Salah satu cara memenangkan persaingan bisnis yang ketat adalah dengan mengembangan produk baru yang dapat menarik hati konsumen. Perlu adanya pengembangan produk baru agar keberlangsungan bisnis tetap berlangsung.
Lalu, bagaimana cara pengembangan produk baru? Apa saja tahapannya? Berikut ulasannya untuk Anda.
Pengertian Pengembangan Produk Baru
Pengembangan produk baru atau yang biasa disebut dengan new product development merupakan proses dan strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk mengembangkan produk. Tidak hanya itu, proses ini juga bisa mencakup perbaikan produk lama, memperbanyak manfaat produk ke segmen pasar yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan konsumen.
Tahapan Pengembangan Produk Baru
Lalu, bagaimana tahapan pengembangan produk baru berlangsung?
- Mencari Ide
Langkah pertama dari pengembangan produk adalah pencarian ide. Pihak perusahaan bisa mencari ide produk baru dari kompetitor, pelanggan, tren yang ada, berita, internet, dan lain sebagainya.
Anda bisa melakukan riset dengan menggunakan beberapa media. Bisa dibilang, proses mencari ide ini adalah tahapan yang sangat penting. Mengingat tahapan ini adalah pondasi dari langkah-langkah berikutnya.
Tanpa adanya ide yang bagus dan substansial, pengembangan produk baru tidak akan berjalan dengan baik. - Menyeleksi Ide-Ide yang Ada
Tahap selanjutnya, Anda perlu melakukan seleksi ide untuk menentukan ide mana yang paling relevan dan tepat dengan apa yang pelanggan butuhkan. Anda sebagai pihak pengembang bisa meminta opini dari para pelanggan, karyawan, dan pihak-pihak lain untuk menentukan ide terbaik.
Anda juga bisa memperhatikan berbagai faktor-faktor eksternal sebagai bahan pertimbangan. Misalnya, peraturan yang berlaku, kompetisi yang ada di pasar, dan dinamika teknologi yang ada. - Mengembangkan Konsep
Setelah Anda mendapatkan ide yang tepat, Anda kemudian perlu mengembangkan dan menguji konsep. Caranya dengan membuat beberapa opsi produk baru sejenis dengan varian yang berbeda. Kemudian, berbagai varian tersebut diuji di pasar untuk mendapatkan jawaban dari target market.
Dari sanalah perusahaan bisa mengambil target yang tepat untuk produk yang nantinya akan dipasarkan. Dengan begitu, perusahaan juga mengetahui tahap selanjutnya dalam mewujudkan produk dan meningkatkan brand awareness. - Mengembangkan Produk
Setelah adanya analisis keuntungan dan kerugian dari produk, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengembangkan produk. Di tahap ini, pengembang mulai membuat desain dan produk final.
Tidak hanya itu, di tahap ini pengembang juga melakukan uji coba produk untuk memeriksa reaksi awal konsumen. Input dan masukan dari konsumen menjadi bahan untuk mempertimbangkan perbaikan produk. - Komersialisasi
Setelah proses pengembangan selesai, maka produksi dalam skala besar dilaksanakan bersama dengan langkah pemasaran. Perusahaan akan melakukan kampanye untuk produk baru yang dikembangkan. Produk tersebut juga mulai dijual dalam skala luas.
Perlu diingat, bahwa riset-riset yang sebelumnya dilakukan dalam tahap membuat konsep mempengaruhi penempatan dan waktu peluncuran produk secara substansial.
Itu dia tahapan pengembangan produk baru atau new product development yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda sedang tertarik untuk mengembangkan produk baru untuk perusahaan Anda?
Yuk ikuti pelatihan online di Markshare agar Anda dapat mengetahui lebih dalam bagaimana mengembangkan produk baru untuk memenangkan persaingan bisnis yang ketat. Markshare merupakan pilihan yang tepat untuk pelatihan karyawan dan pengembangan SDM. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk ikuti pelatihan Markshare sekarang juga!
Referensi:
https://komerce.id/blog/tahapan-proses-pengembangan-produk-baru/
https://www.gramedia.com/literasi/strategi-pengembangan-produk/
https://myskill.id/blog/bidang-profesi/tahapan-pengembangan-produk-baru/