Lakukan 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM untuk Karyawan Perusahaan

 

Berkembangnya sebuah bisnis dalam perusahaan tidak terlepas dari peran karyawan yang bekerja sesuai dengan keahliannya. Namun tidak dipungkiri pula persaingan bisnis semakin ketat yang juga berpengaruh pada produktivitas SDM yang harus ditingkatkan juga. Meningkatkan produktivitas SDM dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui pelatihan karyawan atau pengembangan SDM perusahaan. Terdapat 7 jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang dapat dilakukan oleh perusahaan.

 

1. Pelatihan keahlian (skill training)

Pelatihan karyawan yang pertama dan biasa dilakukan oleh sebagian besar perusahaan adalah pelatihan keahlian atau skill training. Pelatihan keahlian ini mencakup penilaian akan kebutuhan ataupun kekurangan yang kemudian diidentifikasi melalui penilaian yang lebih dalam. Sehingga dengan pelatihan keahlian ini, karyawan dapat mengetahui kemampuan apa yang mereka miliki guna menunjang pekerjaannya.

 

2. Pelatihan ulang (retraining)

Pengembangan SDM juga dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan ulang atau retraining. Perusahaan tentu akan selalu mengalami perubahan yang mempengaruhi pekerjaan karyawan. Retraining diberikan guna karyawan dapat lebih percaya diri menghadapi dan menyelesaikan tuntutan pekerjaan yang tidak selalu sama setiap waktunya.

 

3. Cross functional training

Pelatihan karyawan selanjutnya adalah cross functional training atau pelatihan lintas fungsional. Pelatihan ini berisi tentang aktivitas kerja yang dilakukan karyawan pada bidang lain selain pekerjaannya. Tentu saja setiap pelatihan karyawan yang dilakukan ada tujuannya, seperti pelatihan yang satu ini, yaitu guna meningkatkan komunikasi dan juga setiap divisi dapat menjadi lebih sinergi dalam pekerjaan.

 

4. Pelatihan tim (team training)

Perusahaan akan menjunjung sebuah team work atau kerja sama dalam tim untuk mencapai goal bisnisnya. Maka dari itu pelatihan tim atau team training dilakukan untuk sekelompok karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan demi tujuan bersama. Membangun team work dilakukan dengan memberikan pelatihan tim di luar ruangan dengan beberapa permainan.

 

5. Pelatihan bahasa (language training)

Pelatihan bahasa atau language training merupakan salah satu pengembangan SDM yang dilakukan perusahaan lokal untuk dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan asing. Karyawan diharapkan dapat melakukan pelatihan bahasa agar terciptanya komunikasi yang baik dengan pihak luar.

 

6. Pelatihan teknologi (technology training)

Banyak perusahaan yang sudah menerapkan digital strategy atau digital marketing dalam bisnisnya. Mau tidak mau, karyawan juga diajak untuk dapat menambah skillnya dalam menerapkan fungsi teknologi di perusahaan. Pelatihan teknologi menjadi pelatihan karyawan yang cukup penting untuk menambah produktivitas kerja.

 

7. Pelatihan kreativitas (creativity training)

Pengembangan SDM yang terakhir yaitu pelatihan kreativitas atau creativity training. Pelatihan ini tentu akan memberikan peluang bagi karyawan untuk mengasah kreativitasnya, mengeluarkan gagasan baru dan inovasi yang menarik bagi bisnis perusahaan.

7 jenis pelatihan karyawan dan pengembangan SDM di atas tentu dapat dilakukan oleh perusahaan dengan bantuan melalui jasa training atau jasa pelatihan karyawan. Menciptakan SDM dengan kualitas yang terbaik sudah pasti akan berpengaruh dengan bisnis perusahaan yang akan semakin maju dan berkembang.

Anda dapat memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan melalui program pelatihan karyawan yang telah disediakan oleh Markshare Training. Dengan berbagai layanan yang diberikan, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam mengembangkan produktivitas dan skill karyawan.

 

WhatsApp Support Chat