COMPENSATION dan BENEFITS
Merancang Struktur & Skala Upah dan

sistem Kompensasi Efektif

Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya, harus ada ukuran, metoda dan factor-faktor yang mampu menggambarkan prinsip penggajian yang dirasa adil, serta konsisten dalam pelaksanaannya. Struktur penggajian sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat jabatan ( manajerial, non manajerial ), kompetensi, kinerja yang dihasilkan serta regulasi yang harus diikuti disamping kemampuan perusahaan untuk melaksanakannya. Perlu adanya kebijakan dan struktur yang mampu mengakomodasikan faktor-faktor yang berpengaruh tersebut diatas. Agar penggajian cukup menarik minat calon karyawan dan mampu mempertahankan karyawan yang berprestasi, selain memperhatikan regulasi yang berlaku serta kemampuan perusahaan, perlu juga memperhatikan kompetensi, pengalaman, posisi yang dijabat oleh karyawan yang bersangkutan, serta kinerja yang dihasilkan oleh karyawan yang bersangkutan, konsep ini lebih dikenal dengan konsep 3P, yaitu Pay for People, Pay for Position dan Pay for Performance.

Bagi mereka yang mengelola bidang Sumber Daya Manusia mutlak diperlukan landasan pemahaman dan sistematika proses penyusunan penggajian serta bagaimana pula cara membenahi struktur / susunan penggajian yang masih dirasakan tidak memenuhi prinsip-prinsip penggajian (pengupahan) yang adil, sederhana, tertib dalam pengadministrasian, melindungi sumber daya perusahaan, akuntabel dll

Sasaran Pelatihan

  • Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian mulai dari Job Analysis, Job Evaluation, Job Grading sampai dengan penyusunan struktur penggajian.
  • Memahami pentingnya Job Description dalam penyusunan struktur penggajian
  • Mengetahui pengaruh Performance Appraisal dalam kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan.
  • Mengetahui serta memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non manajerial
  • Mengetahui serta memahami non functional management yang minimal harus dikuasai dalam posisinya sebagai seorang manager.

Outline Materi

Sesi 1 : Tantangan Organisai saat ini : persaingan, produktivitas dan daya saing
Kompensasi : Target – Kompetensi = Nilai tambah
Strategi Kompensasi dan benefit

Sesi 2 : Pengupahan dan kompensasi dala UU Ketenagakerjaan
Hak normatif dan Non Normatif
Pengertian – pengertian pokok dalam pengupahan

Sesi 3 : Penjelasan Kepmen 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah

Sesi 4 : Job Analysis sebagai dasar dalam penyusunan Grading dan Struktur Upah

Sesi 5 : Melakukan Job Evaluation
Mengadministrasikan hasil JE ke dalam Rancangan Grading

Sesi 6 : Merancang Skala Upah
Garis Upah Tunggala, Linier, atau Eksponensial

Sesi 7 : Membuat Struktur Skala Upah
Membuat Sistim Pengereman : otomatis – Merit atau Semi otomatis Mengelola struktur dan skala upah Kompetensi
Produktivitas

Sesi 8 : Benefit
Wajib Berdasarkan UUSJSN
Sukarela

Metode Pelatihan

  • Tutorial
  • Interaktif
  • Simulasi dan praktek

Itulah penjelasan mengenai merancang struktur & skala upah dan sistem kompensasi efektif. Dalam dunia industri, penetapan besaran gaji disesuaikan dengan tingkat jabatan, kompetensi, regulasi dan lain sebagainya. Dalam upaya perancangan dan pelaksanaannya, Anda tentu harus membekali sumber daya manusia untuk menjadi individu atau tim yang berkualitas yang berdaya saing. Guna mencapai tujuan tersebut, kami jasa training karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan Markshare siap membantu perusahaan Anda mengembangkan skill sekaligus mengupgrade kemampuan karyawan di perusahaan. Tentu saja di saat ini, kami menyediakan online training atau seminar online yang dapat dilakukan tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan saat ini. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai online training dan berbagai program yang kami sediakan.

 


Artikel Lainnya

Pekerjaan Lebih Efektif dengan 5 Teknik Delegasi Tugas Ini

Salah satu cara mengoptimalkan produktivitas adalah mendelegasikan tugas. Walaupun, mungkin mendelegasikan tugas dan memberikan kendali kepada orang lain merupakan sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Maka, tidak heran jika para pemimpin lebih memilih untuk...

Dijamin Efektif, Berikut Tips-Tips Jitu Meningkatkan Kepuasan Kerja pada Karyawan

Untuk mencapai tujuan perusahaan, karyawan merupakan sumber daya yang penting. Maka, mengelola SDM adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.  Selain itu, pengelolaan SDM berkaitan erat dengan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja para karyawan sendiri...

Agar Bisnis Tetap Bertahan dan Berkembang, Terapkan Strategi Digital Marketing yang Efektif Berikut Ini

Berkembangnya teknologi membuat periklanan dan pemasaran beralih ke media digital dan internet. Digital marketing memiliki fungsi untuk menarik konsumen dan calon konsumen dengan cepat. Pesatnya penggunaan internet dan teknologi di kalangan masyarakat  membuat...

7 Power Skills Penting yang Wajib Dimiliki untuk Mengembangkan Bisnis

  Seiring berjalannya waktu, keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja terus berubah. Keterampilan yang paling dicari bukan saja kemampuan di bidang teknis saja, tetapi juga kemampuan behavioral yang  biasa disebut sebagai soft-skills. Soft skills,...

Liburan di Tengah Pandemi? Yuk Simak Tips Liburan Aman Saat Corona dan Tren Wisata Ini

Keadaan yang serba tidak pasti saat pandemi membuat semua orang lelah secara fisik maupun mental. Menjadi sebuah hal yang wajar apabila orang-orang ingin liburan untuk menghilangkan kejenuhan dan menyegarkan kembali tubuh dan pikiran. Apalagi, kebijakan PPKM...

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan memiliki keberlanjutan yang baik. Lalu, bagaimana cara memilih strategi bisnis yang tepat? Nah, menggunakan analisis SWOT dan atau SOAR bisa menjadi pilihan yang...

Motivasi Tim Kerja dan Cara Meningkatkan Penjualan dengan Strategi di Era New Normal

Pandemi Covid-19 membawa begitu banyak perubahan dalam aspek kehidupan, khususnya pada lingkup bisnis dan pekerjaan. Pemberlakuan new normal membuat aktivitas sehari-hari berubah demi beradaptasi dengan keadaan baru. Kelelahan menghadapi pandemi membuat beberapa...

Biar Cepat Dapat Kerja, Berikut Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

Mendapatkan pekerjaan merupakan impian bagi seorang fresh grad`uate. Sayangnya, tidak semua orang dapat menggapai kesempatan tersebut secara mudah. Apalagi, ditambah dengan terbatasnya lapangan pekerjaan dan banyaknya pesaing. Terlebih lagi, pihak perusahaan biasanya...

Top 5 Training Terlaris di Markshare

Pandemi Covid-19 mengubah tatanan dunia, terutama mengenai bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain, melakukan aktivitas sehari-hari, dan bagaimana kita bekerja. Di era new normal, masyarakat dituntut untuk tetap beraktivitas dengan mengikuti aturan protokol...

Bagaimana Pengelolaan Piutang yang Tepat? Ini Jawabannya

Pengelolaan keuangan dalam sebuah perusahaan atau bisnis merupakan hal yang sangat esensial. Bahkan, menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan berjalannya sebuah bisnis. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan adalah pengelolaan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat