Logo Markshare Training

Writing Skills for Successful Reporting

writing-skills

30-31 Mei 2024

09:00-

16:00

Hotel Jakarta

Description

Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat.
Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode.
Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis.
Tujuan
    Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis.
  • Mereka akan memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas.
  • Mereka akan memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon.
  • Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview.
  • Para peserta akan diperkenalkan, dibimbing dan dilatih untuk menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel.
  • Selain itu, di akhir pelatihan peserta akan memperoleh bimbingan menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif.
Topik
1.Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatif
  • Memahami tujuan & manfaat laporan & dokumen pada kegiatan manajemen perusahaan.
  • Memahami proses pembuatan laporan sebagai bagian dari bisnis proses perusahaan.
  • Mengetahui siapa pembaca dari laporan tersebut & kenapa mereka membacanya.
  • STUDI KASUS: membandingkan proses serta kebutuhan laporan di berbagai industri / sektor.
  • LATIHAN: memetakan kebutuhan pembaca laporan
    2.Sharing & Studi Kasus
  • Membahas beragam contoh technical report di sejumlah sektor / industri yang dapat dijadikan benchmark & evaluasi dalam penyusunan report writing.
  • STUDI KASUS: membahas membandingkan berbagai format & situasi di tempat kerja di sektor perbankan, keuangan, asuransi, manufaktur, SCM, oil & gas serta mining
    3.Menampilkan Kesan yang Tepat
  • Menggunaan bahasa yang tidak menimbulkan bias.
  • Memilih kata-kata dengan konotasi yang tepat untuk menyampaikan konsekuensi baik positif maupun negatif.
  • Menguasai penggunaan kata ganti & kata sifat yang jelas.
  • STUDI KASUS: membahas berbagai laporan yang bias, ambigu serta dampaknya.
  • LATIHAN: menyusun daftar kata ambigu, bias & maknanya.
    4.Menulis dengan Ringkas & Mudah Dipahami
  • Menggunakan Konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timelines) sebagai acuan.
  • Menguasai cara penulisan laporan yang ringkas: WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT. • Menerapkan konsep kunci dari “dapat dimengerti”.
  • Membatasi penggunaan jargon.
  • STUDI KASUS: memahami dampak gaya konsultatif pada pembuat keputusan.
  • STUDI KASUS: membandingkan laporan dengan & tanpa ringkasan.
  • LATIHAN: menulis executive summary dengan gaya konsultatif.
    5.Menyiapkan & Mengumpulkan Data Pendukung
  • Memahami proses penerimaan informasi melalui otak.
  • Mengajukan pertanyaan dengan metode 5W3HTPO & Behavioral Event Interview.
  • Mendengarkan dengan baik ketika menerima informasi / feedback (metamodel).
  • LATIHAN: pemahaman kerja otak melalui Brain Games.
  • LATIHAN: membuat daftar pertanyaan & melakukan interview.
    6.Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan Laporan
  • Membahas 5 elemen dalam observasi meliputi: penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi.
  • Menyusun penulisan dari hasil observasi: paragraf, pemetaan, outline & format tabel.
  • Menyusun laporan yang terpadu & paragraf yang berkesinambungan.
  • STUDI KASUS: membandingkan berbagai format laporan yang umum digunakan.
  • LATIHAN: melengkapi checklist observasi untuk suatu laporan
    7.Praktek & Evaluasi
  • Membahas penulisan observasi & data pendukung menjadi laporan teknis.
  • Membahas penggunaan alat bantu (xmind).
  • SIMULASI: menggunakan brainstorming untuk mendapatkan persepsi yang sama terhadap format executive summary (ringkasan eksekutif) & kamus istilah (glossary).
  • SIMULASI: membentuk kesepakatan bersama terhadap format yang nantinya dijadikan standar untuk penulisan laporan.
  • Target Peserta
  • Profesional yang melakukannya penalizan business Report
  • Fasilitas dan Kelengkapan Training
    1. E-Certificate
    2.Softcopy Handout Materi

    Cost

    Online

    Rp. 3.750.000/ Individu

    Rp. 3.500.000/ Individu (Min 3 Orang)

    Offline

    Rp. 5.500.000/ Individu

    Rp. 5.000.000/ Individu (Min 3 Orang)

    Status event

    Waiting

    WhatsApp Support Chat