Banyak perusahaan yang mulai berusaha beradaptasi dengan keadaan saat ini dimana pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda. Menjalankan bisnis di saat pandemi memang akan membutuhkan energi ekstra untuk tetap bertahan dengan melahirkan sistem kerja baru seperti work from home (WFH). Tentu WFH ini tidak hanya membuat pekerjaan beralih dari kantor ke rumah, tetapi juga berpengaruh bagi tim HRD melakukan rekrutmen karyawan dengan metode yang berbeda. Interaksi yang ditimbulkan oleh perekrut dan calon karyawan secara online ini tentu akan memakan waktu yang berbeda dan dengan cara yang berbeda pula dibanding secara offline.

Maka dari itu, terdapat beberapa tren rekrutmen atau cara untuk merekrut di saat pandemi covid-19 yang dapat dilakukan oleh perusahaan, diantaranya:

 

1. Merekrut karyawan remote
      Karyawan remote merupakan langkah yang efisien di keadaan saat ini. Beberapa perusahaan menawarkan sistem kerja remote karena dianggap lebih fleksibel, tidak membutuhkan kantor, dan perusahaan juga dapat merekrut orang-orang berbakat tanpa adanya batasan geografis.
2. Melakukan skill test secara online
      Dalam merekrut karyawan juga perlu adanya test secara online baik skill test maupun psikologi test. Perusahaan dapat melakukannya dengan membuat formulir online untuk dikerjakan dan dikumpulkan dalam waktu tertentu. Selain itu dapat juga memberikan test berupa mini project yang dapat diselesaikan oleh calon karyawan.
3. Menggunakan video presentasi calon karyawan
      Cara ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang mau melakukan wawancara satu arah, dimana perusahaan mengirimkan sejumlah pertanyaan untuk dijawab oleh setiap calon karyawan melalui video pendek dan dikirimkan kembali. Cara ini terbilang efisien karena dapat mengetahui banyak kandidat secara langsung melalui video yang ada tanpa harus melakukan test wawancara perorangan.
4.Wawancara dengan video conference
      Video conference yang digunakan biasanya zoom, google hangouts, skype dan sebagainya untuk melakukan wawancara secara online dengan calon karyawan. Tentu saja cara ini lebih aman di masa seperti saat ini dan dapat mewawancarai banyak calon karyawan dalam satu hari kerja secara online.
5. Mengaktifkan job portal dan media sosial
      Pengaktifan job portal juga membantu perekrut mengumpulkan data calon karyawan secara mudah. Apalagi jika informasi yang ditampilkan sudah jelas dan di portal tersebut perusahaan langsung dapat mengecek identitas pelamar.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melakukan rekrutmen karyawan pada masa pandemi. Perusahaan dapat terus mengembangkan teknik rekrutmen secara online untuk mendapatkan kandidat yang sesuai tanpa dibatasi oleh tempat. Dan untuk dapat melakukan teknik rekrutmen seperti di atas perlu adanya juga pelatihan karyawan HRD yang ditujukan agar dapat selalu menyesuaikan cara rekrutmen di kondisi apapun. Salah satunya Markshare yang mempunyai jenis pelatihan khusus untuk tim HRD dalam mengelola karyawannya. Dan tentu saja, perusahaan dapat mengadakan pelatihan online untuk mereka tanpa harus bertatap muka secara langsung.

 



Artikel Lainnya

Langkah Mudah Analisis Laporan Keuangan dan Berbagai Metodenya

Analisis laporan keuangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bertujuan supaya data...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat