COMPENSATION dan BENEFITS
Merancang Struktur & Skala Upah dan

sistem Kompensasi Efektif

Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya, harus ada ukuran, metoda dan factor-faktor yang mampu menggambarkan prinsip penggajian yang dirasa adil, serta konsisten dalam pelaksanaannya. Struktur penggajian sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat jabatan ( manajerial, non manajerial ), kompetensi, kinerja yang dihasilkan serta regulasi yang harus diikuti disamping kemampuan perusahaan untuk melaksanakannya. Perlu adanya kebijakan dan struktur yang mampu mengakomodasikan faktor-faktor yang berpengaruh tersebut diatas. Agar penggajian cukup menarik minat calon karyawan dan mampu mempertahankan karyawan yang berprestasi, selain memperhatikan regulasi yang berlaku serta kemampuan perusahaan, perlu juga memperhatikan kompetensi, pengalaman, posisi yang dijabat oleh karyawan yang bersangkutan, serta kinerja yang dihasilkan oleh karyawan yang bersangkutan, konsep ini lebih dikenal dengan konsep 3P, yaitu Pay for People, Pay for Position dan Pay for Performance.

Bagi mereka yang mengelola bidang Sumber Daya Manusia mutlak diperlukan landasan pemahaman dan sistematika proses penyusunan penggajian serta bagaimana pula cara membenahi struktur / susunan penggajian yang masih dirasakan tidak memenuhi prinsip-prinsip penggajian (pengupahan) yang adil, sederhana, tertib dalam pengadministrasian, melindungi sumber daya perusahaan, akuntabel dll

Sasaran Pelatihan

  • Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian mulai dari Job Analysis, Job Evaluation, Job Grading sampai dengan penyusunan struktur penggajian.
  • Memahami pentingnya Job Description dalam penyusunan struktur penggajian
  • Mengetahui pengaruh Performance Appraisal dalam kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan.
  • Mengetahui serta memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non manajerial
  • Mengetahui serta memahami non functional management yang minimal harus dikuasai dalam posisinya sebagai seorang manager.

Outline Materi

Sesi 1 : Tantangan Organisai saat ini : persaingan, produktivitas dan daya saing
Kompensasi : Target – Kompetensi = Nilai tambah
Strategi Kompensasi dan benefit

Sesi 2 : Pengupahan dan kompensasi dala UU Ketenagakerjaan
Hak normatif dan Non Normatif
Pengertian – pengertian pokok dalam pengupahan

Sesi 3 : Penjelasan Kepmen 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah

Sesi 4 : Job Analysis sebagai dasar dalam penyusunan Grading dan Struktur Upah

Sesi 5 : Melakukan Job Evaluation
Mengadministrasikan hasil JE ke dalam Rancangan Grading

Sesi 6 : Merancang Skala Upah
Garis Upah Tunggala, Linier, atau Eksponensial

Sesi 7 : Membuat Struktur Skala Upah
Membuat Sistim Pengereman : otomatis – Merit atau Semi otomatis Mengelola struktur dan skala upah Kompetensi
Produktivitas

Sesi 8 : Benefit
Wajib Berdasarkan UUSJSN
Sukarela

Metode Pelatihan

  • Tutorial
  • Interaktif
  • Simulasi dan praktek

Itulah penjelasan mengenai merancang struktur & skala upah dan sistem kompensasi efektif. Dalam dunia industri, penetapan besaran gaji disesuaikan dengan tingkat jabatan, kompetensi, regulasi dan lain sebagainya. Dalam upaya perancangan dan pelaksanaannya, Anda tentu harus membekali sumber daya manusia untuk menjadi individu atau tim yang berkualitas yang berdaya saing. Guna mencapai tujuan tersebut, kami jasa training karyawan, pelatihan dan pengembangan karyawan Markshare siap membantu perusahaan Anda mengembangkan skill sekaligus mengupgrade kemampuan karyawan di perusahaan. Tentu saja di saat ini, kami menyediakan online training atau seminar online yang dapat dilakukan tanpa perlu mengkhawatirkan keadaan saat ini. Anda dapat menghubungi kami untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai online training dan berbagai program yang kami sediakan.

 


Artikel Lainnya

Ingin Perusahaan Anda Berkembang? Terapkan Cara Manajemen Arus Kas Berikut ini

Arus kas merupakan salah satu indikator yang signifikan untuk mengukur tingkat efektivitas penggunaan modal dan taktik bisnis yang sudah dilaksanakan oleh sebuah perusahaan. Mengatur arus kas dengan baik bisa membantu Anda dalam mengembangkan usaha. Bisnis Anda...

Kenali Seluk Beluk Tentang Perseroan Terbatas Sebelum Anda Membangun Perusahaan

Apakah Anda ingin membangun sebuah perusahaan berbasis PT? Ada baiknya Anda mengenal seluk beluk mengenai perseroan terbatas terlebih dahulu. Apa sebenarnya PT itu? Apa saja ciri-cirinya? Yuk temukan jawabannya pada ulasan berikut ini. Pengertian Perseroan Terbatas...

Bagaimana Cara Menjaga Work Life Balance? Yuk Ikuti 7 Tips Berikut Ini

Kejenuhan dan kelelahan akan pekerjaan tidak bisa dianggap sepele. Hal-hal tersebut dapat menjadi salah satu masalah yang besar dan dapat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain. Karyawan yang selalu merasa lelah cenderung lebih mudah tertekan, mudah...

Bukan Sekadar Meraup Omzet, Inilah Cara Menghitung Profit Margin yang Memberi Keuntungan

Seperti yang kita ketahui, tujuan utama bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Lantas, darimana kita mengetahui jika bisnis yang sedang kita jalankan mendapatkan laba? Nah, tentu saja terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya. Di dalam...

Tetap Produktif, Berikut 5 Aplikasi Online untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Saat WFH

Penyebaran virus COVID-19 membuat banyak karyawan dan perusahaan melaksanakan WFH (Work from Home) guna menekan penyebaran virus tersebut. Untungnya, saat ini perkembangan teknologi sudah berkembang dengan baik. Banyak aplikasi online yang bisa mendukung kinerja untuk...

Apa Perbedaan Purchasing dan Procurement? Ini Dia Penjelasannya

Bagi orang-orang yang telah berkiprah di dunia bisnis, istilah purchasing dan procurement tentu sudah tidak asing lagi. Walau begitu, masih ada yang belum betul-betul memahami perbedaan antara purchasing dan procurement. Meski kedua istilah tersebut berhubungan dengan...

Pahami Pentingnya Pengendalian Persediaan Beserta Fungsi dan Metodenya

Pernah mendengar istilah stock atau persediaan? Bagi Anda yang bekerja di perusahaan—khususnya perusahaan manufaktur—istilah ini tentu sangat familiar. Persediaan adalah sumber daya atau barang-barang yang disimpan di dalam gudang. Barang-barang ini nantinya akan...

Mengapa CRM Penting untuk Bisnis? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan dan mempertahankan loyalitas pelanggan, CRM (Customer Relationship Management) sangat dibutuhkan. Di era yang berbasis dengan data seperti sekarang ini, perkembangan perusahaan akan sangat terbantu dengan adanya CRM. Lalu, apa...

Penting untuk Karyawan, Berikut Cara Berpikir Kreatif untuk Memecahkan Masalah Pekerjaan

Berpikir secara kreatif merupakan keahlian untuk melihat masalah dari berbagai cara pandang baru dan juga dengan sudut pandang yang berbeda. Keterampilan ini tidak hanya dibutuhkan oleh seniman, tapi juga dibutuhkan oleh karyawan. Keterampilan berpikir kreatif bisa...

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data keuangan sebuah perusahaan atau sebuah bisnis bisa dimanfaatkan dalam mendukung kebijakan dan keputusan yang akan diambil. Baik oleh manajemen internal atau pihak eksternal...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif Menurut Anda unsur apakah yang digunakan oleh perusahaan dalam menentukan besaran gaji Anda? Perusahaan pasti tidak akan begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya,...

Strategic Sourcing & Vendor Management

Strategic Sourcing & Vendor Management   Keberhasilan proses procurement/purchasing sangat ditentukan oleh bagaimana proses hubungan dengan vendor dilaksanakan. Seluruh masalah dalam vendor management yang terkait dengan;...

Problem Solving & Decision Making

Problem Solving & Decision Making    

Comprehensive Basic Accounting for Executive

Comprehensive Basic Accounting for Executive MATERI PELATIHAN: Hari - Pertama 1.      Akuntansi Bahasa Bisnis 2.      Laporan Keuangan – Fungsi Sistem Akuntansi dan Audit. 3.      Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Umum di Indonesia dikenal dengan PSAK 4.      Laporan...

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS

Metode Penyusunan Spesifikasi & HPS     DESKRIPSI Proses penyusunan Spesifikasi serta Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atau Owner Estimate (OE), oleh team terkait secara akurat & terperinci yang disertai; deskripsi ruang lingkup pekerjaan, desain,...

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI

Teknik Penyusunan SOP menggunakan KPI   OVERVIEW Seringkali perusahaan mengalami kesulitan ketika cakupan skala usahanya semakin membesar. Kondisi demikian menuntut prosedur yang standar agar setiap karyawan memiliki tugas yang terstandar dan tidak saling lempar...

Effective Office Management

Effective Office Management With Kaizen 5S & Filing System   PENDAHULUAN: Manajemen perkantoran dapat didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta menggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai...

Financial Statement Analysis

Financial Statement Analysis AGENDA TRAINING TOPIK PELATIHAN ”FINANCIAL STATEMENT ANALYSIS” - FSA   SESI. 1. Financial Statement – an Overview a.       Subyek Utama Analisa Laporan Keuangan b.       Teknik, Alat, dan Acuan Penting dalam Melakukan Analisis Laporan...

Advanced Secretary Development Program

Advanced Secretary Development Program    

Leadership & Managerial Skills

SUCESSFULLY MANAGING PEOPLE “Leadership & Managerial Skills” OVERVIEW Bagi para Kepala Divisi, Kepala Unit, Supervisor maupun Manager dengan tugas-tugas baru (line manager), tidak dapat disangkal bahwa kepemimpinan menjadi salah satu masalah pokok dalam mengelola...
WhatsApp Support Chat