Pandemi Covid-19 membawa begitu banyak perubahan dalam aspek kehidupan, khususnya pada lingkup bisnis dan pekerjaan. Pemberlakuan new normal membuat aktivitas sehari-hari berubah demi beradaptasi dengan keadaan baru.

Kelelahan menghadapi pandemi membuat beberapa pekerja merasa kurang bersemangat atau bahkan demotivasi dalam bekerja. Hal tersebut menyebabkan penurunan pada produktivitas kerja.
Menurunnya produktivitas kerja dapat berimbas juga pada menurunnya penjualan. Maka dari itu, salah satu cara untuk meningkatkan penjualan di masa normal baru adalah dengan membangkitkan motivasi tim kerja agar tetap produktif.

Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan motivasi tim kerja? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips Meningkatkan Motivasi Tim Kerja di Era Normal Baru

Kinerja karyawan sangat berpengaruh pada kemajuan perusahaan terutama pada penjualan. Untuk meningkatkan motivasi tim kerja, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

  1. Mengapresiasi Pencapaian
    Setiap orang akan merasa senang jika hasil kerjanya diapresiasi dan diakui. Maka, Anda dapat memulai dengan memberikan apresiasi dan memberikan reward atas pencapaian karyawan. Dengan begitu, iklim kerja yang positif akan terbentuk dan setiap orang akan meningkatkan performa mereka.
    Mengakui kinerja mereka dapat dilakukan secara mudah dengan dampak yang terbilang cukup efektif. Misalnya, Anda dapat memberikan pujian dan mengucapkan selamat atas performa mereka.
    Sedangkan untuk reward, Anda dapat memberikan bonus berdasarkan performa, hadiah, intensif, dan lain sebagainya. Dengan apresiasi dan penghargaan yang tepat, karyawan akan menjadi lebih termotivasi untuk bekerja.
  2. Memberikan Kesempatan untuk Tumbuh
    Para karyawan tidak hanya membutuhkan gaji, tapi mereka juga memerlukan untuk mengembangkan karier dan menumbuhkan potensi. Maka dari itu, ada baiknya Anda menciptakan lingkungan kerja yang menyediakan promosi jabatan yang transparan dan berdasarkan kinerja, jenjang karier yang terbuka, serta pelatihan karyawan.
  3. Mendengarkan Keluhan dan Memberikan Feedback
    Karyawan tim tentu membutuhkan mitra diskusi yang dapat mendengarkan gagasan atau keluhan dengan baik. Memberikan waktu untuk mendengarkan mereka akan membuat Anda mengetahui kesulitan atau masalah yang mereka hadapi. Selain itu, hal itu akan membuat mereka merasa dianggap dan dihargai sebagai anggota tim.
  4. Menciptakan Tempat Kerja yang Nyaman dan Menyenangkan
    Perusahaan atau tempat kerja menjadi tempat bagi para karyawan menghabiskan setengah dari kehidupan mereka. Mereka menghabiskan dari pagi sampai sore di kantor. Maka, sebaiknya kantor didesain sedemikian rupa agar menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja. Selain itu, cara agar karyawan bersemangat adalah dengan mengurangi tekanan di kantor, membangun atmosfer yang menyenangkan dan tidak kaku, dan lain sebagainya.
  5. Menanyakan Mengenai Apa yang Dibutuhkan
    Tidak ada salahnya bertanya kepada karyawan mengenai apa yang mereka butuhkan. Misalnya hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda mungkin akan memperoleh jawaban yang beragam mengenai apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Dengan begitu, Anda dapat menarik kesimpulan mengenai kebutuhan yang mereka perlukan.

Kiat Meningkatkan Penjualan di Era Normal Baru

Selain tips-tips meningkatkan motivasi tim kerja di era new normal, berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

  1. Mengenali Perubahan Perilaku Konsumen
    Terjadinya pandemi Covid-19 ini membuat perilaku konsumen berubah drastis. Mereka cenderung lebih fokus pada produk yang memiliki nilai dan fungsi untuk memenuhi keperluan mereka. Dengan mengenali perubahan pada perilaku konsumen, Anda bisa mengerti perubahan daya beli, selera, hingga pendapat mereka mengenai produk Anda.
  2. Melakukan Evaluasi Posisi Produk
    Dalam era normal baru, konsumen cenderung lebih selektif dalam memilih produk. Mereka ingin mendapatkan produk dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik. Dalam mengeluarkan uang, mereka cenderung waspada karena adanya potensi krisis kembali terjadi dan kondisi ekonomi juga belum kembali stabil.
    Maka, ada baiknya Anda melakukan evaluasi posisi produk Anda terhadap target pasar. Hal ini penting dilakukan untuk menjamin keberlanjutan bisnis.
  3. Evaluasi Promosi dan Harga
    Di masa normal baru, konsumen menjadi lebih sensitif pada nilai produk dan harga. Maka, Anda sebagai pebisnis memerlukan kreativitas dalam menawarkan promosi untuk meningkatkan penjualan dan menarik konsumen. Misalnya, Anda dapat memberikan promosi berupa paket hemat atau potongan harga. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media daring dan media sosial secara optimal untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Itu dia ulasan lengkap mengenai tips meningkatkan motivasi tim kerja dan cara meningkatkan penjualan di era normal baru. Ingin meningkatkan motivasi dan performa karyawan dengan mudah? Markshare adalah jawaban terbaik untuk itu!

Markshare merupakan konsultan profesional dalam pengembangan dan pelatihan SDM yang memiliki berbagai kelas pelatihan yang sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Baik pelatihan online atau offline, Anda dapat memilih mana yang paling tepat untuk Anda. Tertarik untuk mengikuti pelatihan dari Markshare? Yuk hubungi Markshare sekarang juga!


Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat