7 Selling Steps for Sales People
- Date
1 - 2 Juli 2024
- Time
09:00-
15:00
- Location
Online via Zoom Meeting
Description
Zaman sekarang, lebih banyak yang di lakukan oleh seorang sales adalah melakukan 2 hal yaitu, “telling dan selling”. Apakah hal itu sudah cukup untuk membuat mereka menjadi survive menjadi seorang penjual? Sudah bias menjadi penjual yang handal?
Untuk memenangkan iklim kompetisi yang begitu ketat ini( bahasa kerennya : hypercompetitive), seorang penjual dituntut tidak hanya bias mengetahui product, tetapi juga harus mempunyai perilaku “ asking” dan “giving the solutions”.
Jika ada suatu pertanyaan, mana yang benar, sebagai seorang sales kita harus banyak bicara atau mendengar? Cara menjawabnya gampang..ingat aja berapa jumlah mulut dan telinga kita? Yang jumlahnya lebih banyaklah yang kita pakai.
Seorang sales peope harus lebih banyak mendengarkan. Cara mendengarkannya adalah dengan aktif bertanya, menanyakan kebutuhan, menggali kebutuhan customernya, karena tidak selamanya kebutuhan itu ditampakkan oleh customer kita, apakah lewat kata-kata ataupun bahasa tubuhnya. Dengan mendengarkan secara aktif, kita jadi tahu apa yang menjadi kebutuhan sebenarnya customer kita. Tehnik mendengarkan secara aktif (listening) adalah dengan bertanya, berbeda dengan mendengarkan secara pasif (hearing).
Tujuan
- Setelah berhasil menyelesaikan program ini, peserta akan mampu:
- Meningkatkan kepercayaan diri untuk mencapai target penjualan.
- Mengembangkan pola pikir pemenang untuk setiap sales people.
- Memahami dan mengelola proses penjualan.
- Memahami fitur eksklusif dan manfaat dari suatu produk.
- Mengembangkan strategi probing yang kuat untuk menggali kebutuhan customer.
- Menerapkan keterampilan profesional penjualan tatap muka dengan pelanggan
- Menangani keprihatinan pelanggan secara profesional
- Mendapatkan komitmen dari pelanggan
Topik
A. Bagaimana Membangun Self Confidence
•Hambatan seseorang menjadi tidak percaya diri
•Apa fondasi rasa percaya diri dan bagiamana keluar dari belenggu keminderan?
•Berbicara dengan percaya diri
B. Bangga sebagai seorang Sales Force
•Alasan orang tidak suka menjadi seorang penjual
•Beda penjual yang sukses dan penjual yang gagal
•Kisah sukses beberapa penjual yang berhasil
C. Research, Analysis dan Planning Skills
•Mengumpulkan data, menilai calon customer dan mendapatkan informasi
•Mengadakan riset pasar
•Menyiapkan product knowledge tools yang relevan di setiap rencana kunjungan
D. Opening, Listening dan Questioning Skills
•Keterampilan di dalam membuka kunjungan dan membangun hubungan awal
•Menyampaikan tujuan atau agenda kunjungan
•Mengidentifikasi dan memahami kebutuhan customer
E. Presentation dan Handling Objection Skills
•Menceritakan produk dalam bahasa yang dipahami oleh customer
•Memaparkan fitur dan manfaat produk secara konsisten
F. Closing Skills
•Mengetahui kapan dan bagaiman menutup penjualan
•Mendengar dan memberikan reaksi terhadap buying signal
G. Follow Up Skills
•Memastikan eksekusi kesepakatan dan tindakan yang telah disetujui
•Menindaklanjuti apa yang sudah dijanjikan
•Berpikir tentang sales tidak berhenti pada saat order
Fasilitas dan Kelengkapan Training
1. E-Certificate 2.Softcopy Handout Materi