif. Terdapat perubahan mindset maupun strategi dari pola-pola konvensional menuju solusi yang inovatif dengan bantuan teknologi komunikasi.

Hal ini berdampak pada upaya-upaya meningkatkan sumber daya manusia, khususnya para karyawan. Peningkatan SDM ini bertujuan agar kinerja makin bagus dan produktif sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

Tanpa ketersediaan SDM yang berkualitas, tujuan dan target perusahaan tidak akan tercapai secara optimal. Salah satu tujuan perusahaan adalah untuk mendongkrak profit. Nah, metode yang relevan dan efektif dalam new normal untuk melatih dan mengembangkan SDM adalah dengan mengikuti online training.

Di era new normal, Markshare Training sebagai penyedia jasa pelatihan karyawan berupaya menghadirkan pelatihan-pelatihan terbaik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan begitu, Markshare turut serta dalam pertumbuhan produktivitas bisnis perusahaan nasional maupun multinasional.

Dengan demikian, Markshare berinisiatif mengelola pelatihan karyawan secara online. Berikut ini 5 daftar pelatihan dan pengembangan SDM terlaris di Markshare—berdasarkan kelas-kelas yang diadakan oleh Markshare selama masa normal baru. Yuk ketahui lebih lanjut!

  1. Managing Office and Filing System

    Pelatihan dan pengembangan SDM terlaris di Markshare yang pertama adalah Managing Office and Filling System. Pelatihan ini menyajikan materi komprehensif mulai dari hard filling sampai soft filling sistem elektronik dan juga meliputi bagaimana membuat SOP-nya.
    Manajemen kantor dan arsip merupakan aspek yang harus dikelola secara baik agar tidak menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Masalah utama yang dapat hadir dalam manajemen tersebut adalah pemilihan suatu sistem dasar, pengelolaan arsip dan aset, serta manajemen waktu diri dan atasan.
    Pelatihan ini dirancang khusus bagi orang-orang yang mengelola kantor. Mulai dari sekretaris, office manager, dan GA officer. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menyesuaikan diri dan mengantisipasi dengan lingkungan bisnis global dengan berbagai tuntutannya. Dengan begitu, para pengelola kantor dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan profesionalitas kerja.

     

  2. Public Relation Management

    Public Relation (PR) saat ini mempunyai peran yang sangat penting. Tidak hanya perusahaan saja, bahkan setiap lembaga memerlukan peran PR. Maka, pelatihan Public Relation Management ini sangat diperlukan khususnya untuk mereka yang bekerja di bidang humas atau PR.
    Pelatihan ini mengajarkan bagaimana cara mengelola hal-hal yang mendasar mengenai peran humas. Dengan pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan performa dan keterampilan para staff humas dan orang-orang di divisi terkait untuk menciptakan citra positif organisasi atau perusahaan.

     

  3. Purchasing & Procurement Management

    Pelatihan dan pengembangan SDM terlaris selanjutnya adalah Purchasing & Procurement Management. Purchasing dan procurement merupakan kegiatan untuk mendapatkan jasa, barang, atau pekerjaan dari sumber eksternal. Perlu keahlian dan pengetahuan khusus untuk memperoleh barang dan jasa yang berkualitas baik dengan harga yang terbaik pula.
    Untuk menerapkan proses procurement yang efisien dan efektif, diperlukan SDM yang mumpuni. Maka dari itu, pelatihan ini sangat diperlukan untuk membekali para pekerja di tim procurement mengenai berbagai pengetahuan seperti produk, negosiasi, komunikasi untuk menyamakan persepsi, serta kegigihan dalam mengupayakan tujuan dan kepentingan perusahaan.

     

  4. Sales Strategy, Negotiation Skill & Sales Follow-Up

    Persaingan yang semakin hari semakin ketat membuat setiap sales person harus melaksanakan penjualan dengan lebih gigih. Mereka harus bisa mengatasi dinamika dan tantangan yang ada saat melakukan penjualan. Tentu dengan tujuan agar penjualan meraih target penjualan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
    Maka dari itu, setiap sales person perlu dibekali dengan berbagai input. Mulai dari kemampuan berkomunikasi, kepercayaan diri, teknik presentasi yang efektif, dan perencanaan serta penetrasi yang baik. Tidak hanya itu, seorang sales person juga perlu memahami dan mengetahui spesifikasi produk, keterampilan menjual yang baik, dan mengetahui pangsa pasar yang akan dituju.
    Dengan pelatihan ini, mereka yang bekerja sebagai sales diharapkan memiliki berbagai kemampuan yang diperlukan, terutama teknik negosiasi. Dengan begitu, penjualan bisa mencapai target secara efektif.

     

  5. Managing People: Leadership & Managerial Skills

    Bagaimana sih cara sukses mengelola banyak orang—terutama dalam pekerjaan? Nah, Anda bisa menemukan jawabannya pada pelatihan ini.
    Bagi para Kepala Unit, Kepala Divisi, Manager, maupun Supervisor, tugas kepemimpinan merupakan salah satu masalah yang mereka hadapi. Terutama, dalam mengelola pekerjaan dan timnya.
    Realitanya, mereka tidak hanya dituntut untuk mengelola pekerjaan yang bersifat teknikal saja. Akan tetapi, tugas mereka juga melebar pada bagaimana mereka mempertajam kecakapan dalam mengelola relasi antar manusia.
    Workshop ini patut diikuti bagi orang-orang yang ingin mengetahui berbagai teknik kepemimpinan dalam berbagai level. Dengan teknik-teknik tersebut, diharapkan para pengelola perusahaan dapat semakin solid dan berperforma secara optimal.

Berbagai topik pelatihan dan pengembangan SDM terlaris di Markshare tadi dapat menjadi acuan ke depan dalam merancang program pengembangan karyawan. Tidak hanya itu, Markshare Training juga menyediakan topik-topik lain seperti: manajemen, sales marketing, komunikasi, finansial dan akunting, human resources, teknologi informasi, manajemen operasional, ekspor-impor, dan masih banyak lagi.

Selain pelatihan yang bersifat public class training, Markshare juga menyediakan layanan in-house training. Apa itu in-house training? Nah, pelatihan jenis ini adalah pelatihan yang dirancang secara khusus sesuai dengan topik yang relevan dan berhubungan langsung dengan masalah kinerja di bidang pekerjaan perusahaan Anda. Silakan menghubungi kami untuk berkonsultasi terkait dengan kebutuhan pelatihan dan pengembangan karyawan.



Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat