Mengenal Profesi Auditor dan Karakter yang Harus Dimilikinya

  

Profesi auditor adalah sebuah profesi yang mengedepankan profesionalitas dalam mengambil pertimbangan dan keputusan saat melakukan pemeriksaan atau pelaporan. Tentu saja profesi ini memiliki standar dalam bekerja. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk kita mengenal terlebih dahulu mengenai profesi ini, apa saja jenisnya, syaratnya dan pekerjaan yang dilakoninya. Secara dasar, audit dibagi menjadi 2 yaitu audit internal dan audit eksternal. Audit internal adalah kegiatan untuk menambah nilai dan meningkatkan operasi badan secara independen. Audit internal memiliki pendekatan terperinci untuk risiko manajemen, kontrol dan proses badan organisasi. Sedangkan audit eksternal merupakan audit yang dilakukan oleh badan (independen) eksternal yang memenuhi syarat-syarat. Tujuan dari audit eksternal adalah menentukan kelengkapan pencatatan akuntansi dan apakah sudah disusun sesuai dengan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan). Sehingga audit eksternal lebih kepada review atau pengecekkan laporan keuangan pemerintah atau bisnis.

Setelah mengetahui kedua dasar audit, maka saatnya Anda mengenal jenis-jenis profesi auditor yang dibagi menjadi 4 jenis, di antaranya:

1. Auditor Internal

Auditor internal mempunyai tugas membantu top management untuk mengawasi kegiatan operasional perusahaan dan segala aset yang dimiliki. Audit internal berasal dari perusahaan itu sendiri.

2. Auditor Eksternal

Auditor eksternal mempunyai tugas untuk memeriksa laporan keuangan sebuah badan atau perusahaan. Tentu saja seperti namanya, auditor eksternal berasal dari luar perusahaan atau disebut pihak ketiga yang bekerja untuk lembaga atau kantor akuntan.

3. Auditor Pajak

Seorang auditor pajak memiliki tugas untuk melakukan pemeriksaan wajib pajak sesuai undang-undang perpajakan yang berlaku. Auditor pajak dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

4. Auditor Pemerintah

Auditor pemerintah adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atau Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Auditor pemerintah bertugas memeriksa informasi laporan keuangan instansi pemerintah ketika pelaksanaan program dan penggunaan aset pemerintah.

Setelah mengetahui 4 jenis profesi auditor, saatnya mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus dimilikinya, yaitu seorang auditor harus memiliki mental yang berpendirian kuat, profesional dan cermat dalam segala hal dan memiliki bekal keahlian dan pelatihan yang cukup sebagai seorang auditor. Pelatihan dan keahlian auditor dapat juga Anda dapatkan ketika melakukan pelatihan karyawan atau pengembangan SDM. Untuk memudahkan Anda menjadi seorang auditor ada baiknya Anda menghubungi jasa pelatihan karyawan dan pengembangan SDM yang menyediakan program untuk profesi auditor. Program yang disediakan tentu saja akan memperkenalkan mengenai pekerjaan auditor dan membentuk karakter yang harus dimiliki auditor. Seperti yang dilakukan oleh Markshare, sebuah lembaga konsultan yang menyediakan jasa pelatihan karyawan dan pengembangan SDM dengan berbagai program dan acara yang disediakan. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai online training dan berbagai program yang kami sediakan.


Artikel Lainnya

5 Keuntungan CRM bagi Perusahaan

Customer Relationship Management (CRM) adalah strategi untuk mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan dan pelanggan potensial. Tujuan dari CRM adalah untuk mengumpulkan informasi yang cukup tentang pelanggan dan menggunakannya dengan cukup...

Manajemen Proyek Tangkas

Agile Project Management   Manajemen Proyek Tangkas atau Agile Project Management adalah metode manajemen proyek yang menggunakan teknik pengembangan yang singkat yang disebut scrum yang fokus pada peningkatan berkelanjutan dalam pengembangan suatu produk atau...

Kompetensi dan Konsistensi

“Orang pintar kalah dengan orang beruntung  namun orang beruntung kalah dengan orang konsisten.” Pernyataan ini kita amini , karena bukti nyata tentang konsistensi dan kompetensi. Kompetensi terbentuk dari prilaku yang dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan....

Langkah-langkah Proses Mengurus SNI

Diasuh Oleh: Sutomo Asngadi, S.S., M.M.(Consultant/Executive Trainer Strategic Supply Chain, Logistics, Export Import dan Procurement Management) Beberapa waktu kita pernah mendengar membaca dan melihat berita tentang produk yang tidak ber SNI seperti berikut ini....

Typology Strategi Supply Chain Lean-Agile-Leave

By: SUTOMO ASNGADI S.S., M.M Dalam manajemen rantai pasokan ada beberapa pertanyaan mendasar yang sering kita jumpai: Barang apa yang akan kita buat dan kita kirim? Bahan dan suku cadang apa yang harus diperoleh untuk membuat produk? Berapa banyak, dan kapan? Apa dan...

Tips agar Menjadi Kreatif dan Inovatif untuk Melatih dan Mengembangkan SDM

Kreatif adalah suatu proses penemuan ide baru dari pengembangan ide lama yang disesuaikan dengan tujuan dan keadaan. Temuan baru yang menghasilkan suatu karya yang berguna kita sebut inovasi. Semua kegiatan baik dalam kegiatan sosial sehari-hari maupun yang bersifat...

Digital Mindset

Digitalisasi telah terjadi, era 4.0 telah dimulai dan terus berlanjut, perlahan tapi pasti kita menjadi bagian dari era ini. Semua aspek kehidupan memasuki era digital. Masa pandemi covid 19 memicu perubahan ini lebih cepat terjadi. Penggunaan teknologi menjadi masa...

5 Kompetensi Penting Bagi Karir Anda ( Kompetensi 4.0)

Berbicara tentang karir, masih banyak yang beranggapan bahwa karir adalah jenjang dalam pekerjaan. Jika sesorang telah bekerja pada perusahaan kebanyakan akan memastikan dirinya akan mengembangkan diri dan menyesuaikan diri dengan perusahaan itu. Hal ini adalah...

Pengendalian Operasional Treasury Perbankan

Treasury dalam arti kata bahasa adalah perbendaharaan, yaitu aktifitas yang menghasilkan pengelolaan sejumlah dana. Arti yang lain treasury juga adalah salah satu aktivitas finansial di perusahaan, perbankan dan non perbankan, yang berkaitan dengan 3 (tiga) aktivitas...

3 Langkah Membangun Reputasi yang Handal dalam Public Relation

Hubungan masyarakat atau ilmu public relation adalah tentang reputasi. Reputasi sebenarnya terbangun dengan sendirinya, yaitu peraturan yang kita tetapkan sendiri untuk menghadapi pihak lain dan semua sudut pandang pihak lain kepada kita. Hal ini tentu saja berlaku...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat