Pengelolaan keuangan dalam sebuah perusahaan atau bisnis merupakan hal yang sangat esensial. Bahkan, menjadi salah satu faktor kunci kesuksesan berjalannya sebuah bisnis. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengelola keuangan adalah pengelolaan piutang.

Mengelola piutang bertujuan agar kredit macet tidak terjadi, dengan begitu arus kas bisnis tidak terhambat. Dalam penjualan sebuah produk, terdapat dua jenis transaksi yang dapat dilakukan oleh perusahaan: tunai atau kredit. Nah, piutang ini situasi yang terjadi karena sistem pembayaran kredit.

Lalu bagaimana cara agar pengelolaan piutang dapat berjalan dengan baik? Yuk simak ulasan dari Markshare berikut ini.

Piutang Perusahaan

Penjualan produk secara kredit dapat memberikan daya tarik bagi pembeli yang belum mempunyai uang yang cukup untuk membeli produk secara tunai. Maka, jenis penjualan ini dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan karena akan banyak orang yang tertarik untuk membeli dengan fitur kredit tersebut. Saat penjualan dilakukan dengan metode kredit, maka akan mendatangkan piutang bagi perusahaan yang menjual produk tersebut.

Mengimplementasikan strategi pengelolaan piutang yang efektif harus dilakukan untuk kesuksesan suatu bisnis. Secara umum, piutang merupakan salah satu unsur dari aktiva lancar di dalam neraca perusahaan. Piutang hadir karena adanya penjualan produk dengan metode kredit.

Piutang tentu menjadi aspek yang sangat penting karena hal tersebut sangat erat kaitannya dengan laba perusahaan. Namun, banyak kasus yang timbul pada proses piutang di perusahaan. Misalnya seperti piutang lewat jatuh tempo dan piutang tidak tertagih.

Bad debt dengan tingkat tertentu di dalam bisnis dapat menimbulkan kebangkrutan. Maka, dua masalah piutang tersebut harus dihindari agar stabilitas keuangan perusahaan tidak terganggu.
Lalu, langkah apa saja yang dapat dilakukan untuk mengelola piutang secara baik?

Tips Pengelolaan Piutang

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam mengelola piutang agar uang kas usaha tetap stabil.

  1. Menentukan Kebijakan Kredit yang Lebih Ketat
    Untuk mengelola piutang secara tepat, perusahaan Anda perlu membuat kebijakan kredit. Kemudian, mengimplementasikan kebijakan kredit tersebut secara lebih ketat. Contohnya, apabila di ketentuan yang sebelumnya, jatuh tempo setiap kredit milik pelanggan mempunyai tenor sekitar 30 hari.
    Nah, untuk mengendalikan piutang, perusahaan perlu mempersingkat lama waktu jatuh tempo. Misal, seperti 20 atau 25 hari. Tidak hanya itu, kebijakan kredit tersebut juga perlu diikuti dengan analisis kredit yang berkaitan dengan kemampuan pembeli.
  2. Meninjau Kredibilitas Pelanggan
    Dalam memberikan piutang, ada baiknya Anda melakukan survei terhadap pelanggan yang akan melakukan kredit. Tinjau rekam jejaknya dalam dunia usaha. Apakah pelanggan tersebut bermasalah dalam membayar piutang di perusahaan lain? Anda bisa membentuk sebuah tim survei untuk memperoleh data valid dari setiap pelanggan atau rekanan yang akan melakukan piutang pada perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat mempunyai pertimbangan yang matang dalam memberikan piutang.
  3. Membuat Standar Kredit
    Apa yang dimaksud dengan standar kredit? Standar kredit merupakan kualitas minimal kelayakan kredit yang dimiliki oleh seorang pemohon kredit yang ditentukan oleh suatu perusahaan. Standar kredit ditetapkan berdasarkan ukuran kualitas atau kemungkinan terjadinya penunggakan yang dilakukan oleh pelanggan.
  4. Menghitung Perputaran Piutang
    Untuk melakukan penilaian terhadap efisiensi pengumpulan piutang, Anda perlu menghitung perputaran piutang. Apa itu perputaran piutang? Nah hal tersebut adalah periode waktu atau lamanya uang piutang tersebut.
    Apabila rata-rata waktu pengumpulan piutang memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan batas waktu pembayaran, maka pengumpulan piutang yang perusahaan Anda lakukan kurang efisien. Dengan begitu, Anda perlu melakukan penagihan secara lebih ketat.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengelolaan piutang yang tepat. Ingin tahu ilmu bisnis lain untuk mengembangkan usaha Anda? Atau, Anda sedang mencari tempat yang tepat untuk program pelatihan karyawan di perusahaan Anda? Nah, Markshare bisa menjadi jawaban yang paling tepat untuk Anda!

Dengan kelas-kelas edukatif dan para fasilitator yang kompeten dan profesional di bidangnya, Markshare Training menyediakan program pengembangan SDM yang sangat menarik dan bermanfaat untuk kemajuan perusahaan dan bisnis Anda. Tertarik mencoba? Yuk hubungi Markshare sekarang juga!



Artikel Lainnya

Kenali Perbedaan Analisis SWOT dan SOAR untuk Memilih Strategi Bisnis yang Tepat

Dalam membangun bisnis, tentu Anda harus memilih strategi yang tepat agar bisnis dapat maju dan...

COMPENSATION dan BENEFITS

COMPENSATION dan BENEFITS Merancang Struktur & Skala Upah dan sistem Kompensasi Efektif...
WhatsApp Support Chat