Menyusun Job Analysis, Job Description dan Job Designed
- Date
7-8 Maret 2024
- Time
09:00-
16:00
- Location
Hotel Jakarta
Description
Job analysis adalah proses sistematis untuk mengumpulkan semua informasi tentang pekerjaan, termasuk persyaratan keterampilan, peran, tanggung jawab, dan proses untuk membuat deskripsi pekerjaan yang valid. Hal ini juga memberi gambaran tentang kualitas SDM secara fisik, emosional, dan terkait yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik.
Dengan adanya analisis pekerjaan, maka perusahaan dapat memastikan bahwa kandidat yang dipilih memang tepat. Untuk jangka panjang, job analysis membantu pemberi kerja dalam rekrutmen dan seleksi, manajemen kinerja, memilih kompensasi, tunjangan, dan sebagainya. Ini membantu karyawan lebih bisa memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan dari mereka.
Job description adalah uraian pekerjaan atau lebih tepatnya gambaran mengenai tugas dari suatu jabatan. Job description merupakan suatu penjabaran tertulis yang berisi tentang tujuan dari dibentuknya suatu jabatan dan tugas. Melalui job description inilah maka akan didapatkan gambaran mengenai apa yang harus dilakukan oleh seseorang dengan jabatan tertentu. Seorang karyawan juga dapat melakukan tugasnya sesuai dengan job description yang jelas sehingga ia dapat mengerti benar tentang bagaimana ia harus menjalankan pekerjaannya. Dengan uraian pekerjaan yang jelas ia dapat menjalin hubungan dan komunikasi dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan jabatan di pekerjaanya.
Karyawan dengan job description yang jelas akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sehingga ia dapat membantu sebuah perusahaan dalam menjalankan misinya. Visi perusahaan pada akhirnya dapat dicapai dengan baik dan hasil yang dicapai bukan tidak mungkin akan sesuai dengan apa diharapkan baik oleh pemilik bisnis maupun oleh karyawan sendiri. Oleh karena itu sebuah job description sangatlah penting dan perlu disosialisasikan kepada para karyawan di suatu perusahaan.
Dari Job Analysis dan Job Description yang sudah jelas Perusahaan ke depannya akan mudah melakukan Job Designed (Rancangan Pekerjaan) yang meliputi Job Enrichment, Job Enlargement, mutasi, rotasi, special assignment, substitute assignment, coaching, mentoring dan Job shadowing.
Guna memfasilitasi kebutuhan tersebut, maka Workshop ini akan memberikan pelatihan bagaimana menyusun Job Analysis dan Job Description dengan baik . Selain hal tersebut, melalui workshop ini, peserta juga akan diajak untuk bisa menerapkan Job Designed secara strategis sehingga program pengembangan SDM dapat berjalan dengan baik untuk menciptakan produktifitas kinerja.
Tujuan
Topik
Day 1Diskusi awal pemahaman Job Analysis dan Job Description (perbedaannya). Langkah awal pembuatan Job Analysis. Manfaat dan fungsi dari Job Analyisis. Praktek dan Latihan membuat Job Analysis. Tahap pembuatan Job Description Fungsi dan kegunaan Job Description untuk pengembangan SDM. Bagaimana mengevaluasi Job Description. Praktek dan Latihan membuat Job Description
Day 2 Review pelatihan hari ke-1 tehnik menyusun Job Analysis dan Job Description. Contoh Job Analysis dan Job Description beserta penjelasannya. Tiga element Job Designed. Tujuh komponen Job Designed. Alternatif penggunaan Job Desigend Dampak dan manfaat Job Designed bagi Perusahaan. Praktek dan Latihan membuat Job Designed. Review pelatihan hari ke-2 penerapan Job Designed.
Target Peserta
Staff, Supervisor dan Manager HRD serta professional di Department lain yang ingin mendalami pembuatan Job Analysis, Job Description dan Job Designed untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Perusahaan.
Fasilitas dan Kelengkapan Training
1.Certificate2.Softcopy Handout Materi3.Souvenir 4.Konsumsi (1x Lunch & 2 Coffee Break / Hari)