Logo Markshare Training

Mengenal Hybrid Working di Tengah Pandemi 2021

hybrid-working-wfh-pandemi
Beranda » Blog » Mengenal Hybrid Working di Tengah Pandemi 2021

Table of Contents

Tahun 2021, kita masih mengalami pandemi oleh karena virus Covid-19. Semakin hari semakin meningkat pula angka perkembangan covid-19 khususnya di ibu kota. Maka banyak perusahaan yang mulai khawatir dengan kebijakan work from home yang mungkin akan diberlakukan oleh pemerintah kembali. Sebelumnya, sudah banyak perusahaan yang memakai konsep cara kerja yaitu work from home atau WFH untuk mengurangi penularan Covid-19 di dalam kantor hingga saat ini. Ditengah kondisi seperti itu, maka mulai muncul konsep hybrid working dimana kebebasan karyawan untuk bekerja dimana saja. Awalnya hybrid working adalah penggabungan konsep bekerja di kantor dengan bekerja dari rumah atau lokasi lainnya. Terlebih lagi, karyawan tidak perlu terikat atau terpaku dengan aturan jam kerja nine to five atau dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

Konsep hybrid working sudah lama ada dan mulai muncul kembali selama pandemi Covid-19. Tidak semua pekerjaan dapat efektif dilakukan melalui WFH atau tempat lain selain kantor, misalnya seperti saat diperlukannya rapat atau kolaborasi untuk pekerjaan tertentu yang lebih efektif dilakukan saat di kantor. Hybrid working sendiri sebenarnya akan membuat karyawan memiliki waktu yang lebih banyak di tempat lain dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dapat dikatakan, karyawan memiliki waktu yang fleksibel karena berkurangnya waktu perjalanan yang dibutuhkan antara kantor dan rumah.

Hybrid working juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk lebih meningkatkan kesejahteraannya karena memiliki work life balance ketika work from home (WFH) atau ketika bekerja dari tempat lain. Namun, adakah kekurangan ketika perusahaan menetapkan konsep hybrid working di saat pandemi sekarang?
Jawabannya, tentu ada. Komunikasi menjadi yang paling utama untuk membangun team work yang baik saat bekerja. Bahkan komunikasi jarak jauh, terkadang menimbulkan konflik lain saat bekerja atau sering disebut dengan miskomunikasi.

Oleh karena itu, untuk mengurangi kekurangan tersebut, ada baiknya sebelum menerapkan konsep hybrid working, perusahaan juga memberikan tips sederhana dan khusus agar karyawan dapat tetap memaksimalkan kinerjanya, yaitu :

  1. Pastikan fasilitas online karyawan terpenuhi seperti jaringan internet dan device yang digunakan
  2. Karyawan tetap melakukan laporan pekerjaan dan mengerjakan tugas sesuai deadline
  3. Karyawan tetap menggunakan pakaian yang nyaman untuk semangat bekerja
  4. Terapkan disiplin pribadi dan sesuaikan aturan kerja yang sudah ada kepada karyawan

 

Dari 4 tips diatas, karyawan juga akan merasa diperhatikan oleh perusahaannya ketika mereka melakukan pekerjaan dimanapun. Namun, ada pula satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan demi meningkatkan produktivitas karyawan ketika tidak berada di kantor, yaitu memberikan fasilitas mengenai pengembangan karyawan.

Pelatihan online untuk pengembangan karyawan perlu dilakukan oleh perusahaan selama masa WFH. Walaupun bekerja darimana saja, tetapi produktivitas dan skill setiap karyawan dapat dipertahankan, atau bahkan ditingkatkan. Apalagi ketika karyawan sepenuhnya bekerja selain di kantor dengan jam yang fleksibel, maka produktivitas akan sulit dipertahankan tanpa adanya program khusus. Banyak pelatihan online yang dibagi menjadi beberapa bidang seperti untuk bidang akuntansi, public speaking, sales, marketing, dan sebagainya. Pelatihan online tersebut dapat dikatakan efektif karena dapat diakses menggunakan teknologi terkini dan pastinya konsep materi yang dibawakan akan mudah dimengerti oleh karyawan walaupun tidak tatap muka. Maka sebenarnya, perusahaan tidak perlu khawatir lagi tentang konsep hybrid working di masa pandemi saat ini, apabila memang sudah merencanakan program khusus untuk meningkatkan skill dan produktivitas kerja karyawan.

Bagaimana? Apakah perusahaan Anda sudah menyiapkan langkah yang detail untuk menghadapi work from home atau menjalankan konsep hybrid working saat ini dengan mengadakan program pengembangan karyawan?
Jika sudah, maka Markshare dapat melengkapinya kembali dengan berbagai pelatihan khusus yang Anda perlukan. Dan jika belum, Markshare siap menjadi konsultan Anda untuk mengadakan berbagai program pengembangan karyawan dan pelatihan online untuk menunjang produktivitas dan skill yang dimiliki oleh setiap karyawan Anda.
Hubungi kami segera, dan silakan untuk cek jadwal pelatihan kami di bulan ini.

Name
Comment
WhatsApp Support Chat