Coaching & Counseling
- Date
23-24 September 2024
- Time
09:00-
16:00
- Location
Hotel Jakarta
Description
Dalam pengelolaan kinerja (performance management) maka diperlukan upaya agar setiap orang dapat mencapai target kerjanya. Seorang kepala bagian dan kepala sub bagian secara sistematis dan terprogram harus mampu membantu setiap orang dalam tim nya melalui Coaching dan Counseling. Karenanya, Coaching & Counseling bukan hanya merupakan tools untuk mengembangkan kompetensi karyawan tetapi juga ditujukan untuk memelihara komitmen mereka, sehingga mampu mencapai Target (KPI)-nya.
Coaching adalah suatu cara untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dan kapasitas setiap orang sehingga berhasil mencapai sasaran kerjanya. Seringkali Coaching berurusan dengan kemampuan teknis. Coaching dapat dilakukan kapan saja bila kepala bagian dan kepala sub bagian merasa perlu, tidak bergantung pada jadwal tertentu.
Counseling adalah metode untuk memperbaiki masalah perilaku dan sikap mental agar sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Counseling lebih mengarah pada aspek psikologis, sikap dan emosional, sehingga untuk melaksanakan counseling seorang kepala bagian dan kepala sub bagian perlu dibekali dengan pengetahuan untuk memahami area psikologis tersebut dan keterampilan aplikasinya dilapangan.
Tujuan
Topik
Sesi 1: Performance Management dan Hubungannya Dengan Coaching & Counseling Sebagai Solusi Perbaikan
Memahami 3 masalah utama dalam performance management dan kiat mengembangkan sumber daya manusia yang dimilikinya. Memahami Prinsip dasar Coaching & counseling. Pemahaman masalah kinerja dan solusinya, termasuk coaching & counseling Latihan mengembangkan Performance Problem Analysis & Solution. Latihan membuat rencana pengembangan lanjutan. Menentukan standar kinerja dan performa vs kapasitas bawahan. Mapping bawahan dengan Skill/Will matrix dan metode pengembangannya.
Sesi 2: Pondasi Dasar Coaching & Counseling: Bagaimana Memahami Dan Mengidentifikasi
Beragam tipe individu dan perilaku bermasalah di perusahaan. Beragam akibat dan kiat menangani individu bermasalah. Latihan mengenali individu bermasalah. Latihan menentukan strategi menangani individu bermasalah.
Sesi 3: Metode Merubah Tim Berdasarkan Tipologi dalam Coaching & Counseling
Mengenali beragam tipologi psikologis manusia dan teknik menghadapinya. Latihan tehnik mengidentifikasi tipe kuasa, gaul, harmoni dan pemikir. Mengenali motivasi dan preferensi setiap tipologi, dan kecenderungannya dalam pekerjaan. Beragam masalah yang sering terjadi pada karyawan sesuai tipologi. Latihan mengenali tipologi dan menghadapinya. Studi kasus dan latihan didalam menghadapi konflik secara langsung menggunakan pendekatan tipologi.
Sesi 4: Komunikasi Efektif Dalam Tim
Memahami dampak pikiran Sadar & Bawah Sadar untuk sukses diri dan menjalin komunikasi yang berdampak sebagai seorang leader. Mempelajari faktor penting komunikasi dan aplikasinya. Memahami kiat membangun rasa percaya dalam tim untuk membina mental positif, kemitraan & kerjasama yang efektif. Membahas konsep trust di lapangan: no trust, formal, personal serta melakukan analisa trust level tim. Menentukan tehnik trust building yang efektif serta action plannya.
LATIHAN: membuat action plan trust building dan follow up nya.
Fasilitas dan Kelengkapan Training
1.Certificate2.Softcopy Handout Materi3.Souvenir 4.Konsumsi (1x Lunch & 2 Coffee Break / Hari)