Technical Report Writing Skill
- Date
5-6 Desember 2024
- Time
09:00-
15:00
- Location
Online via Zoom Meeting
Description
TECHNICAL REPORT WRITING
Menerapkan Gaya Kolaboratif & Konsultatif
Perkembangan teknik pelaporan maupun penulisannya telah berubah dengan pesat. Untuk itu, setiap perusahaan berkepentingan untuk memiliki staf pelaksana, penyelia maupun manajer yang memiliki kemampuan dan keterampilan menuliskan laporan teknis secara visual, tepat guna, tepat waktu maupun tepat metode.Melalui pelatihan ini, para pemula maupun senior akan mendapatkan bimbingan langkah demi langkah guna memahami, menguasai, membenahi & memperbaiki teknik penulisan laporan teknis. Pelatihan Jasa Pelatihan Lembaga Pelatihan Pelatihan Karyawan Pengembangan SDM Training SDM Pelatihan dan Pengembangan SDM Pengembangan Karyawan Lembaga Training Training Karyawan
Tujuan
Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta dapat:Memahami gaya kolaboratif & konsultatif serta menampilkan kesan yang tepat dengan memilih bahasa yang tidak bias, memilih kata-kata dengan konotasi tepat hingga menggunakan kata ganti & kata sifat yang jelas.
Memahami teknik menulis dengan ringkas & mudah dipahami dengan konsep SMART, WHAT – SO WHAT – NEXT WHAT serta menghindari jargon.
Menyiapkan & mengumpulkan data pendukung, terutama melalui teknik 5W3HTPO serta Behavior Event Interview.
Menyiapkan observasi sebagai bahan penyusunan laporan, terutama berkaitan dengan penyebab, dampak, kondisi, kriteria & rekomendasi, baik dalam bentuk paragraf, pemetaan, outline maupun tabel.
Menggunakan aplikasi xmind untuk mewujudkan laporan bergaya kolaboratif & konsultatif.
Memperoleh manfaat dalam bidang knowledge & Skill di bidang penulisan laporan teknis, plus hal-hal praktis di lapangan dengan fokus kepada peningkatan kinerja & pelaporannya.
Topik
Sesi 1 : Menuliskan laporan dengan gaya kolaboratif & konsultatifSesi 2 : Sharing & Studi KasusSesi 3 : Menampilkan Kesan yang TepatSesi 4 : Menulis dengan Ringkas & Mudah DipahamiSesi 5 : Menyiapkan & Mengumpulkan Data PendukungSesi 6 : Menyiapkan Observasi sebagai Bahan Penyusunan LaporanSesi 7 & 8 : Praktek & Evaluasi
Target Peserta
Staf Pelaksana, Penyelia Maupun Manajer yang Ingin Menguasai Gaya Kolaboratif & Konsultatif.Manajer, Kepala Departemen, Pimpinan Tim, Sekretaris, Administrator, Petugas, atau mereka yang ingin mempertajam keterampilan mereka untuk bekerja lebih efektif di tempat kerja saat ini. Cocok untuk semua tingkatan dalam suatu organisasi