Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data keuangan sebuah perusahaan atau sebuah bisnis bisa dimanfaatkan dalam mendukung kebijakan dan keputusan yang akan diambil. Baik oleh manajemen internal atau pihak eksternal yang memiliki kepentingan terhadap bisnis atau perusahaan.

Ingin tahu lebih banyak soal laporan keuangan dan analisisnya? Nah, Anda sudah berada di tempat yang tepat! Markshare akan menjelaskan secara detail mengenai analisis laporan keuangan. Simak baik-baik ya.

 

Mengapa Analisis Laporan Keuangan Perlu Dilaksanakan?

Laporan keuangan memiliki fungsi yang penting bagi perusahaan. Dengan menyusun laporan keuangan, Anda bisa mengetahui informasi mengenai kinerja perusahaan dan posisi keuangan. Dengan begitu, laporan tersebut bisa dijadikan dasar untuk mengambil keputusan.

Walau begitu, menilai performa perusahaan dan meningkatkan kinerja periode yang akan datang tidak hanya bisa dilihat dengan melihat laporannya saja. Anda juga harus melakukan analisis laporan keuangan.

 

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Lalu, apa saja tujuan melakukan analisis terhadap laporan keuangan? Pertama, analisis digunakan untuk menilai kinerja dan performa manajemen pada tahun berjalan. Kedua, untuk mengetahui perubahan pada posisi keuangan bisnis dalam periode tertentu.

Ketiga, analisis terhadap laporan keuangan dapat membuat kita mengetahui kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki sebuah bisnis atau perusahaan. Tidak hanya itu, tujuan lain dari analisis ini juga untuk mengetahui langkah perbaikan apa saja yang dibutuhkan untuk memperbaiki kinerja perusahaan dan posisi keuangan.

 

Metode-Metode Analisis Keuangan

Setidaknya terdapat empat metode analisis laporan keuangan yang bisa Anda gunakan. Berikut penjelasannya.

 

1. Metode Perbandingan/Komparatif
      Metode ini digunakan dengan cara menggunakan angka-angka yang terdapat di laporan keuangan. Kemudian, membandingkan dengan angka-angka yang terdapat di laporan keuangan sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan perbandingan pada masing-masing pos laporan keuangan yang signifikan dan relevan.
2. Metode Common Size Financial Statement
      Selanjutnya, metode Common Size Financial Statement yaitu salah satu metode analisis laporan keuangan yang dideskripsikan ke dalam bentuk presentasi. Presentasi yang dibuat umumnya adalah yang memiliki kaitan dengan jumlah dengan nilai yang penting. Contohnya seperti aset pada neraca dan penjualan pada laporan laba rugi perusahaan.
3. Metode Analisis
      Metode yang ketiga adalah metode analisis. Metode yang satu ini menggunakan teknik perbandingan laporan keuangan beberapa tahun. Lalu, membuat gambaran tren atau grafiknya.
      Maka dari itu, diperlukan bantuan pengetahuan statistik pada metode ini. Contohnya, seperti memanfaatkan rumus program linier y = a + bx. Nah, teknik tren ini bisa dimanfaatkan sebagai gambaran terhadap laporan keuangan di waktu mendatang dengan menggunakan data-data historis.
4. Metode Index Time Series
      Cara menggunakan metode Index Time Series adalah dengan menggunakan laporan keuangan yang dijadikan sebagai indeks. Kemudian, laporan tersebut digunakan sebagai tahun dasar.Umumnya, tahun dasar yang ditetapkan atau dipilih diberi indeks 100. Anda dapat menuliskan metode tren dan indeks dari laporan keuangan melalui beberapa langkah berikut ini:
    • Menetapkan tahun dasar sebagai acuan perhitungan. Pada umumnya, tahun awal saat dimulainya bisnis ditentukan sebagai tahun dasar, atau tahun yang dianggap mewakili dalam periode tahun yang akan dianalisis.
    • Masing-masing pos dalam tahun dasar tersebut diberikan angka indeks sebesar 100 poin.
    • Pada periode laporan yang dianalisis, pos-pos tersebut dibandingkan dengan pos-pos yang sama dalam laporan keuangan yang terdapat di tahun dasar.
    • Perlu dipahami bersama bahwa tujuan utama dari perhitungan rasio tren adalah menghasilkan perbandingan antara pos-pos yang satu memiliki keterkaitan informasi dengan pos yang lainnya. Sehingga dalam menghitung rasio tersebut biasanya tidak semua laporan rugi laba dan pos-pos dalam neraca dari beberapa periode terkait dihitung.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai analisis laporan keuangan yang perlu Anda ketahui. Ingin tahu lebih banyak mengenai keuangan perusahaan? Atau, Anda ingin mengadakan pelatihan karyawan terutama di bidang keuangan dan budgeting? Nah, Markshare bisa menjadi jawaban terbaik untuk Anda!
Dengan berbagai kelas dan training yang menarik, Markshare menyediakan pelatihan yang menarik dan mampu meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Tertarik untuk mencoba? Hubungi Markshare sekarang juga.

 



Artikel Lainnya

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat