Mendapatkan pekerjaan merupakan impian bagi seorang fresh grad`uate. Sayangnya, tidak semua orang dapat menggapai kesempatan tersebut secara mudah. Apalagi, ditambah dengan terbatasnya lapangan pekerjaan dan banyaknya pesaing.

Terlebih lagi, pihak perusahaan biasanya cenderung merekrut calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun. Lalu, bagaimana cara agar fresh graduate bisa mendapatkan pekerjaan? Yuk ikuti tips melamar kerja untuk fresh graduate berikut ini.

  1. Memasukkan Pengalaman Bekerja atau Organisasi pada CV
    Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyertakan semua pengalaman bekerja, magang, dan pengalaman organisasi ke dalam CV. Baik itu bekerja paruh waktu, freelance ataupun pekerjaan berbasis proyek. Apabila Anda dapat menceritakan berbagai pengalaman tersebut, maka Anda bisa menjadi kandidat yang memiliki kesan baik di mata perekrut.
    Walau begitu, hindari menyunting CV secara berlebihan. Buatlah CV yang ringkas dan informatif.
  2. Mengenali Apa yang Menjadi Minat Anda
    Sebelum Anda menginjakkan kaki di dunia kerja, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi minat Anda serta pekerjaan seperti apa yang Anda inginkan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka Anda dapat mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk memperoleh posisi yang Anda impikan.
  3. Memahami Deskripsi Pekerjaan
    Saat akan melamar sebuah pekerjaan, tentu Anda perlu mengetahui dan memahami deskripsi pekerjaan yang akan Anda tuju. Dengan memahami deskripsi dengan baik, maka Anda bisa membuat resume yang bagus. Nah, dengan resume yang bagus dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dituju, maka dapat lebih meyakinkan pihak perusahaan untuk mempertimbangkan apakah Anda akan diterima atau tidak.
  4. Memanfaatkan Networking
    Tips melamar kerja selanjutnya adalah dengan memanfaatkan networking. Anda bisa menggunakan bantuan dari jalinan pertemanan Anda untuk memperoleh pekerjaan pertama. Jika Anda mempunyai jaringan networking yang luas, maka peluang untuk memperoleh pekerjaan secara cepat akan menjadi semakin besar.
    Tidak ada salahnya untuk menghubungi teman atau kenalan Anda untuk meminta bantuan. Misal seperti meminta rekomendasi terhadap CV Anda. Dengan begitu, perusahaan tersebut dapat mempertimbangkan lamaran kerja Anda.
  5. Memanfaatkan Media Sosial
    Seiring dengan perkembangan zaman, hampir semua perusahaan menggunakan media sosial untuk meninjau calon karyawannya di media sosial. Hal tersebut bertujuan untuk melihat bagaimana perilaku dan sifat calon pekerjanya di media sosial. Maka dari itu, ada baiknya Anda berhati-hati dan bersikap bijak dalam menggunakan media sosial.
  6. Up to Date Mengenai Informasi Lowongan Pekerjaan
    Jika Anda ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus, maka Anda perlu menjadi orang yang selalu update terhadap berbagai informasi lowongan pekerjaan. Saat ini, informasi tersebut banyak bertebaran di berbagai media sosial seperti LinkedIn, Jobstreet, dan lain sebagainya.
    Berbagai platform yang menyajikan informasi lowongan pekerjaan akan sangat membantu Anda untuk selalu mengetahui kabar terbaru mengenai lowongan kerja. Jangan sampai Anda ketinggalan!
  7. Tak Perlu Terburu-buru
    Tips melamar kerja selanjutnya adalah untuk tetap tenang dalam menyiapkan berbagai hal yang penting dan dibutuhkan pada saat melamar kerja. Mulai dari surat lamaran, CV, dan dokumen-dokumen lainnya. Anda tidak perlu terburu-buru dan impulsif. Walau begitu, bukan berarti Anda juga dapat berleha-leha dalam mencari pekerjaan.
    Saat ini, melamar kerja menjadi lebih mudah karena banyak perusahaan yang menyediakan layanan lamaran kerja menggunakan email atau platform melamar kerja. Sehingga, Anda tidak perlu mengunjungi perusahaan satu per satu untuk mengajukan surat lamaran.
    Di sisi lain, Anda perlu memerhatikan cover letter yang Anda buat saat melamar kerja melalui email. Hal tersebut dikarenakan cover letter menjadi salah satu pertimbangan utama perusahaan untuk meninjau lamaran kerja yang Anda kirimkan.

Itu dia ulasan mengenai tips melamar kerja untuk fresh graduate yang patut Anda ketahui. Dengan menerapkan berbagai tips di atas, semoga Anda bisa segera mendapatkan pekerjaan impian yang Anda harapkan. Sembari menunggu panggilan kerja, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan menarik dari Markshare.

Dengan berbagai materi yang “bergizi” dan fasilitator yang handal di bidangnya, Markshare adalah tempat yang ideal untuk mengembangkan SDM. Selain itu, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pengembangan karyawan di perusahaan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk daftar kelasnya sekarang juga!


Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat