Komunikasi adalah kegiatan keseharian yang kita lakukan sebagai mahkluk sosial. Hampir sebagian waktu kita isi dengan berkomunikasi, hampir seluruh kegiatan memerlukan komunikasi, rasanya tidak mungkin tanpa melakukan komunikasi. 

Komunikasi yang setiap saat terjadi dan kita lakukan sehari-hari secara lisan dan terus menerus itu kita sebut komunikasi secara langsung komunikasi verbal, ada lagi komunikasi yang kita buat secara tertulis, baik untuk situasi formal maupun non-formal yang disebut komunikasi non-verbal (tidak langsung).  

Hasil dari berkomunikasi adalah pesan. Inti dari berkomunikasi adalah pengirim pesan dan penerima pesan dapat dengan jelas mengirim dan menerima pesan. Pesan dapat langsung diterima dengan jelas, kurang jelas dan tidak jelas.  Hasil yang paling baik (efektif) adalah jika pesan tersebut diterima dengan jela. Jika pesan yang disampaikan direspon sama dengan yang dimaksud oleh pengirim pesan, maka komunikasi dinyatakan efektif (berjalan sesuai maksud dan tujuan). Sebaliknya komunikasi dikatakan tidak berjalan efektif jika penerima pesan kurang jelas dan bahkan salah mengartikan pesan.

Berkomunikasi saat ini makin beragam macam dan caranya. Dengan era masa kini yang menuntut kita tidak harus bertemu muka, maka komunikasi yang tidak langsung harus dikemas dan dikondisikan se-efektif mungkin.

Komunikasi di era digital adalah komunikasi yang kita buat beberapa hal seperti: surat elektronik, media sosial konten, video call, portal digital dan masih banyak lagi kanal digital yang mendadak akhir-akhir ini mau tidak mau  harus kita lakukan.  

Akan ada banyak hal yang harus kita pelajari lagi terkait cara-cara terkini dalam berkomunikasi. Hal tersebut dapat kita pelajari sendiri, ataupun melalui pelatihan karyawan yang khusus membahas tentang komunikasi digital. 

Selain bagi karyawan, pelatihan tersebut tentunya berlaku juga bagi semua pelaku bisnis dan berlaku juga bagi siapapun kita yang terlibat dalam komunikasi.  Karena hasil komunikasi yang diinginkan adalah pesan yang jelas dan berlanjut pada tindak lanjut bisnis maupun sosial yang cukup jelas dan sesuai dengan maksud dan tujuan maka, diperlukan pemahaman yang jelas tentang berkomunikasi yang efektif baik secara langsung (yang selama ini kita lakukan) maupun komunikasi secara tertulis melalui berbagai media digital yang mau tidak mau harus kita lakukan.

Secara khusus hal-hal mengenai komunikasi era digital sebaiknya dipelajari khusus dengan metode workshop. Pelatihan karyawan untuk modul ini pasti telah banyak disediakan oleh berbagai lembaga pelatihan. Kita dapat mengikuti berbagai pelatihan yang mengajarkan “bagaimana caranya”. Demikian juga dengan komunikasi digital. Tidak cukup dengan hanya mengetahui saja, tapi kita juga perlu tahu tentang bagaimanakah cara menggunakannya? Pada saat kita telah melakukan komunikasi digital tersebut barulah kita dapat mengimplementasikan.

Implementasi tersebut dapat mencakup kekuatan kata, etiket dalam penggunaan kalimat, kata dan kalimat yang harus dihindari, ‘punch’ atau tendangan kata yang mempu mengajak, memprovokasi atau mengarahkan. Hal ini tentu saja mengikuti konteks atau sudut pandang pesan yang kita sampaikan. Apakah dalam konteks menjual, menyampaikan pesan, promosi, pengumuman dan berbagai hal yang kita lakukan secara digital.

Pada akhirnya semua hal baru di masa kekikinian, yaitu era digital harus terus menerus kita gali, kita terapkan dan kita gunakan bagi kemajuan kita. Baik kita sebagai bagian dari organisasi maupun sebagi individu. Selamat melanjutkan aktivitas dan selamat berkarya, terus meneruslah menemukan hal baru yang mampu menggali potensi kita.

F Marlina (30 Juli 2020).

WhatsApp Support Chat