Kondisi saat ini mungkin menjadi kondisi yang tidak mudah bagi sebagian besar orang, namun tidak berarti akan membuat segala yang direncanakan berhenti seperti misalnya saat menjalani bisnis. Pengembangan bisnis dalam perusahaan masih dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya adalah maintenance karyawan dalam perusahaan untuk terus dapat mengembangkan skillnya. Keberhasilan perusahaan tentu akan ditentukan seberapa efisien dan berkualitas karyawan dalam melakukan pekerjaan. Dan hal ini tentu harus ada kerjasama antara karyawan dan perusahaan. Karyawan akan semakin dikembangkan dalam hal minat bakat, melek digital, multi tasking dan kecepatan dalam beradaptasi. Sedangkan perusahaan perlu melakukan program atau kegiatan untuk dapat terus menemukan skill baru di karyawan dan menjadikannya aset penting.

Perlu adanya jangka panjang untuk membentuk karyawan menjadi tenaga kerja yang selalu baru dan produktif di segala bidang. Maka ada 3 cara efektif untuk perusahaan dapat mengembangkan skill karyawan, apalagi di masa pandemi, yaitu

 

1. Melakukan monthly meeting untuk memberikan motivasi kepada karyawan
      Melakukan meeting atau review kinerja bulanan sangat diperlukan dan penting bagi perusahaan. Saat itulah waktunya perusahaan untuk memberikan motivasi pada SDM yang dimiliki. Motivasi yang diberikan dapat berupa sharing mengenai apa yang terjadi saat ini dimana persaingan akan semakin ketat dan SDM atau karyawan perlu terus meningkatkan skill diri agar tetap dapat bertahan.
2. Menjadwalkan program pelatihan bagi karyawan
      Selain melakukan monthly meeting, perusahaan juga harus siap dengan memberikan program pelatihan dan pengembangan SDM atau training online bagi karyawan. Biasanya program pelatihan yang jelas akan menghasilkan output yang optimal. Program ini dibuat oleh HR dan dapat dibantu dengan tenaga ahli di bidang pelatihan dan pengembangan SDM. HR harus mampu menganalisa pengembangan sektor apa yang diperlukan dan harus ditingkatkan.
3. Target jelas dan menyediakan apresiasi untuk karyawan
      Perusahaan akan dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas karyawan jika memiliki target yang jelas untuk tujuan bisnisnya. Target yang didefinisikan secara jelas membantu karyawan dalam bekerja secara efektif dan tepat waktu. Ditambah lagi dengan adanya apresiasi yang diberikan perusahaan bagi setiap karyawan yang dapat bekerja secara optimal misal dapat berupa hadiah, insentif tambahan, tiket liburan atau promosi jabatan. Dengan begitu karyawan akan merasa penting untuk meningkatkan skillnya dalam perusahaan.

 


Artikel Lainnya

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat